Jurusan Universitas Mercu Buana ada 23. Secara akreditasi, ada yang sudah terakreditasi A, B, dan C. Itu data yang kami ambil dari situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 13 Mei 2019.

Sebelum kita mengetahui apa saja jurusan yang ada di Universitas Mercu Buana dan akreditasinya, mari kita ketahui profil universitas ini terlebih dahulu.

Profil Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah sebuah universitas swasta yang didirikan pada tahun 1985 di Jakarta oleh Yayasan Menara Bhakti.

Universitas ini memiliki dua kampus yang sama-sama terletak di Jakarta.

Kampus pertama terletak di Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Kampus ini sering disebut kampus Meruya.

Kampus kedua terletak di Jalan Menteng Raya No 29, Jakarta Pusat. Kampus ini sering disebut kampus Menteng.

Universitas Mercu Buana sempat memiliki kampus ketiga yang terletak di Bekasi, tapi terhitung sejak 30 April 2019, kampus Bekasi tersebut sudah berhenti beroperasi.

Oh ya, selain di Jakarta, Universitas Mercu Buana juga memiliki kampus di Yogyakarta, dengan administrasi yang terpisah dari pusat. Oleh karena itu, jurusan yang ada di Mercu Buana Jakarta dan Yogyakarta berbeda satu sama lain. Begitu pula dengan status akreditasinya.

Universitas Mercu Buana yang berada di Yogyakarta ini memiliki tiga kampus yang masing-masing memiliki alamat yang berbeda.

Kampus I beralamat di Jalan Wates Km. 10 Yogyakarta 55753. Telp: 0274-6498212.

Kampus II beralamat di Jalan Jembatan Merah No. 84C Gejayan, Yogyakarta 55283. Telp: 0274-584922.

Kampus III beralamat di Jalan Ring Road Utara, Depok, Sleman, Yogyakarta Telp: 0274-2801918.

Informasi lebih lengkap tentang Universitas Mercu Buana Yogyakarta bisa didapatkan dengan mengunjungi website resminya di http://mercubuana-yogya.ac.id.

Kembali ke Universitas Mercu Buana Jakarta.

jurusan universitas mercu buana jakarta

Universitas Mercu Buana Jakarta telah menorehkan banyak prestasi.

Salah satu yang paling bergengsi, Universitas Mercu Buana ditempatkan pada urutan ke-73 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”. Hal ini menjadikan universitas ini diakui sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta.

Beberapa prestasi lainnya yang patut disebut ialah sebagai berikut:

  • Tim dari Universitas Mercu Buana berhasil meraih gelar juara 1 dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018 di Jepang untuk kategori folklore (lagu daerah).
  • Tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur Universitas Mercu Buana berhasil meraih peringkat dua sayembara tingkat nasional mendesain Pulau Kodingareng Keke yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan di Trans Studio Makassar pada Sabtu, 24 November 2018.
  • Juara pertama tingkat Internasional 1st Xinghai Prize International Choir Championships di Guangzhou, China, dengan meraih tiga medali emas, satu medali perak dan Grand Prize Kategori Folklore, yang diselenggarakan oleh INTERKULTUR dari tanga 8 hingga 14 November 2012 di Guangzhou, China.
  • Juara pertama event 7th Student CM Award Gatsby se-Asia dalam membuat video iklan non editing dan editing berdurasi 30 detik yang diselenggarakan di Jepang sejak tanggal 15 – 17 November 2012.

Prestasi mahasiswa Universitas Mercu Buana di tingkat nasional dan internasional cukup baik, bukan?

universitas mercu buana

Setelah mengetahui profil Universitas Mercu Buana, sekarang mari beralih ke jurusan Universitas Mercu Buana dan akreditasinya.

Di bawah ini adalah daftar jurusan Universitas Mercu Buana, baik yang Jakarta maupun Yogyakarta beserta status akreditasinya.

Jurusan Universitas Mercu Buana Jakarta

Jurusan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Demikian artikel tentang Universitas Mercu Buana. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk kamu yang ingin kuliah di salah satu kampus swasta di Jakarta atau Yogyakarta.

Penulis

Alumni Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menyukai bidang digital marketing dan pendidikan. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar