Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang memiliki peminat cukup banyak. Kamu mungkin adalah salah satunya.

Nah, sebagai calon mahasiswa yang berminat memasuki jurusan ini, pernahkah kamu bertanya-tanya, sebenarnya apa sih yang dipelajari ketika kuliah di Jurusan Komunikasi? Bukannya setiap hari kita sudah melakukan komunikasi? Kenapa harus kuliah komunikasi?

Jika kamu memiliki pertanyaan-pertanyaan semacam itu, untuk memuaskan rasa ingin tahumu, yuk simak uraian seputar Jurusan Ilmu Komunikasi berikut ini.

Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

dua orang sedang berkomunikasi
Image Credit: aeaechan/123RF.COM

Berbicara tentang komunikasi, bisa dikatakan bahwa ilmu komunikasi adalah ilmu yang memiliki kajian yang sangat luas. Mengingat dalam kehidupan sehari-hari ini kita semua tidak bisa terlepas dari yang namanya komunikasi. Tapi, bukan berarti ilmu komunikasi merupakan ilmu yang hanya mempelajari perihal cara berbicara saja.

Lebih dari itu, Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang secara khusus mempelajari mengenai cara manusia berkomunikasi dengan baik, baik secara verbal maupun non verbal.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Namanya juga Jurusan Ilmu Komunikasi, sudah pasti mata kuliah yang diajarkan masih ada kaitannya dengan komunikasi, seperti pengantar ilmu komunikasi, teori komunikasi, komunikasi massa, komunikasi antar pribadi, komunikasi politik, public relations dan masih banyak lagi mata kuliah lainnya yang akan kamu pelajari, tentunya yang berkaitan dengan komunikasi.

Manfaat Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi

manfaat ilmu komunikasi
Image Credit: aeaechan/123RF.COM

Seperti yang disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahwa Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang secara khusus mempelajari mengenai cara manusia berkomunikasi dengan baik, baik secara verbal maupun non verbal.

Dari situ bisa dipahami bahwa dengan kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, peserta didik diharapkan akan mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan baik. Seperti yang kita ketahui bersama, kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan, baik di kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional.

Demikian manfaat kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi.

Walau demikian, untuk belajar cara berkomunikasi yang baik tidak harus kuliah di jurusan komunikasi. Tanpa masuk jurusan ini pun, kamu tetap bisa belajar cara berkomunikasi yang baik, yang sifatnya praktis atau terapan. Namun, jika kamu ingin mempelajari komunikasi secara teoritis dan menggelutinya secara mendalam, kamu disarankan untuk mengambil kuliah di jurusan ini.

Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi

Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi berhak menyandang gelar sarjana ilmu komunikasi atau disingkat S.I.Kom.

Terkadang ada orang yang kesulitan dalam membedakan S.I.Kom dengan S.Kom.

Jadi, seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa S.I.Kom adalah singkatan dari sarjana ilmu komunikasi. Adapun S.Kom sendiri merupakan singkatan dari sarjana komputer, yatu gelar akademik yang diberikan oleh negara Indonesia kepada lulusan perguruan tinggi yang mengambil program studi:

  • Sistem Informasi (Information System)
  • Teknik Informatika (Computer Science)
  • Sistem Komputer (Computer System)
  • Komputerisasi Akuntasi (Computerized Accounting)

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

you are hired
Image Credit: aeaechan/123RF.COM

Salah satu tujuan kuliah adalah untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang sudah dipelajari. Nah, buat kamu semua yang memiliki niat untuk mengambil kuliah di Jurusan Komunikasi, maka kamu tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan nantinya. Pasalnya, banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa dimasuki oleh lulusan ilmu komunikasi.

Seorang lulusan ilmu komunikasi bisa menjadi penulis. Terkait dengan pekerjaan sebagai penulis, seorang lulusan ilmu komunikasi bisa bekerja sebagai Scriptwriter.  Bidang pekerjaan ini cukup asik dan menyenangkan. Ketika menjadi seorang Scriptwriter,  maka kamu diminta untuk bisa mengkomunikasikan ide ke dalam sebuah adegan tertentu. Cukup menyenangkan, bukan?

Selain menjadi penulis, seorang lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang besar untuk masuk ke dalam dunia periklanan. Kamu bisa menjadi Copywriter yang bertugas untuk membuat konten iklan di sebuah perusahaan. Pekerjaan ini juga dikenal sebagai salah satu jenis pekerjaan yang cukup menyenangkan.

Beralih dari dunia tulis menulis, kamu yang lulusan ilmu komunikasi juga memiliki kesempatan yang bagus untuk bekerja di bidang public relation (PR). Adapun tugas seorang praktisi PR adalah untuk menciptakan sebuah brand image tertentu untuk sebuah perusahaan.

Selain menjadi penulis, terjun ke dunia periklanan, dan bekerja sebagai praktisi PR, lulusan ilmu komunikasi juga bisa masuk ke profesi lain, seperti event organizer, pembaca berita, sales, dosen, dan lain-lain.

Perguruan Tinggi yang Membuka Program Studi Ilmu Komunikasi

perguruan tinggi yang membuka jurusan komunikasi
Image Credit: aeaechan/123RF.COM

Karena merupakan salah satu program studi yang memiliki cukup banyak peminat, maka tidak heran jika banyak perguruan tinggi di Indonesia yang membuka Jurusan Ilmu Komunikasi, sebagian di antaranya bahkan sudah terakreditasi A.

Beberapa perguruan tinggi yang Jurusan Ilmu Komunikasinya sudah terakreditasi A, antara lain:

1. Universitas Islam Indonesia

Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini meraih akreditasi A untuk program studi Ilmu Komunikasinya pada 2014 lalu. Menurut hasil riset Kemenristekdikti tahun 2018, UII termasuk ke dalam daftar 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dengan menduduki peringkat ke-29.

2. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas yang berada di posisi ke-36 dalam daftar perguruan tinggi terbaik Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti ini memiliki program studi Ilmu Komunikasi dan sudah terakreditasi A sejak 2018 lalu.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

UMY adalah perguruan negeri swasta berlokasi di Yogyakarta, dan berada di peringkat ke-42 dalam daftar perguruan tinggi terbaik Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti. Program studi Ilmu Komunikasi UMY mendapatkan akreditasi A dari BAN PT pada 2018 lalu, dan berhak menyandangnya sampai tahun 2023 mendatang.

Sebenarnya masih banyak kampus lainnya yang Jurusan Ilmu Komunikasinya sudah terakreditasi A. Namun, karena keterbatasan, yang disebutkan di dalam artikel ini hanya tiga saja. Untuk info kampus lainnya, kamu bisa mencarinya sendiri dengan bantuan Google.

Figur Terkenal Lulusan Ilmu Komunikasi

Sebagai jurusan yang cukup populer, tidak heran jika banyak figur terkenal di Indonesia yang dulunya kuliah di Jurusan Komunikasi. Di antaranya Alwi Dahlan, Abdul Muis, Effendi Gazali, Deddy Mulyana, dan lain-lain.

Bagaimana, apakah kamu sudah siap menjadi bagian penting dari perubahan di Indonesia dengan berbekal ilmu komunikasi?


Sumber gambar utama: aeaechan/123RF.COM

Diolah dari berbagai sumber
Penulis: Ika Umi Hayati
Editor: Adnan Syafi’i

Penulis

Alumni Jurusan Komunikasi Konseling, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. "Menulis adalah salah satu cara menerabas batas" adalah salah satu moto hidupnya.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)