Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang Jurusan Ilmu Sejarah? Di jurusan ini belajar sejarah apa lagi, ya? Bukannya dulu di sekolah sudah belajar sejarah? Kenapa di kampus harus belajar sejarah lagi?

Kalau kamu punya pertanyaan semacam itu, atau kamu tertarik kuliah di jurusan ini dan ingin menggali informasi lebih dalam untuk semakin memantapkan pilihanmu, maka silakan teruskan membaca.

Sebelum membahas seluk-beluk tentang jurusan ini, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ilmu sejarah.

Apa itu Ilmu Sejarah?

Ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari sejarah. Sejarah itu sendiri bermakna kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari masa lampu, seperti artefak, manuskrip, dan buku.

peninggalan masa lalu
Sumber gambar: Nick115/Pixabay.com

Jadi, pertanyaan-pertanyaan semacam “Kapan Indonesia merdeka?”, “Siapa yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia?” “Bagaimana proses lahirnya negara Indonesia?” bisa dicari jawabannya dengan menelusuri peninggalan-peninggalan masa lalu.

Nah, ilmu untuk menelusuri peninggalan-peninggalan masa lalu dan menyusunnya hingga menjadi sejarah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya itu disebut ilmu sejarah.

Apa itu Jurusan Ilmu Sejarah?

Jurusan Ilmu Sejarah adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari ilmu sejarah dan sejarah itu sendiri. Biasanya, jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya.

Jurusan ini dibuat dengan tujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi ahli sejarah yang memiliki kemampuan tinggi dalam pemikiran teoritis dan penerapannya; menumbuhkembangkan dan menciptakan karya di bidang ilmu sejarah serta menyebarkannya demi kepentingan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan umat manusia, demikian tujuan dari keberadaan Jurusan Ilmu Sejarah sebagaimana yang saya kutip dari website resmi Universitas Indonesia.

Mata Kuliah yang akan Dipelajari

mata kuliah jurusan sejarah
Sumber gambar: StockSnap/Pixabay.com

Untuk mewujudkan tujuan di atas, maka peserta didik diharuskan mempelajari mata kuliah seperti Sejarah Dunia, Sejarah Kebudayaan Indonesia, Sejarah Asia Tenggara, Sejarah Politik Luar Negeri, Sejarah Pemikiran Islam, dan pengetahuan pendukung lainnya.

Gelar dan Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

Gelar bagi mahasiswa yang telah lulus dari jurusan ini adalah S.Hum yang merupakan singkatan dari sarjana humaniora. Setelah lulus, alumni Ilmu Sejarah bisa bekerja di bidang yang berkaitan dengan sejarah, seperti:

  • Peneliti sejarah
  • Penulis buku sejarah
  • Dosen mata kuliah sejarah

Selain pekerjaan yang berkaitan dengan sejarah, lulusan ilmu sejarah juga bisa bekerja di bidang lain seperti arkeologi (menjadi arkeolog) dan jurnalis (menjadi jurnalis/wartawan). Ilmu pengetahuan yang didapat selama kuliah bisa membantu seorang lulusan ilmu sejarah untuk bekerja di dua bidang tersebut.

Tokoh Terkenal Lulusan Ilmu Sejarah

Tak disangka, banyak juga tokoh terkenal di Indonesia yang merupakan lulusan Jurusan Ilmu Sejarah, di antaranya ialah sebagai berikut:

Ahmad Mansur Suryanegara

Guru Besar Sejarah di Universitas Padjadjaran, Bandung dan Penulis buku Api Sejarah, sebuah buku yang sangat terkenal di kalangan penikmat buku-buku sejarah. Buku setebal 584 halaman ini begitu fenomenal karena menghadirkan banyak sejarah yang tidak dipublikasikan secara utuh di media dan buku-buku sejarah yang dipelajari pelajar sekolah.

Kuntowijoyo (1943-2005)

Seorang budayawan, sastrawan, dan sejarawan dari Indonesia. Lulusan Sejarah Universitas Gadjah Mada tahun 1969. Banyak penghargaan yang telah diterima, salah satunya, SEA Write Award dari kerajaan Thailand pada tahun 1999.

Jurusan Ilmu Sejarah Terbaik di Indonesia, ada di Universitas apa?

Sampai hari di mana artikel ini ditulis, belum ada hasil riset yang bisa menjadi landasan untuk menjawab pertanyaan di atas. Hanya saja, kalau kamu berniat kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah yang memiliki kualitas yang dianggap baik, kamu bisa memilih universitas yang Jurusan Ilmu Sejarah-nya sudah terakreditasi A.

Apa saja universitas yang program studi sejarahnya sudah terakreditasi A? Berikut ini di antaranya:

1. Universitas Gadjah Mada

Jurusan Ilmu Sejarah di Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah mendapatkan akreditasi A pada 2014 lalu.

2. Universitas Indonesia

Jurusan Ilmu Sejarah di Universitas Indonesia (UI) sudah mendapatkan akreditasi A pada 2017 lalu.

3. Universitas Diponegoro

Jurusan Sejarah Indonesia di Universitas Diponegoro (Undip) sudah mendapatkan akreditasi A pada 2014 lalu.

4. Universitas Airlangga

Jurusan Sejarah di Universitas Airlangga (Unair) sudah mendapatkan akreditasi A pada 2016 lalu.

5. Universitas Padjadjaran

Jurusan Ilmu Sejarah di Universitas Padjadjaran (Unpad) sudah mendapatkan akreditasi A pada tanggal 30 Januari 2018 dan berlaku hingga 30 Januari 2023.

Demikian pembahasan tentang Jurusan Ilmu Sejarah, mulai dari apa itu ilmu sejarah, Jurusan Ilmu Sejarah itu sendiri hingga rekomendasi universitas buat kamu yang mau kuliah di jurusan ini. Semoga bermanfaat!

PS: Jika kamu belum yakin dengan jurusan kuliah pilihanmu, saya anjurkan kamu untuk membaca artikel Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)