Apa itu SNMPTN dan SBMPTN adalah salah satu pertanyaan yang dimiliki oleh para pelajar kelas XII yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika kamu adalah seorang calon mahasiswa dan belum mengerti tentang apa itu SNMPTN dan SBMPTN, silakan simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Apa Itu SNMPTN dan SBMPTN?

Mari kita mulai dari pembahasan SNMPTN terlebih dahulu.

Apa itu SNMPTN?

apa itu snmptn

SNMPTN atau yang dimaksud dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur undangan bagi pelajar SMA atau SMK untuk masuk ke PTN pilihannya tanpa perlu mengikuti tes seleksi, tetapi dinilai berdasarkan prestasi akademik uang dilihat dari nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5. Saat pendaftaran SNMPTN kamu akan diminta untuk memilih 2 PTN dengan masing-masing 2 prodi di dalamnya.

Bagi kamu yang ingin masuk PTN favorit melalui jalur SNMPTN, selain nilai, ada beberapa faktor yang juga mempengaruhi kelulusan jalur ini, yaitu:

1. Banyaknya Alumni yang Diterima di Universitas Tersebut

2. Prestasi Alumni

Tidak hanya banyaknya alumni yang diterima prestasi Alumni  juga menjadi faktor penentu. Prestasi alumni yang dimaksud seperti IPK dan prestasi lainnya. Semakin bagus prestasi para alumni dari suatu sekolah maka kemungkinan siswa dari sekolah tersebut untuk masuk perguruan tinggi yang sama akan semakin tinggi.

3. Prestasi Kamu selama di Sekolah

Murid yang aktif dan memiliki banyak prestasi terutama di bidang pendidikan akan mendapat nilai lebih saat proses seleksi.

4. Akreditasi Sekolah

Setelah mengetahui apa itu SNMPTN, selanjutnya mari kita bahas SBMPTN.

Apa itu SBMPTN?

apa itu sbmptn

SBMPTN adalah jalur lain, selain SNMPTN, yang bisa digunakan untuk mendaftar kuliah ke perguruan tinggi negeri.

SBMPTN singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

SBMPTN adalah seleksi untuk masuk perguruan tinggi melalui tes. Tes SBMPTN biasanya dilaksanakan setelah hasil SNMPTN diumumkan. Jadi siswa yang tidak lulus SNMPTN masih punya kesempatan masuk ke Perguruan Tinggi dengan jalur ini. SBMPTN pada tahun 2019 memiliki banyak perubahan bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019 ujian SBMPTN tidak berupa ujian tertulis melainkan berbasis komputer. Dilansir dari laman resmi SBMPTN 2019 SBMPTN tahun 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan oleh PTN.

Saat mendaftar SBMPTN kamu akan memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan program studi yang dipilih harus sesuai dengan prioritas kamu. Program studi yang ada di universitas terbagi menjadi dua kategori yaitu Sains dan Teknologi atau Saintek dan Sosial Humaniora atau Soshum.

Oh ya, sebelum menentukan program studi, sebaiknya kamu mengetahui kategori dari program tersebut. Jika kamu ingin memilih program studi yang termasuk dalam program studi Saintek, kamu harus mengikuti ujian SBMPTN kategori Saintek–begitu juga jika kamu ingin memilih program studi yang termasuk dalam program studi Soshum–maka kamu harus mengikuti ujian SBMPTN kategori Soshum. Adapun jika kamu akan memilih program studi Saintek dan Soshum, maka kamu harus mengikuti kedua ujian tersebut.

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu SNMPTN dan SBMPTN. Jika kamu membutuhkan informasi yang lebih banyak tentang keduanya, silakan kunjungi dua website resmi di bawah ini:

Semoga membantu dan selamat mengejar cita-cita kuliah di perguruan tinggi negeri impianmu!

Penulis

Pecinta wisata kuliner dan travelling ini merupakan lulusan Sastra Jepang Universitas Andalas, Padang. Saat ini tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia dan bekerja sebagai Japanese speaker di sebuah perusahaan di sana.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup