Jika kamu seorang calon mahasiswa dan memerlukan informasi tentang daftar jurusan di USU dan akreditasinya, selamat, kamu sudah berada di halaman yang tepat. Silakan teruskan membaca untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan.

Namun, sebelum itu, mari kita simak profil USU terlebih dahulu.

Profil Universitas Sumatera Utara

logo usu

USU adalah sebutan singkat untuk sebuah universitas yang bernama lengkap Universitas Sumatera Utara.

USU didirikan pada tanggal 20 November 1957. Kampusnya beralamat di Jalan Abdul Hakim No.1, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20222, dan rektornya saat ini ialah Prof. Dr. Runtung Sitepu, S.H., M.Hum.

BACA JUGA: Universitas Swasta Terbaik di Medan

Terdapat berbagai macam fakultas di USU, yaitu:

1. Fakultas Kedokteran
2. Fakultas Ilmu Budaya
3. Fakultas Pertanian
4. Fakultas Hukum
5. Fakultas Teknik
6. Fakultas Ekonomi & Bisnis
7. Fakultas Kedokteran Gigi
8. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
9. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
11. Fakultas Farmasi
12. Fakultas Psikologi
13. Fakultas Keperawatan
14. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
15. Fakultas Kehutanan

USU adalah salah satu universitas negeri terkemuka, tidak hanya di Sumatera, tetapi juga di Indonesia. Banyak prestasi atau penghargaan yang berhasil diraih oleh mahasiswa dan alumni universitas ini, salah satu prestasi yang terbaru ialah Tim Schneider yang beranggotakan mahasiswa USU berhasil menyabet 3 medali emas dalam ajang 22nd Moscow International Salon of Inventions and Innovative Technologies Archimedes di Moscow, Rusia akhir Maret lalu.

Demikian sekilas profil USU. Selanjutnya, mari kita simak daftar jurusan di USU dan akreditasinya!

Daftar Jurusan di USU dan Akreditasinya

Jurusan Sepi Peminat di USU

Selain banyak yang mencari informasi jurusan di USU dan akreditasinya, ternyata cukup banyak juga yang mencari informasi tentang jurusan sepi peminat di USU.

Untuk mengetahui jurusan sepi peminat di USU, kita bisa menggunakan data jumlah peminat jurusan di USU pada SBMPTN tahun lalu atau 2018.

Berikut ini data peminat jurusan di USU berdasarkan data SBMPTN tahun 2018.


Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahwa jurusan di USU yang memiliki peminat paling sedikit adalah Jurusan Sastra Melayu, lalu Jurusan Sastra Batak, Sastra Cina, dan seterusnya.

Demikian pembahasan tentang jurusan di USU. Dari banyaknya jurusan yang ada di USU, jurusan mana yang rencananya akan menjadi pilihanmu?

Tanya-Jawab Seputar Jurusan di USU dan Akreditasinya

#1 Apa akreditasi Farmasi USU yang terbaru?

Jurusan Farmasi USU (jenjang S1) telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 0240/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2017. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 28 April 2022.

#2 Apa akreditasi Kedokteran USU yang terbaru?

Jurusan Kedokteran USU (jenjang S1) telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 0688/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2016. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 30 Juli 2021.

#3 Apa akreditasi Teknik Informasi USU yang terbaru?

Jurusan Teknik Informatika USU di tingkat D-III dan S2, sama-sama sudah terakreditasi B oleh BAN-PT dan sama-sama berlaku dari tahun 2017 hingga 2022.

#4 Apa akreditasi Ilmu Komputer USU yang terbaru?

Jurusan Ilmu Komputer USU (jenjang S1) telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1605/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2019. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 21 Mei 2024.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

3 Komentar

    • Adnan Syafi'i Balas

      Hi Bella, akreditasi Jurusan Analis Farmasi dan Makanan USU yang berlaku saat ini adalah A.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup