Informasi seputar akreditasi Universitas Sriwijaya (Unsri), baik secara institusi maupun jurusan, perlu diketahui oleh mereka yang ingin kuliah di kampus ini.

Di bawah ini kami menyajikan informasi selengkap mungkin dan terupdate seputar akreditasi Unsri.

Akreditasi Universitas Sriwijaya (Unsri) 2019

Secara institusi, Universitas Sriwijaya (Unsri) sudah mendapatkan akreditasi A dengan No SK 2996/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2016 sampai dengan 2021. Sebelum tahun 2021, pihak Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT akan melakukan penilaian lagi jika pihak Unsri mengajukan re-akreditasi.

Adapun secara program studi, akreditasinya macam-macam. Ada yang A, B, dan C.

Biar kamu gak penasaran dengan akreditasi apa yang dimiliki oleh jurusan di Unsri yang rencananya akan kamu pilih, silakan lihat tabel di bawah ini.


Setelah mengetahui informasi tentang akreditasi Universitas Sriwijaya (Unsri), baik secara institusi maupun jurusan, sekarang mari kita mengenal kampus ini secara lebih dekat.

Profil Unsri

profil unsri

[KLIK gambar di atas untuk menampilkan video profil Universitas Sriwijaya]

Universitas Sriwijaya atau biasa disingkat Unsri adalah sebuah universitas swasta yang berlokasi di Palembang. Universitas ini didirikan pada tanggal 29 Oktober 1960 di Palembang, Sumatera Selatan.

Unsri memiliki dua kampus yang masing-masing berlokasi di tempat yang berbeda. Kampus pertama terletak di Inderalaya (Ogan Ilir) dan memiliki luas 712 hektar. Kampus pertama ini dijadikan sebagai pusat kegiatan pendidikan untuk para mahasiswa jenjang Sarjana (S1). Selain itu, di kampus pertama ini juga terdapat Kantor Pusat Administrasi (KPA), Perpustakaan Pusat, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, dan Stasiun Pemadam Kebakaran Universitas.

Adapun kampus kedua, letaknya berada di Bukti Besar. Kampus kedua ini memliki luas 32,5 hektar yanng dimanfaatkan untuk kegiatan akademik mahasiswa pascasarjana, juga mahasiswa program S1 ekstensi.

Selain memiliki dua kampus, Unsri juga memiliki Kebun Percobaan seluas 50 hektar di daerah Gelumbang (62 kilometer di selatan Palembang), Unsri juga memiliki Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin Palembang, dan Kampus Pascasarjana di jalan Padang Salasa Bukit Besar Palembang.

Unsri saat ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, yang menjabat sebagai rektor untuk masa bakti 2015 – 2019.

Membicarakan profil Unsri tidak lengkap jika membahas 10 fakultas yang ada di dalamnya.

Apa saja fakultas yang ada di Unsri? Berikut ini daftarnya.

  1. Fakultas Ekonomi
  2. Fakultas Hukum
  3. Fakultas Teknik
  4. Fakultas Kedokteran
  5. Fakultas Pertanian
  6. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Fakultas Ilmu Komputer
  10. Fakultas Kesehatan Masyarakat

Demikian sekilas profil Unsri dan informasi tentang akreditasinya yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan kuliah di kampus ini.

akreditasi universitas sriwijaya unsri
Photo by Rudi Hartono from Flickr

Sudah memutuskan akan memilih jurusan apa di Unsri? Jika belum tahu apa jurusan yang rencananya akan kamu pilih, maka sebaiknya kamu membaca artikel tentang cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Setelah membaca artikel tersebut, mudah-mudahan kamu akan segera tahu jurusan apa yang sebaiknya kamu pilih.(*)

Tanya-Jawab seputar Unsri

#1 Apa akreditasi Farmasi Unsri?

Jurusan Farmasi Unsri (jenjang S1) sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 0829/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2018. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 29 Desember 2023.

#2 Apa akreditasi Hukum Unsri?

Jurusan Ilmu Hukum Unsri (jenjang S1) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 3328/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2018. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 19 Desember 2023.

#3 Apa akreditasi Akuntansi Unsri?

Jurusan Akuntansi Unsri (jenjang D-III) sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 0311/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2016. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 28 April 2021.

#4 Apa akreditasi Teknik Mesin Unsri?

Jurusan Teknik Mesin Unsri (jenjang S1) sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 1915/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 13 Juni 2022.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup