Ma’soem University adalah salah satu universitas swasta di Jawa Barat. Baru diresmikan pada April 2019 lalu, karena itu wajar masih banyak calon mahasiswa Indonesia yang mengetahui tentang kampus ini.

Nah, buat kamu calon mahasiswa terutama yang tinggal di Jawa Barat dan ingin mengetahui lebih dalam sebelum memutuskan kuliah di kampus ini, silakan simak pembahasan berikut ini, ya!

Sejarah Pendirian

Ma’soem University diresmikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ak.Ph.D di Jatinangor, Bandung, pada tanggal 9 April 2019.

Adapun pihak yang mendirikan universitas ini adalah Yayasan Pendidikan Al-Ma’soem atau yang biasa juga disebut Yayasan Al-Ma’soem.

Fakultas dan Jurusan

gedung ma'soem university

Ma’soem University pada saat artikel ini ditulis sudah memiliki lima fakultas dan delapan jurusan untuk program pendidikan D3 dan S1.

Kelima fakultas dan kedelapan jurusan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Ekonomi Bisnis Islam
  2. Fakultas Komputer
    • Jurusan Sistem Informasi (S1)
    • Jurusan Manajemen Informatika (D3)
    • Jurusan Komputerisasi Akuntansi (D3)
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
    • Jurusan Bimbingan dan Konseling (S1)

Fasilitas

Berbicara tentang suatu universitas tak lengkap jika tidak membahas fasilitasnya. Sebagai calon mahasiswa, kamu ingin tahu fasilitas apa saja yang ada di kampus ini, bukan?

Ma’soem University, sebagaimana universitas pada umumnya, memiliki gedung perkuliahan untuk kegiatan belajar-mengajar, masjid, perpustakaan, area parkir luas, dan juga tersedia banyak fasilitas olahraga, seperti gelanggang renang, lapangan sepak bola, lapangan futsal, dan lapangan basket.

fasilitas olahraga di ma'soem university

Di antara fasilitas yang ada di Ma’soem University, ada satu fasilitas yang patut untuk dibahas lebih lanjut, yaitu asrama mahasiswa.

Asrama mahasiswa Ma’soem University didirikan dalam rangka untuk memberikan tempat penunjang fasilitas akademik bagi para mahasiswa Ma’soem University berupa tempat tinggal sementara bagi mahasiswa yang membutuhkan dan telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan pihak kampus.

Apa saja ketentuan yang menjadi syarat untuk bisa tinggal di asrama mahasiswa Ma’soem University?

Ada dua:

  1. Status mahasiswa aktif di Ma’soem Universiy.
  2. Bersedia mematuhi tata-tertib yang berlaku di asrama.

Rencananya, asrama mahasiswa ini bukan hanya menjadi tempat beristirahat para mahasiswa saja, tetapi di dalamnya juga akan dikembangan berbagai macam program untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam kememimpinan, keterampilan berwirausaha, keahlian menulis, dan program lainnya yang bermanfaat untuk masa depan para mahasiswa. 


Demikian pembahasan tentang Ma’soem University, mulai dari sejarah pendirian, fakultas, jurusan, dan

Semoga informasi ini membantu kamu dalam menentukan pilihan akan kuliah di mana.(*)

Sumber gambar: masoemuniversity.ac.id/galeri-foto.php

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup