Jurusan Manajemen Perhotelan adalah salah satu jurusan yang cukup ramai peminatnya. Mungkin kamu adalah salah satunya? Melihat prospek pekerjaan dan berkembangnya industri perhotelan di Indonesia, wajar kalau jurusan ini cukup ramai diminati.

Yang menjadi pertanyaan, apakah kuliah di Jurusan Manajemen Perhotelan hanya diajar untuk memasak dan membersihkan kamar?

Buat kamu yang belum tahu tentang jurusan ini, yuk simak ulasan tentang Jurusan Manajemen Perhotelan berikut ini.

Apa itu Jurusan Manajemen Perhotelan?

Manajemen Perhotelan adalah jurusan yang mengembangkan pengetahuan dan kemampuan di bidang perhotelan secara vokasional dan managerial. Dalam jurusan ini, mahasiswa tidak hanya belajar kemampuan-kemampuan vokasional seperti memasak, housekeeping, dan front office service, melainkan juga mendapatkan mata kuliah yang berbau ekonomi dan manajemen.

Juga, mahasiswa jurusan ini tidak hanya duduk mendengar teori, melainkan juga melakukan praktek seperti bisnis, tata boga, patiseri, pelayanan katering, manajemen proyek, dan lain-lain.

praktik mahasiswa manajemen perhotelan

Dengan demikian, lulusan Manajemen Perhotelan tidak hanya siap dalam keahlian vokasional, tetapi juga memiliki kelebihan dalam hal manajerial dan operasional yang bisa diterapkan tidak hanya di industri perhotelan, tetapi juga di industri lainnya.

Oh ya, perlu kamu ketahui juga, bahwa Jurusan Manajemen Perhotelan berbeda dengan Jurusan Perhotelan. Bedanya, Jurusan Manajemen Perhotelan tidak hanya membekali mahasiswanya dengan kemampuan motorik vokasional, tetapi juga dengan ilmu manajerial, ekonomi, dan bahasa asing, sehingga lulusannya diharapkan bisa bersaing lebih baik di dunia kerja.

Mengapa Memilih Jurusan ini?

mahasiswi jurusan manajemen perhotelan
Sumber gambar: http://stpbi.ac.id

Setamat kuliah, lulusan jurusan ini akan bekerja di industri perhotelan. Industri ini merupakan industri yang sangat berprospek. Satu hal yang perlu diketahui tentang industri ini ialah bahwa industri perhotelan tidak bisa digantikan dengan artificial intelligent seutuhnya. Meskipun sudah banyak kamu temui beberapa restoran menggunakan robot, namun itu hanyalah pekerjaan kasarnya. Pelayanan dalam dunia perhotelan hanya bisa dilakukan oleh manusia. Itulah mengapa karir di industri perhotelan tidak ada matinya.

Mata Kuliah di Jurusan Manajemen Perhotelan

Kampus yang membuka program studi Manajemen Perhotelan mempunyai kebijakan masing-masing. Ada kampus yang menawarkan Jurusan Manajemen Perhotelan tingkat diploma, dan ada juga yang tingkat sarjana.

Perbedaan tingkat pendidikan memiliki konsekuensi adanya mata kuliah yang hanya didapat pada tingkat sarjana, tetapi tidak didapat di tingkat diploma.

Biasanya, mata kuliah yang didapat di tingkat sarjana adalah mata kuliah yang terkait bidang ekonomi dan manajemen, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Akuntansi
  • Perpajakan
  • Manajemen keuangan, sumber daya manusia, dll
  • Ekonomi mikro dan makro
  • Pengantar bisnis

Gelar Sarjana dan Prospek Kerja

Program studi Manajemen Perhotelan biasanya ada di tingkat program pendidikan diploma III (D-III), diploma IV (D-IV), dan program pendidikan sarjana (S1).

Baca juga: Perbedaan D3 dan S1 serta S1 Ekstensi

Khusus mereka yang menyelesaikan program pendidikan sarjana, lulusannya akan mendapatkan gelar khusus.

Biasanya, gelar sarjana yang akan didapat oleh lulusan Manajemen Perhotelan adalah S.M (Sarjana Manajemen).  Ada juga yang bergelar S.Par (Sarjana Pariwisata), S.E (Sarjana Ekonomi), dan S.TR.Par (Sarjana Terapan Pariwisata). Namun hal itu kembali ke ketentuan universitas yang bersangkutan.

Melihat fakta semakin banyaknya hotel di Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya, bisa dikatakan prospek kerja lulusan Manajemen Perhotelan cukup cerah.

Lulusan Manajemen Perhotelan banyak dilirik oleh hotel-hotel berbintang kelas atas dengan posisi-posisi menggiurkan seperti general manager, HRD, Head Chef, Financial manager, Project manager, dan masih banyak lagi.

Universitas yang ada Jurusan Manajemen Perhotelan

fakultas pariwisata dan perhotelan unp
Gedung Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Program studi Manajemen Perhotelan boleh dibilang jarang ada di perguruan tinggi di Indonesia. Hanya segelintir perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Buat kamu yang berminat kuliah di jurusan ini, berikut ini beberapa perguruan tinggi yang bisa kamu masuki.

  1. Politeknik Internasional Bali, Bali
  2. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali Internasional, Bali
  3. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan, Tangerang
  4. Sekolah Tinggi Pariwisata Riau, Pekanbaru
  5. Universitas Airlangga, Surabaya
  6. Universitas Dhyana Pura, Bali
  7. Universitas Negeri Padang, Padang
  8. Universitas Kristen Petra, Surabaya

Selain beberapa perguruan tinggi di atas, ada juga perguruan tinggi lainnya yang menggabungkan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata sebagai satu jurusan, seperti yang dilakukan oleh Universitas Lintas Internasional Indonesia dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bali International.

Demikian beberapa informasi penting mengenai program studi Manajemen Perhotelan yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan memilih prodi ini. Semoga bermanfaat!

Penulis

Sehari-hari kuliah di Jurusan Manajemen Perhotelan UK Petra, dan saat ini berdomisili di Sidoarjo, Jawa Timur. Selain membaca buku dan bersepeda, Clarenza juga hobi menulis.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)