Artikel ini memuat 5 jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan.

Apanya yang dibutuhkan?

Tentu saja para alumni jurusan tersebut, terutama yang memiliki keahlian, bukan yang cuma punya gelar pendidikan.

Mengapa saya menulis pembahasan ini? Karena siapa tahu di antara kamu ada yang ingin mengetahuinya. Atau, malah ingin kuliah di jurusan yang jarang diminati orang supaya ketika lulus persainganmu dalam mendapatkan kerja tidak terlalu ketat. 😀

Yuk langsung aja kita bahas apa saja jurusan yang jarang diminati calon mahasiswa tapi lulusannya dibutuhkan di dunia kerja.

5 Jurusan yang Jarang Diminati tapi Dibutuhkan

1. Jurusan Tarjamah

Tarjamah termasuk jurusan yang paling jarang diminati.

Menurut Google, jumlah pencarian untuk kata kunci “Jurusan Tarjamah” per bulannya adalah 0 alias hampir tidak ada. Hal ini menunjukkan bahwa Jurusan Tarjamah sangat kurang diminati oleh para calon mahasiswa.

Sampai sini, saya yakin kamu pasti bertanya-tanya, Tarjamah itu jurusan apa, sih?

Jurusan Tarjamah adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari teori penerjemahan Arab-Indonesia. Sepengetahuan saya, jurusan ini cuma ada satu di Indonesia, yaitu di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mengapa jurusan ini saya masukkan ke dalam daftar Jurusan yang Jarang Diminati tapi Dibutuhkan?

Sebab, sejarah membuktikan bahwa di zaman dulu bangsa Arab lebih maju ketimbang bangsa Eropa. Dan penerjemahan adalah salah satu penyebabnya.

Lewat kegiatan penerjemahan, proses transfer ilmu dari bangsa Muslim Arab ke bangsa Eropa itu dilakukan. Penerjemahan terhadap banyak manuskrip karya cendekiawan Muslim itu dilakukan oleh para sarjana Eropa di awal abad ke-12 dan pusat penerjemahan tersebut berada di Toledo, Spanyol. Dan menurut Peter Newmark seperti yang dikutip oleh Syihabuddin dalam buku Penerjemahan Arab-Indonesia: Teori dan Praktek (2005), sekolah Toledo-lah yang telah berjasa mentransfer kebudayaan Arab dan Yunani ke dalam peradaban barat melalui kegiatan penerjemahan.

jurusan tarjamah
Tarjamah termasuk jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan.

Nah, itu tadi alasan kenapa saya memasukkan Jurusan Tarjamah ke dalam artikel ini.

Buat kamu tertarik untuk menjadi penerjemah Arab-Indonesia yang handal, baik sebagai penerjemah tulisan maupun lisan (interpreter), Tarjamah adalah jurusan yang bisa kamu lirik.

2. Jurusan Ilmu Keolahragaan

Ilmu Keolahragaan termasuk jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan. Menurut Google, jumlah pencarian per bulan untuk kata kunci Jurusan Ilmu Keolahragaan adalah 0 alias hampir tidak ada orang yang mencari informasi tentang jurusan ini.

Sebenarnya, apa sih yang dipelajari di jurusan ini?

Menurut halaman Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, mata kuliah ada yang ada di jurusan ini antara lain:

  • Kinesiologi Olahraga
  • Biomekanika Olahraga
  • Biokimia Olahraga
  • Fisiologi Olahraga
  • Sosiologi Olahraga
  • Dan masih banyak lagi mata kuliah lainnya.

Walaupun peminat jurusan ini bisa dikatakan sangat sedikit, tapi pekerjaan yang menanti untuk lulusan ini cukup banyak, lho.

Lulusan Jurusan Ilmu Keolahragaan bisa bekerja di sport center yang ada di kota-kota besar di Indonesia sebagai instruktur olahraga, dan juga bisa bekerja sebagai guru pendidikan jasmani di sekolah-sekolah.

ilmu keolahragaan adalah jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan
Ilmu Keolahragaan termasuk jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan.

Buat kamu yang berminat kuliah di jurusan ini, berikut ini universitas-universitas yang direkomendasikan untuk dipilih karena Jurusan Ilmu Keolahragaan-nya sudah terakreditasi A:

  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Medan

3. Beberapa jurusan pendidikan

Jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan ada banyak, dan sebagian di antaranya memiliki sedikit peminat.

