Menjadi mahasiswa berprestasi hampir menjadi idaman semua mahasiswa. Kamu, yang saat ini masih calon mahasiswa, tentu ingin menjadi mahasiswa berprestasi, bukan? Jika mau, silakan terus baca artikel ini, karena sebentar lagi saya akan beritahukan sebuah cara menjadi mahasiswa berprestasi yang terbukti ampuh. Namun, sebelum itu, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ‘prestasi’.

Pengertian Prestasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, disebutkan bahwa prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya).

Contoh penggunaan dalam kalimat:

  • Ia merasa kecewa terhadap prestasi yang telah dicapai anak asuhnya.
  • Prestasinya itu telah menumbangkan rekor sebelumnya.

Adapun berprestasi itu sendiri adalah mempunyai prestasi dalam suatu hal (dari yang telah dilakukan, dikerjakan, dan sebagainya).

Contoh penggunaan dalam kalimat:

  • Kota itu berprestasi baik dalam bidang pembangunan.

Berdasarkan pengertian di atas, prestasi adalah hasil dari pekerjaan atau usaha. Kalau hasilnya bagus, disebut prestasi bagus. Kalau hasilnya tidak memuaskan, disebut prestasi tidak bagus. Demikian pengertian prestasi.

Pengertian Mahasiswa Berprestasi

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, kita bisa memahami bahwa mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa yang mencapai suatu hasil. Kalau hasilnya bagus, mahasiswa tersebut kita sebut sebagai mahasiswa yang prestasinya bagus. Begitu pula sebaliknya.

Jadi, secara bahasa, mahasiswa berprestasi adalah istilah yang netral, bisa ke kiri, bisa ke kanan. Asal mahasiswa itu berbuat sesuatu yang menghasilkan, maka mahasiswa itu disebut sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Walau demikian, istilah ‘mahasiswa berprestasi’ dalam penggunaan sehari-hari, digunakan untuk mahasiswa yang memiliki pencapaian yang bagus. So, dalam kata lain, istilah ‘mahasiswa berprestasi’ sudah mengalami pergeseran makna, dari makna umum menjadi makna khusus.

Saya tahu tujuan kamu datang ke sini bukan untuk membaca tentang teori perubahan makna pada kata, oleh karena itu mari kita langsung saja bahas bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi.

Cara Menjadi Mahasiswa Berprestasi

mahasiswa rajin

Mahasiswa disebut berprestasi ketika ia memiliki pencapaian yang bagus atau hebat di suatu bidang. Jika bidang itu akademis, mahasiswa tersebut disebut sebagai mahasiswa yang berprestasi di bidang akademis; jika bidang itu olahraga, mahasiswa tersebut disebut sebagai mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga; dan seterusnya.

Bagaimana memiliki pencapaian yang bagus di suatu bidang? Syaratnya, harus punya keahlian.

So, untuk menjadi mahasiswa berprestasi di bidang tertentu, jadilah ahli di bidang tersebut.

Mau jadi mahasiswa berprestasi di bidang akademis? Nilai-nilaimu harus bagus.

Mau jadi mahasiswa berprestasi di bidang olahraga? Kamu harus jago di bidang olahraga dan harus menang pada kejuaraan olahraga yang kamu ingin berprestasi di situ.

Sampai sini, di antara kamu mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara menjadi ahli?

Tentang bagaimana cara menjadi seorang yang ahli, saya sudah menulis artikel tentang itu, silakan baca di sini.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa membantu kamu menjadi mahasiswa yang berprestasi.

Mau jadi mahasiswa berprestasi? Jadilah orang yang ahli!(*)

Penulis

Alumni Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menyukai bidang digital marketing dan pendidikan. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar