Dunia kerja adalah dunia di mana kamu akan menyadari bahwa pelajaran yang dipelajari di sekolah dan perguruan tinggi tidaklah cukup untuk membawamu menjadi pekerja atau pengusaha yang sukses.

Ada hal lainnya yang sesungguhnya memiliki peran dalam suksesnya kehidupan seseorang, yang itu sayangnya tidak diajarkan di ruang-ruang kelas sekolah dan kuliah.

Hal lain itu bernama skill atau keahlian. Dan keahlian, tidak mungkin dibentuk di dalam kelas, melainkan di luar kelas, dalam masa yang tidak singkat, olehmu sendiri.

Oleh karena itu, mumpung kamu masih belum masuk ke dunia kerja, bahkan statusmu masih calon mahasiswa, alangkah baiknya kamu sudah mengetahui keahlian apa saja yang yang bisa membawamu kepada kesuksesan di masa kini dan masa depan.

Berikut ini adalah beberapa keahlian yang menurut saya perlu kamu pelajari supaya membantumu menjadi individu yang sukses di masa kini dan masa mendatang:

Mengendalikan Emosi

Emosi yang tak terkendali bisa merusak, bukan hanya barang-barang, tapi juga kehidupan orang.

Pernahkah kamu melihat video viral tentang seorang pemuda yang merusak motor pacarnya gara-gara dia kesal ditilang polisi? Jika pernah, itulah contoh akibat ketidakmampuan mengontrol emosi.

Cara mengendalikan emosi memang sulit. Bahkan Rasulullah Muhammad Saw pun dalam sabdanya pernah mengatakan bahwa orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan amarah.

Walau demikian, sulit bukan berarti tidak bisa, bukan?

Bagaimana cara mengendalikan emosi?

Ada beragam kiat.

Salah satunya, berwudhu. Berwudhu adalah aktivitas yang harus dilakukan sebelum seorang muslim menunaikan shalat. Caranya silakan lihat di YouTube, ya. Dalam salah satu hadits, disebutkan bahwa kalau kita marah, hendaknya berwudhu. Inilah salah satu cara mengendalikan emosi.

Cara lainnya, dengan merubah posisi. Jika marah dalam keadaan berdiri, maka harus duduk. Jika masih marah dalam keadaan duduk, maka berbaring. Mengubah posisi dalam keadaan marah adalah anjuran Nabi juga.

Cara lainnya, mengingat akibat yang bisa ditimbulkan kemarahan yang tidak terkendali. Hampir semua kasus ketidakmampuan mengendalikan diri selalu berakhir pada penyesalan. Tidak perlu saya sebut kasus-kasus itu. Kalian bisa dengan mudah menemukannya di internet. Yang perlu saya sebut dalam artikel ini ialah, kalian harus pandai mengendalikan emosi, agar tidak mengalami penyesalan yang sama.

Problem Solving

Problem solving atau kemampuan memecahkan masalah adalah kemampuan yang penting lainnya selain mengendalikan emosi. Dengan kemampuan memecahkan masalah yang baik, kamu yang tidak punya ijazah S1 pun akan dicari banyak perusahaan, karena saat ini banyak karyawan di perusahaan-perusahaan yang tidak pandai dalam menemukan solusi untuk permasalahan mereka, sehingga akhirnya menyewa konsultan untuk membantu mereka menemukan solusi yang mereka butuhkan.

Cara mengasah keahlian ini ialah dengan belajar setiap hari, menambah wawasan setiap saat, membentuk keahlian sampai pada tahapan seseorang disebut expert, karena semakin banyak wawasan yang dimiliki, semakin ahli seseorang, orang itu lebih mudah menemukan solusi dibandingkan orang yang miskin wawasan dan keahliannya.

Untuk menambah wawasan, kamu bisa melakukannya dengan membaca artikel yang ditulis oleh para ahli; untuk meningkatkan keahlian, kamu bisa melakukannya dengan baik di bawah bimbingan seorang yang ahli.

Orang yang ahli bisa merupakan guru atau dosen, tetapi tidak semua guru dan dosen adalah orang yang ahli di bidangnya. Maka, jangan pernah mengandalkan pendidikan di sekolah dan di kampus saja. Carilah orang yang ahli di bidang yang kamu ingin ahli di situ, lalu belajarlah dari orang itu.

Bahasa Inggris

bahasa inggris
Image credit: aniwhite/123RF.COM

Bahasa Inggris memang dipelajari di sekolah. Tapi hanya bersifat pengetahuan. Kalau kamu hanya mengandalkan pembelajaran di sekolah atau kuliah, maka bahasa Inggris kamu tidak akan berguna bagi kehidupanmu. Agar berguna, kamu harus mempraktikkannya di luar kelas, setiap hari, sehingga kamu memiliki kemampuan yang bagus dalam bahasa Inggris, baik dalam hal listening, speaking, reading, dan writing.

Bahasa Indonesia

Pernah baca buku Ayah karya Andrea Hirata? Di dalam novel itu disebutkan ada dua orang yang mengelili sumatera untuk mencari sahabatnya dengan bermodalkan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan akhirnya keduanya sukses menemukan sahabatnya itu.

Itu satu contoh bagaimana kemampuan bahasa Indonesia yang baik bisa mengantarkan seseorang berhasil mencapai tujuannya.

Untuk memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang baik, yang diperlukan adalah banyak-banyak membaca buku bermutu dan bergaul dengan orang-orang yang baik serta sukses.

Orang-orang yang baik cenderung berbicara hanya hal-hal yang baik. Tidak ada umpatan sumpah serapah dalam pembicaraan mereka. Itu harus kamu tiru. Banyak lho, pemuda saat ini yang kalau berbicara banyak nama-nama hewan keluar dari mulutnya. Kamu gak mau kan menjadi orang yang seperti itu?

Orang-orang yang sukses tidak mau mempekerjakan orang-orang yang mulutnya kotor dan suka menghina.

Orang-orang yang baik cenderung mau bersahabat dengan orang-orang yang isi pembicaraannya sama dengan mereka

Kamu harus camkan fakta ini.

Demikian beberapa keahlian yang perlu dimiliki calon mahasiswa, supaya kehidupan mereka lebih baik dan sukses, baik di masa kini dan masa mendatang.

Usahakan mempelajari keahlian-keahlian tersebut di luar sekolah dan kuliah, karena itu sangat penting bagi kehidupanmu, bahkan keahlian-keahlian itu sebenarnya lebih dihargai orang ketimbang ijazah dan tingkat pendidikan formalmu.


Featured image credit: ojogabonitoo/123RF.COM

Penulis

Alumni Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menyukai bidang digital marketing dan pendidikan. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar