Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah melakukan update di websitenya, sehingga cara cek akreditasi kampus dan program studi (prodi) telah berubah.

Bagaimana cara terbaru untuk mengetahui status akreditasi suatu kampus dan prodi di situs BAN PT?

Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini:

#1 – Silakan kunjungi www.banpt.or.id.

#2 – Arahkan kursor mouse ke menu “Data Akreditasi”, lalu klik sub-menu “Pencarian Data Akreditasi (histori)”.

#3 – Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman baru ( https://www.banpt.or.id/bianglala/bianglala.php ) yang terdapat dua kolom: kolom “Perguruan Tinggi” dan kolom “Program Studi”.

cara cek akreditasi perguruan tinggi dan program studi di situs BAN PT

#4 – Untuk mengetahui informasi tentang akreditasi suatu kampus, silakan masukkan nama kampus tersebut di kolom “Perguruan Tinggi”. Selanjutnya situs BAN PT akan menampilkan data akreditasi kampus tersebut.

Apabila jika kamu ingin mengecek akreditasi prodi yang ada di suatu kampus, silakan masukkan nama kampus dan juga nama prodi yang kamu maksud di kolomnya masing-masing.

Demikian cara cek akreditasi kampus dan prodi di situs BAN PT.

Namun, untuk mengetahui status akreditasi suatu kampus dan jurusan kuliah, sebenarnya ada cara lain, dan tidak harus mengunjungi situs BAN PT.

Cara lainnya adalah kamu mengunjungi website masing-masing kampus. Biasanya, kampus telah menyediakan informasi tentang status akreditasi mereka di website masing-masing.

Begitu pula dengan status akreditasi jurusan, biasanya pihak fakultas sudah mencantumkan informasi tentang akreditasi masing-masing jurusan di website milik fakultas.

Untuk mengetahui status akreditasi suatu kampus dan jurusan mudah, bukan?

Nah, adapun jika tujuan kamu ialah mendapatkan sertifikat akreditasi kampus, silakan kunjungi website resmi masing-masing kampus, cari menu “Akreditasi”, lalu klik menu tersebut. Biasanya nanti kamu akan menemukan teks yang mengandung link, yang jika teks tersebut di-klik, akan muncul soft copy sertifikat akreditasi kampus yang bisa didownload dan kemudian bisa dicetak.

Dan jika kamu ingin mendownload soft copy sertifikat akreditasi jurusan, silakan kunjungi website resmi fakultas, cari menu “Akreditasi”, lalu klik menu tersebut, kemudian cari sertifikat jurusan yang kamu inginkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Gambar utama: @NataliaSolo via Twenty20

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Kalau iya, yuk share ke temen-temen kamu, biar mereka juga dapat manfaat yang sama. 😊