Fakultas Hukum adalah fakultas yang menaungi Jurusan Ilmu Hukum. Nah, kamu yang ingin kuliah di jurusan tersebut, tentu bertanya-tanya, “Fakultas Hukum terbaik di Indonesia itu ada di universitas apa, ya?”

Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kamu harus tahu ciri-ciri Fakultas Hukum yang berkualitas.

Apa saja ciri-ciri yang dimiliki Fakultas Hukum yang berkualitas? Berikut ini di antaranya.

  1. Jurusan Ilmu Hukum-nya sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan status akreditasinya masih berlaku.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat Fakultas Hukum itu sendiri maupun di tingkat universitas.
  3. Alumninya dikenal berprestasi atau dipandang sebagai tokoh di Indonesia.

Itu tadi beberapa ciri Fakultas Hukum berkualitas. Apa saja universitas di Indonesia yang Fakultas Hukumnya memiliki ciri-ciri tersebut? Berdasarkan penelusuran saya, inilah daftarnya!

Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia

1. Fakultas Hukum UI

Universitas Indonesia (UI) adalah universitas negeri yang berlokasi di Depok, Jawa Barat.

Fakultas Hukum UI masuk ke dalam daftar Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia, selain karena Fakultas Hukum UI adalah sekolah hukum yang pertama di Indonesia, juga karena…

  1. Jurusan Ilmu Hukum di Fakultas Hukum UI sudah terakreditasi A dengan nomor SK 2173/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, Fakultas Hukum UI baru-baru ini mendapatkan prestasi sebagai peringkat ke-1 dalam Kampus Hukum PTN dan PTS Terfavorit 2018 versi HukumOnline.com dan YouthManual. Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru UI salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-4 dalam 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum UI telah melahirkan banyak alumni yang kiprahnya terkenal di Indonesia, di antaranya:
    • Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Jimly Asshiddiqie lulus dari FHUI pada 1982.
    • Anggota Pertimbangan Presiden periode 2007-2009, Adnan Buyung Nasution juga pernah mengenyam pendidikan di FHUI.

2. Fakultas Hukum UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah universitas negeri yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta.

Fakultas Hukum UGM masuk ke dalam daftar Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia, karena…

  1. Jurusan Hukum di Fakultas Hukum UGM sudah terakreditasi A dengan Nomor SK 383/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, Tim Fakultas Hukum UGM baru-baru ini mendapatkan juara 1 dalam National Moot Court Competition ALSA Piala Mahkamah Agung XXII 2019. Sementara di tingkat universitas, UGM baru-baru ini mendapatkan peringkat ke-2 dalam daftar 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti dan peringkat antara 251 s/d 300 untuk kategori Universitas Terbaik di Negara Berkembang tahun 2019 versi Times Higher Education.
  3. Fakultas Hukum UGM juga melahirkan banyak alumni yang bekerja di bidang hukum di Indonesia. Bahkan menurut Prof Dr Marsudi Triatmojo, SH, LLM, sebagaimana yang dikutip oleh Detik.com, dalam kurun lima tahun terakhir (2006-2011), Fakultas Hukum UGM menjadi empat besar perguruan tinggi yang menjadi pemasok hakim di Kementrian Hukum dan HAM (news.detik.com, 12 Februari 2011).

3. Fakultas Hukum Unpad

Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah universitas negeri yang berlokasi di Bandung & Jatinangor, Jawa Barat.

Fakultas Hukum Unpad sengaja saya masukkan ke dalam daftar Fakultas Terbaik di Indonesia, karena:

  1. Jurusan Hukum di Fakultas Hukum Unpad sudah terakreditasi A dengan nomor SK 0164/SK/BAN-PT/Akred/S/1/2017.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat universitas, salah satu prestasi terbaru Unpad ialah berada di peringkat ke-9 dalam daftar 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti. Adapun di tingkat fakultas, berikut ini beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh Fakultas Hukum Unpad:
    • Juara I, Penasihat Hukum Terbaik, dan Penuntut Umum Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Tindak Pidana Siber Piala Frans Seda, Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya, Jakarta (2010)
    • Juara I Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Mutiara Djokosoetono VI Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok (2010)
    • Peringkat 4 (Finalis), Majelis Hakim Terbaik, Penasihat Hukum Terbaik, Penuntut Umum Terbaik, dan Panitera Pengganti Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Anti-Korupsi Piala Jaksa Agung Universitas Pancasila, Jakarta (2011)
    • Juara I, Majelis Hakim Terbaik, Penasihat Hukum Terbaik, Penuntut Umum Terbaik, dan Panitera Pengganti Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Prof. Abdul Kahar Muzakkir IV Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (2011)
    • Juara I, Berkas Terbaik, Presentasi Terbaik, Hakim Terbaik, Penasihat Hukum Terbaik, dan Penuntut Umum Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Tindak Pidana Siber Piala Frans Seda II Universitas Atma Jaya, Jakarta (2012)
    • Juara III, Berkas Terbaik, dan Penuntut Umum Terbaik, Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Mutiara Djokosoetono VII Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Depok (2012)
    • Juara II, Berkas Terbaik, dan Panitera Pengganti Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Prof. Abdul Kahar Muzakkir V, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (2013)
    • Peringkat 4 (finalis), dan Berkas Terbaik, Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Prof. Sudarto IV Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Semarang (2013)
    • Juara II, Berkas Terbaik, Panitera Pengganti Terbaik, dan Penasihat Hukum Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Pringgodigdo IV Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya (2013)
    • Juara I, Berkas Terbaik, Majelis Hakim Terbaik, Penasihat Hukum Terbaik, Panitera Pengganti Terbaik dan Penuntut Umum Terbaik Kompetisi Peradilan Semu Nasional Tindak Pidana Siber Piala Frans Seda III Universitas Atma Jaya, Jakarta (2014)
    • Dan masih banyak lagi lainnya.
  3. Adapun lulusan Fakultas Hukum Unpad yang memiliki prestasi dalam karirnya, seperti:
    • Bagir Manan, Ketua Mahkamah Agung periode 2001-2008.
    • Eman Suparman, Ketua Komisi Yudisial periode 2010-2015.
    • Rudi M. Rizki, Hakim Ad Hoc HAM Timor Timur.

4. Fakultas Hukum Undip

Universitas Diponegoro adalah universitas negeri yang berlokasi di Tembalang dan Semarang, Jawa Tengah.

Fakultas Hukum Undip dimasukkan ke dalam daftar Fakultas Hukum terbaik di Indonesia, karena…

  1. Jurusan Hukum di Fakultas Hukum Undip mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, delegasi mahasiswa Fakultas Hukum Undip baru-baru ini berhasil meraih juara ke-2 pada Kompetisi Peradilan Semu Piala Mahkamah Agung XXII yang diselenggarakan di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto (2019). Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru UI salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-5 dalam 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum Undip telah melahirkan beberapa tokoh di Indonesia, seperti:
    • Tjahjo Kumolo, Menteri dalam Negeri periode 2014-Sekarang.
    • Arief Hidayat, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia periode 2015-2018.

5. Fakultas Hukum USU

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah universitas negeri yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara.

Fakultas Hukum USU masuk ke dalam daftar Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia, karena:

  1. Jurusan Hukum di Fakultas Hukum USU telah terakreditasi A dengan nomor SK 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, delegasi mahasiswa Fakultas Hukum USU baru-baru ini berhasil meraih juara ke-2 pada Lomba Karya Tulis ilmiah Kompetisi hukum nasional piala Mohammad Natsir Universitas Islam Indonesia Law Fair 2016 di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru Unair salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-15 dalam 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum USU juga melahirkan para alumni yang berprestasi dalam bidang dan karirnya masing-masing, seperti:
    • Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia periode 2014-sekarang.
    • Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem periode 2013-sekarang.

6. Fakultas Hukum Unair

Universitas Airlangga (Unair) adalah universitas negeri yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Fakultas Hukum Unair termasuk salah satu Fakultas Hukum terbaik di Indonesia, karena…

  1. Jurusan Hukum di Fakultas Hukum Unair sudah terakreditasi A dengan nomor SK 0962/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, delegasi mahasiswa Fakultas Hukum Unair baru-baru ini berhasil meraih juara ke-2 pada National Moot Court Competition (NMCC) Piala Mahkamah Agung XX di Manado yang diselenggarakan pada tanggal 10-13 Februari 2017 oleh Universitas Sam Ratulangi, Manado. Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru Unair salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-7 dalam daftar 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum Unair melahirkan alumni-alumni yang berprestasi di bidang  dan karirnya masing-masing, seperti:
    • Muhammad Hatta Ali, Ketua Mahmakah Agung RI periode 2012-2017 dan 2017-2022.
    • Soekarwo, Gubernur Jawa Timur periode 2009-2014 dan 2014-2019.

7. Fakultas Hukum UII

Universitas Islam Indonesia adalah perguruan tinggi swasta nasional yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta.

Fakultas Hukum UII termasuk sebagai salah satu Fakultas Hukum terbaik di Indonesia, karena…

  1. Jurusan Hukum di Fakultas Hukum UII mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK 2140/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, delegasi mahasiswa Fakultas Hukum UII baru-baru ini berhasil meraih juara ke-2 pada National Level Essay Competition in The Marvelaw Unnes Competition 2018 di Semarang. Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru UII salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-29 dalam daftar 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum Unair juga melahirkan alumni-alumni yang berprestasi dalam bidang karinya masing-masing, seperti:
    • Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi Repulik Indonesia periode 2008-2013.
    • Busyro Muqoddas, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2010-2011.

8. Fakultas Hukum Unhas

Universitas Hasanuddin (Unhas) adalah universitas negeri yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Fakultas Hukum Unhas tercatat sebagai salah satu Fakultas Hukum terbaik di daftar ini, karena:

  1. Fakultas Hukum Unhas mendapatkan akreditasi A dengan nomor: 2858/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 menurut BAN-PT.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, delegasi mahasiswa Fakultas Hukum Unhas baru-baru ini berhasil meraih juara ke-2 pada Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional Piala Bulaksumur IV yang diselenggarakan pada tanggal 16-19 November 2018 di Yogyakarta. Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru Unhas salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-8 dalam daftar 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum Unhas memiliki alumni-alumni dengan prestasi di bidang karirnya masing-masing, seperti:
    • Hamdan Zoelva, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia periode 2013-2015.
    • Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2011-2015.

9. Fakultas Hukum Unand

fakultas hukum unand
Gedung Dekanat Fakultas Hukum Universitas Andalas di Padang. Sumber: Wikipedia

Universitas Andalas adalah universitas negeri yang berlokasi Padang, Sumatera Barat.

Fakultas Hukum Unand dimasukkan ke dalam daftar Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia, karena:

  1. Jurusan Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Unand mendapatkan akreditasi A dengan nomor SK 182/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014.
  2. Mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat fakultas maupun universitas. Di tingkat fakultas, delegasi mahasiswa Fakultas Hukum Unand baru-baru ini berhasil meraih juara ke-2 pada Lomba Debat Konstitusi MPR 2018 di Gedung Nusantara IV Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Agustus 2018. Adapun di tingkat universitas, penghargaan terbaru Unhas salah satunya ialah mendapatkan peringkat ke-20 dalam daftar 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi non-vokasi tahun 2018 versi Kemenristekdikti.
  3. Fakultas Hukum Unand melahirkan para alumni yang memiliki beberapa prestasi di bidang karirnya masing-masing, seperti:
    • Gamawan Fauzi, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia periode 2009-2014.
    • Basrief Arief, Jaksa Agung Indonesia periode 2010-2014.

Demikian informasi tentang Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia dan alasan mengapa fakultas-fakultas di atas dimasukkan ke dalam daftar. Memang, daftar ini bukan dikeluarkan oleh lembaga resmi, hasil dari pemikiran pribadi. Walau demikian, daftar ini bisa dipertanggungjawabkan karena disertai alasan logis.

Demikian, semoga daftar ini bisa membantu kamu yang ingin kuliah di Jurusan Hukum yang berkualitas!

Boy Brian
Penulis

Alumni Jurusan Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran. Saat ini, selain bekerja sebagai lawyer di salah satu firma hukum di Jakarta, juga seorang mahasiswa S2 Hukum di Universitas Indonesia.

Berikan Komentar