Sebagai salah satu universitas terkemuka di Kota Padang, UNP (Universitas Negeri Padang) menjadi destinasi lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu sudah berada di halaman yang tepat, karena sebentar lagi kami akan menyajikan informasi yang kamu butuh, yaitu informasi tentang daftar jurusan di UNP dan akreditasinya.

Namun, sebelum mengetahui informasi tersebut, mari kita pelajari profil kampus ini terlebih dahulu.

Profil Universitas Negeri Padang (UNP)

Universitas Negeri Padang (disingkat UNP) adalah salah satu universitas negeri di Kota Padang, Sumatera Barat. Universitas ini didirikan pada tanggal 23 Oktober 1954.

UNP beralamat di Jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang, Sumatera Barat. Saat ini, UNP dipimpin oleh Prof. Drs. Ganefri, M.Pd, Ph,D dengan masa bakti periode 2016 s/d 2020.

Secara institusi, UNP sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 2989/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2016 hingga tanggal 20 Desember 2021.

Auditorium UNP | Sumber: unp.ac.id

Saat ini terdapat delapan fakultas di UNP, yaitu:

1. Fakultas Ilmu Pendidikan
2. Fakultas Bahasa dan Seni
3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
4. Fakultas Ilmu Sosial
5. Fakultas Teknik
6. Fakultas Ilmu Keolahragaan
7. Fakultas Ekonomi
8. Fakultas Pariwisata dan Perhotelan

UNP adalah salah satu universitas negeri terkemuka, tidak hanya di Kota Padang, tetapi juga di Kepulauan Sumatera, bahkan di Indonesia.

Banyak prestasi atau penghargaan yang berhasil diraih oleh mahasiswa dan alumni universitas ini, salah satu prestasi yang terbaru ialah meraih juara satu dalam lomba essay yang bertemakan “Dynamic Governance dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0″, bertempat di UNRI (Universitas Riau) pada tanggal 23-27 April 2019 lalu. Prestasi tersebut diraih oleh delegasi mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Informasi selengkapnya tentang UNP bisa diperoleh di situs resminya di www.unp.ac.id.

Demikian sekilas profil UNP. Selanjutnya, mari kita simak daftar jurusan di UNP dan akreditasinya!

Daftar Jurusan di UNP dan Akreditasinya

Jurusan Sepi Peminat di UNP

jurusan sepi peminat di unp
Salah satu gedung di UNP | Sumber: unp.ac.id

Selain banyak yang mencari informasi jurusan di UNP dan akreditasinya, ternyata cukup banyak juga yang mencari informasi tentang jurusan sepi peminat di UNP.

Untuk mengetahui jurusan sepi peminat di UNP, kita bisa menggunakan data jumlah peminat jurusan di UNP pada SBMPTN tahun lalu atau 2018.

Berikut ini data peminat jurusan di UNP berdasarkan data SBMPTN tahun 2018.


Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahwa jurusan di UNP yang memiliki peminat paling sedikit adalah Jurusan Pendidikan Tari, diikuti oleh Jurusan Pendidikan Musik, Pendidikan Bahasa Jepang, dan seterusnya.

Demikian pembahasan tentang jurusan di UNP. Dari banyaknya jurusan yang ada di UNP, jurusan apa yang rencananya kamu pilih? Tulis jurusan pilihanmu di kolom komentar, ya!

Tanya-Jawab Seputar UNP

#1 Apa akreditasi Teknik Pertambangan UNP?

Jurusan Teknik Pertambangan UNP sudah mendapatkan akreditasi B dengan SK Nomor 310/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2018 hingga tanggal 16 Januari 2023.

#2 Apa akreditasi Teknik Mesin UNP?

Jurusan Teknik Mesin UNP telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 731/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/IV/2019. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2019 hingga tanggal 9 April 2024. Adapun Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNP sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 3282/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2016 hingga tanggal 27 Desember 2021.

#3 Apa saja fasilitas yang ada di UNP?

UNP memiliki beragam fasilitas sebagaimana yang umumnya dimiliki oleh kampus-kampus besar. Di antaranya ialah perpustakaan universitas, laboratorium, ruang serbaguna, berbagai fasilitas olahraga, dan workshop serta bengkel yang biasanya menjadi tempat praktik mahasiswa Teknik UNP.

#4 Apa jurusan yang paling diminati dan paling tidak diminati di UNP?

Jurusan kuliah yang paling diminati di UNP adalah Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan jurusan yang paling tidak diminati adalah Jurusan Pendidikan Tari

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup