Sebagai salah satu universitas terkemuka, Universitas Negeri Padang (UNP) menjadi tujuan lulusan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jika kamu ingin kuliah di kampus ini, kamu sudah berada di tempat yang tepat, karena di halaman ini kamu akan menemukan informasi tentang daftar jurusan di UNP dan akreditasinya.

Namun, sebelum mengetahui informasi tentang daftar jurusan di UNP dan akreditasinya, yuk kita ketahui profil kampus ini terlebih dahulu.

Profil Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas Negeri Padang (disingkat UNP) adalah salah satu universitas negeri di Kota Padang, Sumatera Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 23 Oktober 1954.

UNP beralamat di Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat. Saat ini, UNP dipimpin oleh Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph,D dengan masa bakti periode 2016 s/d 2020.

Secara institusi, UNP sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 2989/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2016 hingga tanggal 20 Desember 2021.

Auditorium UNP | Sumber: unp.ac.id

Saat ini terdapat delapan fakultas di UNP, yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Bahasa dan Seni
  3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  4. Fakultas Ilmu Sosial
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Ilmu Keolahragaan
  7. Fakultas Ekonomi
  8. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan

UNP adalah salah satu universitas negeri terkemuka, tidak hanya di Kota Padang, tetapi juga di Kepulauan Sumatera, bahkan di Indonesia.

Mengapa demikian?

Sebab, banyak prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa dan alumni universitas ini, salah satu yang terbaru ialah meraih juara satu dalam lomba essay yang bertemakan “Dynamic Governance dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0″, bertempat di UNRI (Universitas Riau) pada tanggal 23-27 April 2019 lalu. Prestasi tersebut diraih oleh delegasi mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Demikian sekilas profil UNP. Selanjutnya, mari kita simak daftar jurusan di UNP dan akreditasinya.

Daftar Jurusan di UNP dan Akreditasinya

Jurusan Sepi Peminat di UNP

jurusan sepi peminat di unp
Salah satu gedung di UNP | Sumber: unp.ac.id

Selain banyak yang mencari informasi jurusan di UNP dan akreditasinya, ternyata cukup banyak juga yang mencari informasi tentang jurusan sepi peminat di UNP.

Untuk mengetahui jurusan sepi peminat di UNP, kita bisa menggunakan data jumlah peminat jurusan di UNP pada SBMPTN tahun lalu atau 2018.

Berikut ini data peminat jurusan di UNP berdasarkan data SBMPTN tahun 2018.


Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahwa jurusan di UNP yang memiliki peminat paling sedikit adalah Jurusan Pendidikan Tari, diikuti oleh Jurusan Pendidikan Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, dan seterusnya.

Demikian pembahasan tentang jurusan di UNP. Dari banyaknya jurusan yang ada di UNP, jurusan apa yang rencananya kamu pilih? Tulis pilihanmu di kotak komentar, ya!

Tanya-Jawab Seputar UNP

#1 Apa akreditasi Teknik Pertambangan UNP?

Jurusan Teknik Pertambangan UNP sudah mendapatkan akreditasi B dengan SK Nomor 310/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2018 hingga tanggal 16 Januari 2023.

#2 Apa akreditasi Teknik Mesin UNP?

Jurusan Teknik Mesin UNP telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 731/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2019. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2019 hingga tanggal 9 April 2024. Adapun Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNP sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 3282/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2016 hingga tanggal 27 Desember 2021.

#3 Apa saja fasilitas yang ada di UNP?

UNP memiliki beragam fasilitas sebagaimana yang umumnya dimiliki oleh kampus-kampus besar. Di antaranya ialah perpustakaan universitas, laboratorium, ruang serbaguna, berbagai fasilitas olahraga, dan workshop serta bengkel yang biasanya menjadi tempat praktik mahasiswa Teknik UNP.

#4 Apa jurusan yang paling diminati dan paling tidak diminati di UNP?

Berdasarkan data SBMPTN tahun 2018, bisa disimpulkan bahwa jurusan yang paling diminati di UNP adalah Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan yang paling tidak diminati adalah Jurusan Pendidikan Tari.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada tanggal 25 Juli 2019. Update terbaru: 11 April 2020.

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

4 Komentar

  1. Assalamu’alaikum..
    Saya ingin bertanya,,, apakah jurusan sendratasik termasuk jurusan yg paling banyak diminanti dan apakah saya sulit untuk masuk ke jrusan tsb untk maba 2020..

    Terimakasih..

  2. assalammualaikum warohmatullahi wabarokatu.
    saya ingin bertanya. apakah syrat masuk jurusan pgsd melalui jalur snmptn.apakah masih ada peluang untuk saya untu masuk jurusan pgsd tahun 2020?
    terima kasih

    • Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.

      Hai Mustika, mohon maaf baru sempat balas.

      Ketika saya menjawab pertanyaan ini, SNMPTN 2020 sudah lewat.

      Gimana, kamu jadi ikut SNMPTN 2020, kan? Hasilnya gimana?

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Kalau iya, yuk share ke temen-temen kamu, biar mereka juga dapat manfaat yang sama. 😊