Misalnya, Jurusan Pendidikan IPA, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, dan Jurusan Pendidikan Luar Biasa, yang ketiganya sama-sama memiliki jumlah pencarian di Google sebanyak rata-rata 110 per bulan. Bahkan, Jurusan Pendidikan IPS dan Jurusan Pendidikan Sejarah memiliki jumlah pencarian yang lebih sedikit, yaitu hanya 90 pencarian saja. Padahal, kita tahu, keberadaan guru sangat dibutuhkan untuk membantu mencerdaskan bangsa.

guru mengajar
Image by Sasin Tipchai from Pixabay

Itulah alasan mengapa saya memasukkan jurusan pendidikan ke dalam daftar Jurusan yang Jarang Diminati tapi Dibutuhkan.

Buat kamu yang bercita-cita menjadi guru, jangan ragu untuk kuliah di Fakultas Pendidikan. Saat ini, universitas yang membuka Fakultas Pendidikan cukup banyak, silakan googling untuk menemukan jurusan pendidikan yang sesuai dengan bidang yang ingin kamu ajarkan kelak.

4. Jurusan Teknobiomedik

pekerjaan lulusan jurusan teknobiomedik
A Biomedical Engineering Laboratory” by UC Davis College of Engineering, is licensed under CC BY 2.0

Menurut Google, jumlah pencarian untuk kata kunci “Jurusan Teknobiomedik” adalah rata-rata 210 per bulan. Ini adalah jumlah yang cukup kecil.

Nah, pertanyaannya, Teknobiomedik ini jurusan apa, sih?

Mengutip pendapat salah seorang yang pernah kuliah di jurusan ini, jadi Teknobiomedik ini adalah jurusan yang menggabungkan tiga disiplin sekaligus, yaitu kedokteran, teknik, dan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Jurusan ini biasanya berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi.

Gelar untuk lulusan jurusan ini adalah ST yang merupakan singkatan dari Sarjana Teknik.

Setelah lulus, alumni jurusan ini biasanya bekerja di perusahaan-perusahaan yang memproduksi alat kesehatan, atau bisa juga bekerja sebagai dosen di Jurusan Teknobiomedik itu sendiri.

5. Jurusan Oseanografi

jurusan oseanografi
Oseanografi termasuk jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan.

Kalau masa kecilmu suka main air, dan ketika beranjak dewasa kamu bertanya-tanya, apa itu tsunami, mengapa tsunami bisa terjadi, apa itu pemanasan global dan apa pengaruhnya terhadap kenaikan muka air laut, jika kamu memiliki pertanyaan-pertanyaan semacam itu dan tertarik mengetahui jawabannya, maka Jurusan Oseanografi adalah jurusan yang cocok untuk orang seperti kamu.

Dikutip dari website Institut Teknologi Bandung, oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut yang dapat diaplikasikan ke bidang-bidang lainnya seperti rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut dan mitigasi (pengelolaan dan pencegahan).

Jumlah pencarian di Google untuk kata kunci “Jurusan Oseanografi” cukup kecil, yaitu sekitar 590 per bulannya. Walau demikian, prospek kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas. Betapa tidak, fakta menunjukkan bahwa lebih dari 62% kepulauan Indonesia terdiri dari lautan, dan hampir 70% bagian dari dunia juga adalah lautan. Bisa dibayangkan bukan betapa luasnya lahan pekerjaan dan kesempatan untuk berkarya bagi seorang sarjana Oseanografi?

Nah, buat kamu yang tertarik kuliah di Jurusan Oseanografi, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro bisa menjadi pilihan terbaik karena kedua kampus tersebut, Jurusan Oseanografi-nya sudah terakreditasi A.

Demikian 5 jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan.

Jurusan-jurusan lainnya yang sepi peminat sebenarnya masih banyak, seperti Jurusan Ilmu Perpustakaan, Jurusan Ilmu Sejarah, dan Jurusan Sejarah dan Peradaban Islam, tapi karena saya tidak tahu apakah lulusan dari jurusan ini dibutuhkan di dunia kerja atau tidak, maka saya sengaja tidak memasukkan jurusan-jurusan tersebut ke dalam artikel ini.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mengetahui apa saja jurusan yang jarang diminati tapi dibutuhkan!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup