Jurusan Pendidikan Luar Biasa (selanjutnya disingkat PLB) adalah salah satu jurusan pendidikan yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

Banyak orang yang masih belum tahu tentang apa sih yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini.

Bahkan mungkin banyak juga yang sama sekali belum pernah mendengar tentang jurusan ini.

Buat kamu yang belum tahu dan ingin mengenal jurusan ini lebih dekat, silakan teruskan membaca.

Apa itu Jurusan Pendidikan Luar Biasa?

Jurusan PLB adalah jurusan yang bertujuan untuk membentuk tenaga pengajar yang memiliki pengetahuan dan keahlian untuk menangani dan mendidik anak-anak berkebutuhan khusus (ABK).

autism
Autism” by Nick Youngson is licensed under CC BY-SA 3.0

Di jurusan ini, para mahasiswanya akan dibekali dengan berbagai ilmu dan keterampilan agar mampu merancang program pembelajaran dan cara berkomunikasi yang baik dengan ABK.

Nah, bekal ilmu dan keterampilan tersebut disampaikan dalam berbagai mata kuliah. Apa saja mata kuliah yang ada di Jurusan Pendidikan Mata Luar Biasa?

Mata Kuliah Pendidikan Luar Biasa

Jika kamu nantinya kuliah di Jurusan PLB, maka di semester-semester awal kamu akan mempelajari mata kuliah dasar seperti Ortopedagogik, Psikologi Pendidikan, Psikologi ABK, Strategi Pembelajaran, Teori Pembelajaran dan Tumbuh Kembang ABK.

anak berkebutuhan khusus
Sick Child” by Ricard Canals (1876 – 1931)

Sedangkan di semester-semester berikutnya kamu akan belajar mengenai  berbagai macam keterampilan seperti cara mengidentifikasi ABK, cara memberikan intervensi terhadap ABK, dan pembelajaran olahraga adaptif. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana kurikulum dalam sistem pendidikan khusus, orientasi mobilitas, sistem komunikasi, dan masih banyak lagi.

Pembelajaran akan semakin menyenangkan dengan adanya laboratorium yang menyediakan berbagai macam alat-alat yang terkait dengan kebutuhan pengajaran serta terapi.

Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa

Setelah lulus dari jurusan ini, maka kamu bisa bekerja sebagai guru bagi anak-anak berkebutuhan khusus (ABK), baik di Sekolah Luar Biasa (SLB) atau sekolah Inklusi.

Apa perbedaan antara SLB dan sekolah Inklusi?

SLB merupakan sekolah khusus bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Di sana semua siswa adalah siswa berkebutuhan khusus. Sedangkan sekolah Inklusi merupakan sekolah dengan siswa reguler yang menerima siswa berkebutuhan khusus.

Perlu kamu ketahui, bahwa jumlah guru yang memiliki keahlian untuk mendidik anak ABK pada saat ini masih sangat sedikit, jadi guru ABK di luar sana sangat dibutuhkan.

prospek kerja pendidikan luar biasa
Photo by UNICEF Ukraine / CC BY 2.0

Selain itu, penanganan terhadap ABK tidak hanya dilakukan di sekolah. Mereka juga membutuhkan terapi dan berbagai macam penanganan lain yang sesuai dengan kebutuhannya.

Atas dasar dua hal di atas, lulusan Jurusan PLB berpeluang besar untuk bisa langsung bekerja sebagai guru ABK setelah menyelesaikan pendidikan sarjana.

Demikian penjelasan singkat tentang prospek kerja pendidikan luar biasa.

Daftar Universitas Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Berikut ini daftar universitas di Indonesia yang sudah membuka Jurusan PLB.

*Khusus di Universitas Pendidikan Indonesia, namanya bukan ‘Jurusan Pendidikan Luar Biasa’, tetapi ‘Jurusan Pendidikan Khusus’.

Jurusan Pendidikan Luar Biasa Terbaik di indonesia?

Setelah membaca uraian di atas, dan kamu tertarik untuk kuliah di jurusan ini, maka kamu harus cari tahu bukan hanya apa saja universitas yang ada jurusan pendidikan luar biasa, tetapi juga Jurusan Pendidikan Luar Biasa terbaik di Indonesia itu ada di universitas apa saja.

Sejauh ini, sebenarnya, belum ada hasil penelitian yang bisa menjadi dasar untuk menyusun daftar “Jurusan Pendidikan Luar Biasa Terbaik di Indonesia”. Namun, karena Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sudah memiliki sistem akreditasi untuk menilai kualitas dari jurusan yang ada di perguruan tinggi di Indonesia, maka sistem itu bisa kita jadikan acuan.

Jika kamu ingin kuliah di jurusan ini, prioritaskan untuk kuliah di universitas yang Jurusan PLB-nya sudah terakreditasi A. Namun, jika tidak memungkinkan, maka universitas yang Jurusan PLB-nya terakreditasi B atau C juga tidak mengapa untuk dimasuki.

Buat kamu yang nantinya berencana menjadi dosen, jangan khawatir, karena saat ini sudah ada tiga universitas yang membuka program S2 dengan program studi PLB dan nantinya mungkin akan ada lagi. Ketiga universitas yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Universitas Sebelas Maret
  2. Universitas Negeri Surabaya
  3. Universitas Negeri Yogyakarta

Penutup

Sampai sudah kita di ujung pembahasan. Sebelum menutup, saya ingin menyampaikan sebuah fakta bahwa sebenarnya tidak banyak orang yang bersedia menekuni bidang yang satu ini. Bisa dibilang, jurusan ini adalah jurusan yang sepi peminat.

Walau demikian, jika kamu memiliki passion di bidang pendidikan, terutama mendidikan anak-anak yang berkebutuhan khusus, maka jurusan ini adalah jurusan yang tepat untukmu.

Ketahui passionmu, dan jika passionmu adalah menjadi guru bagi mereka yang “berbeda” dengan kita, maka tetapkan rencana untuk kuliah di jurusan ini dan menjalaninya dengan sebaik mungkin supaya kelak kamu bisa menjadi guru yang hebat, yang berhasil membantu mengembangkan potensi murid-murid dengan maksimal. Materi mungkin tidak banyak kamu dapatkan di sini, tapi kepuasan diri, itulah yang akan kamu dapatkan apabila kamu bekerja sesuai dengan panggilan hati.

Penulis

Mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Menyenangi bidang kepenulisan. Bekerja profesional, tepat waktu, mengutamakan kualitas, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

6 Komentar

  1. mohon maaf kakak, data yang disampaikan perlu dikaji ulang, masih banyak universitas dengan prodi PLB yang belum di masukan di informasi diatas,

  2. mohon maaf kakak, data yang disampaikan perlu dikaji ulang, masih banyak universitas dengan prodi PLB yang belum di masukan di informasi diatas,

  3. nur fitrah ilahi Balas

    kak kalo misalkan ank jurusan ipa,besar nggk peluang utk keterima d jurusan PLB ni?

    • Saya juga dari jurusan IPA dan mendaftar jurusan PLB Universitas Negeri Surabaya lewat jalur mandiri dengan diperantarai oleh pemda. Untuk peluang, saya rasa tidak ada masalah kak.

      Tes yang diberikan juga hampir sama dengan tes-tes masuk PTN lainnya, ada tes wawancara juga yang mencakup wawasan tentang dunia pendidikan khusus.

  4. Maaf ka, ko di list ga ada Universitas Pendidikam Indonesia? Padahal bukannya PLB-UPI itu pelopor jurusan plb d indonesia ya ? 😀

    • Hi Anna, artikel ini ditulis oleh Kak Evi dari Universitas Negeri Surabaya. Adapun “Daftar Universitas Jurusan Pendidikan Luar Biasa”, itu saya yang buat berdasarkan informasi yang terdapat di situs BAN-PT. Nah, setelah saya cek kembali, UPI memang seharusnya dimasukkan ke dalam daftar di atas. Thanks atas masukannya, ya! 🙂

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup