Mengetahui apa itu dekan penting bagi calon mahasiswa. Mengapa? Karena dekan termasuk salah satu pejabat terpenting di lingkungan kampus setelah rektor dan wakil rektor.

Tanpa berpanjang kata, yuk kita mulai saja pembahasan apa itu dekan dan apa saja tugasnya.

Apa itu Dekan?

Dekan adalah pimpinan fakultas yang bertugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi dan administrasi fakultas. Dekan bertanggung jawab kepada rektor.

Pemilihan dan pengangkatan dilakukan secara musyawarah melalui rapat senat fakultas.

apa itu dekan
Potret resmi Ari Fahrial Syam sebagai Dekan FKUI” oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, di bawah lisensi CC BY-SA 4.0

Selain mengetahui apa itu dekan dan tugasnya, calon mahasiswa perlu juga mengetahui apa itu wakil dekan dan juga apa tugasnya.

Wakil dekan adalah pembantu dekan. Ia bertugas membantu pelaksanaan tugas sehari-hari dekan. Biasanya, ada 3 wakil dekan yang masing-masing memiliki tugas berbeda, yaitu:

  1. Wakil Dekan Bidang Akademik
  2. Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum
  3. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan

Wakil dekan bertanggung jawab kepada dekan. Selain itu, wakil dekan juga bertugas menggantikan tugas dekan ketika dekan sedang berhalangan.

Kesimpulan: Dekan adalah pemimpin di suatu fakultas dan tugasnya ialah memimpin pelaksanaan kegiatan di fakultas tempat ia memimpin agar berlangsung secara baik dan berhasil mencapai target kerja.

Demikian pembahasan tentang apa itu dekan dan tugasnya.

Semoga bermanfaat!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui CalonMahasiswa.com membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup