Bahasa Inggris sudah lama menjadi bahasa komunikasi internasional. Bahasa ini sudah banyak digunakan di banyak negara yang bukan penutur aslinya. Selain sebagai bahasa komunikasi, Bahasa Inggris dipilih sebagai bahasa pengantar pada banyak bidang, seperti teknologi dan kedokteran. Jurusan Sastra Inggris bisa menjadi pilihan bagi kamu usai tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jika memang tertarik menekuni bahasa asing ini.

Nah, buat kamu yang mempertimbangkan jurusan ini sebagai jurusan yang akan kamu ambil saat kuliah nanti, yuk ketahui informasi-informasi ini terlebih dahulu, supaya kamu lebih yakin dengan pilihanmu atau memikirkan ulang jurusan kuliah yang akan kamu pilih nantinya.

Apa Itu Jurusan Sastra Inggris?

Jurusan Sastra Inggris berbeda dengan mengambil kursus Bahasa Inggris. Kursus Bahasa Inggris umumnya menawarkan materi terkait kecakapan Menulis, Berbicara, Mendengarkan, Membaca, hingga pilihan persiapan untuk mengikuti Test of English as Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Testing System (IELTS).

Sementara itu, Jurusan Sastra Inggris memberikan materi yang lebih luas. Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris nantinya akan mempelajari tentang linguistik bahasa Inggris, kesusastraan Inggris, budaya hingga pemikiran kritis dengan pijakan lintas ilmu, mulai dari sejarah, psikologi hingga filsafat.

Mata Kuliah di Jurusan Sastra Inggris

Pada dua tahun pertama, kamu akan banyak mempelajari mengenai bahasa Inggris dalam empat keahlian utamanya, yakni membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis. Namun, dari ke-4 keahlian tersebut, ada satu mata kuliah yang tetap akan kamu pelajari hingga menjelang lulus kuliah, yaitu menulis.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pelajaran tentang linguistik, semantik, morfologi, telaah novel, drama, puisi, sastra terapan, fonetik dan masih banyak lagi yang bersifat wajib. Kesemuanya ada yang beberapa level mengikuti semester yang diambil. Mayoritas bahan kuliah mengambil Sastra Inggris klasik, yang memang sudah diakui sebagai karya sastra kelas tinggi, seperti yang ada di Abad Pertengahan dan Renaissance. Sebagai contoh, nantinya kamu akan banyak membahas fiksi karya William Shakespeare, Daniel Defoe hingga puisi milik William Wordsworth atau Percy Bysshe Shelley.

Ada juga beberapa mata kuliah mengenai Sastra Amerika Serikat, yang sifatnya pilihan. Kamu yang tertarik tentang perbudakan bisa memilih Black Literature, misalnya. Sebagai tambahan, ada beberapa mata kuliah wajib lintas jurusan. Di sini, kamu akan belajar tentang dasar filsafat yang diampu oleh dosen Fakultas Filsafat, atau arkeologi oleh dosen Jurusan Arkeologi.

Untuk bisa melewati semua mata kuliah dengan nilai bagus, kamu harus memahami pelajaran dan mengerjakan tugas-tugas dengan sebaik mungkin. Untuk itu, keahlian bahasa Inggris yang mumpuni mutlak harus dimiliki. Karena itu, ada baiknya kamu mengasah kemampuan bahasa Inggris jauh-jauh hari sebelum menjadi mahasiswa Sastra Inggris. Semakin bagus penguasaan bahasa Inggrismu, mengikuti perkuliahan di jurusan ini akan semakin mudah dan menyenangkan.

Manfaat Kuliah di Jurusan Ini?

Belajar di jurusan ini memberikan banyak manfaat, mulai dari yang bersifat terapan hingga mempersiapkan mahasiswanya menjadi pemikir di bidang ini. Kamu nantinya bisa berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris lebih baik lagi. Pengetahuan kamu tentang Sastra Inggris juga akan bertambah berkat intensitas membaca yang tinggi dan diskusi dalam perkuliahan sehari-hari. Kesemuanya dapat menjadi bekal terjun ke lapangan kerja saat lulus.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Inggris

Lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan ini cukup beragam. Banyak yang memilih karir sebagai pegawai negeri sipil (PNS), dimana tugas mereka nantinya menjadi penerjemah, interpreter atau staf pada bagian kerjasama internasional. Menjadi penerjemah berarti kamu mengalihbahasakan dari bahasa asli, misalkan bahasa Indonesia, ke bahasa Inggris, dan sebaliknya. Interpreter mempunyai dasar pekerjaan yang mirip dengan penerjemah. Hanya saja, profesi interpreter lebih berupa percakapan, sedangkan penerjemah berupa tulisan. Menjadi staf pada bagian hubungan internasional berarti kamu nantinya banyak membantu staf lainnya berdiskusi atau bernegosiasi dengan pihak luar negeri menggunakan Bahasa Inggris.

Selain itu, ada pula lulusan jurusan ini yang memilih menjadi pengajar, baik dosen, guru les privat, ataupun guru pada kursus bahasa Inggris. Profesi lainnya yang banyak diminati yakni menjadi penulis, baik penulis novel atau penulis konten, dan juga editor. Tak sedikit pula yang menekuni dunia jurnalisme.

Sebagai contoh saya usai lulus memilih menjadi wartawan harian berbahasa Inggris di Jakarta karena saya menyukai dunia jurnalisme. Meski saat kuliah saya tidak mendapat ilmu jurnalisme, kemampuan menulis saya dalam Bahasa Inggris membuat saya diterima di koran tersebut.

Jurusan Sastra Inggris Terbaik di Indonesia?

Sampai artikel ini ditulis, belum ada hasil riset yang bisa menjadi dasar untuk menjawab pertanyaan “Jurusan Sastra Inggris terbaik di Indonesia ada di mana?”

Namun, kami tetap menyarankan, jika kamu ingin kuliah di Jurusan Sastra Inggris yang bermutu, usahakan untuk kuliah di kampus yang Jurusan Sastra Inggris-nya sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Dan untuk memudahkan kamu, kami sudah menyusun daftar kampus yang memenuhi kriteria tersebut dan menyusunnya per kota besar di Indonesia. Silakan lihat daftar di bawah ini dan sesuaikan dengan kota terdekat dengan tempat tinggal kamu, ya.

Jurusan Sastra Inggris di Jakarta yang sudah terakreditasi A:

  • Universitas Bunda Mulia
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Bina Nusantara

Jurusan Sastra Inggris di Surabaya yang sudah terakreditasi A:

  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Kristen Petra

Jurusan Sastra Inggris di Bandung yang sudah terakreditasi A:

Jurusan Sastra Inggris di Medan yang sudah terakreditasi A:

Perguruan tinggi lainnya yang Sastra Inggrisnya sudah terakreditasi A:

  • Institut Agama Islam Negeri Surakarta
  • Universitas Ahmad Dahlan – Yogyakarta
  • Universitas Brawijaya – Malang
  • Universitas Dian Nuswantoro – Semarang
  • Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta
  • Universitas Indonesia – Depok, Jawa Barat
  • Universitas Islam Sultan Agung – Banten
  • Universitas Ma Chung – Malang
  • Universitas Negeri Makassar
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Sanata Dharma – Yogyakarta
  • Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Universitas Udayana – Bali

Penutup

Demikian sekelumit pembedahan kami tentang jurusan ini. Semoga memberikan bekal bagi kamu yang melirik jurusan ini sebagai pilihan untuk kepentingan di masa depan.


Featured image by dorian2013 from Getty Images Pro / Canva Pro

Penulis

Penulis dan penerjemah yang doyan membaca novel Inggris klasik. Alumni Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada, lulus tahun 2007.

2 Komentar

    • Hi Hikma, kalau pertanyaannya tentang universitas jurusan sastra inggris terbaik, kami belum tahu. Tapi Jurusan Sastra Inggris UNDIP sudah terakreditasi A, kok.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup