Kamu yang sebentar lagi masuk ke perguruan tinggi, kamu sudah tahu belum apa itu rektor?

Rektor ini adalah sebutan untuk pejabat tertinggi yang ada di lingkungan kampus. Ia seumpama kepala sekolah.

Nah, buat kamu kepingin tahu lebih lanjut tentang apa itu rektor, mulai dari pengertian, tugasnya apa saja, dan berapa lama masa jabatannya, silakan simak penjelasan berikut ini, ya!

Apa itu Rektor?

Rektor adalah sebutan untuk seseorang yang memimpin lembaga perguruan tinggi. Di dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2009, rektor adalah pimpinan tertinggi perguruan tinggi yang berkewajiban memajukan ilmu pengetahuan di masing-masing institusi melalui pendidikan dan penelitian, serta memberikan kontribusi maksimal kepada khalayak luas.

Oh ya, tahukah kamu bahwa sebelum “rektor” digunakan untuk menyebut pemimpin lembaga perguruan tinggi, ada istilah lain yang sudah digunakan, yaitu “Presiden Universitas”.

Namun, Presiden Indonesia saat itu, yaitu Bapak Ir. Soekarno, merasa keberatan dengan penggunaan istilah tersebut, karena menurutnya hanya ada satu presiden di Indonesia, yakni Presiden RI sehingga kemudian istilah “Presiden Universitas” diganti menjadi rektor.

Tugas Rektor

tugas rektor
@emilegareev via Twenty20

Tugas rektor adalah tugas selayaknya pemimpin, yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi yang dipimpinnya untuk mampu mencapai visi yang sudah ditetapkan.

Juga, memimpin lembaga perguruan tinggi supaya perguruan tinggi bisa berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu melaksanakan penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan membina sivitas akademika (dosen & mahasiswa), serta membina hubungan dengan alumni, baik di lingkungan universitas dan masyarakat.

Adapun secara singkat, tugas rektor adalah meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya, demikian menurut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir dalam acara Pertemuan Tahunan BAN-PT 2016 di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta.

Dalam menjalankan tugasnya, rektor dibantu oleh wakil rektor. Jumlahnya biasanya lebih dari satu, karena wakil rektor biasanya membantu rektor untuk bidang tertentu saja.

Misalnya:

  • Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
  • Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Administrasi Umum
  • Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi
  • Wakil Rektor Bidang SDM dan Kerjasama

Masa Jabatan Rektor

Masa jabatan rektor di Indonesia umumnya adalah 5 (lima) tahun dan bisa diperpanjang jika rektor yang lama terpilih lagi di periode berikutnya.

Demikian penjelasan tentang apa itu rektor. Semoga bermanfaat!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui CalonMahasiswa.com membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup