Biaya pendidikan saat ini sangat mahal bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Semua orang pasti menginginkan kemudahan guna mewujudkan impian di masa mendatang. Nah, berbicara tentang biaya pendidikan yang makin mahal, pasti dalam pikiran kita terlintas sebuah istilah yang bernama beasiswa. Apa pengertian beasiswa, apa saja jenisnya, dan apa tips mendapatkan beasiswa? Untuk mengetahui jawaban semua pertanyaan tersebut, mari simak pembahasan berikut ini.

Pengertian Beasiswa

Apa pengertian beasiswa?

Merujuk kepada Wikipedia, beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan dan digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan, maupun yayasan.

Beasiswa biasanya berbentuk uang. Hanya saja, pemberiannya dapat dilakukan secara cuma-cuma maupun berupa ikatan kerja selesai pendidikan yang dijalani oleh si penerima beasiswa.

Jenis Beasiswa

Beasiswa ada beberapa jenis. Masing-masing jenis diberikan pada orang yang berbeda, dengan syarat yang berbeda pula. Apa saja jenis beasiswa itu? Berikut penulis paparkan.

1. Beasiswa untuk Pelajar dari Keluarga Kurang Mampu

apa itu beasiswa
Ilustrasi oleh hadiesaputra dari Pixabay

“Tiap-tiap warga Negara berhak mendapatkan pengajaran.” Hak setiap warga Negara tersebut telah tercantum dalam Pasal 31 (1) Undang-Undang Dasar 1945. Berdasarkan pasal tersebut, pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi, dan masyarakat berkewajiban memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan. Untuk menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, diperlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, bagi setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orangtuanya kurang mampu dalam membiayai pendidikannya, dan berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang membutuhkannya.

Di Indonesia, bantuan beasiswa kurang mampu memang telah dicanangkan demi memutus mata rantai kemiskinan. Oleh sebab itu, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas memiliki program bantuan kurang mampu (khususnya sekolah negeri). Di beberapa daerah bahkan telah menggratiskan biaya sekolah untuk jenjang wajib belajar 9 tahun.

Namun, bagi kamu yang ingin melanjutkan studinya ke tingkat perguruan tinggi, tidak perlu khawatir. Beberapa universitas di Indonesia memiliki program beasiswa bagi calon mahasiswa ataupun mahasiswa yang datang dari keluarga yang memiliki perekonomian yang kurang.

Setiap perguruan tinggi yang memiliki program beasiswa kurang mampu memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Namun, secara umum, persyaratan yang harus kamu lengkapi untuk memperoleh beasiswa ini adalah:

  • Untuk calon mahasiswa: ijazah SMA/SMK
  • Untuk mahasiswa: memenuhi target nilai IP (tergantung kebijakan tiap universitas).

Adapun dokumen yang biasanya harus disertakan antara lain:

  • Surat Keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan setempat
  • Fotokopi slip gaji orangtua
  • Fotokopi kartu keluarga

2. Beasiswa Prestasi

jenis beasiswa
Jenis beasiswa yang kedua adalah beasiswa untuk pelajar yang berprestasi (sumber gambar: Alexas_Fotos/Pixabay.com).

Beasiswa ini diberikan kepada kamu yang memiliki prestasi, baik di bidang akademik, non-akademik, maupun ekstrakurikuler. Beasiswa ini memberikan kesempatan kepada kamu untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Besarnya beasiswa yang diberikan tergantung pada nilai SMA dan nilai test masuk universitas (besarnya nilai tergantung kebijakan tiap universitas). Beasiswa prestasi tidak melihat latar belakang kondisi keuangan tiap keluarga penerima beasiswa. Jadi, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama besar untuk mendapatkan beasiswa prestasi.

Tips Mendapatkan Beasiswa

Bemodal cerdas saja tidak cukup untuk mendapatkan beasiswa. Ada banyak hal yang perlu disiapkan dan dilakukan agar dapat memperoleh beasiswa. Nah, beberapa tips mendapatkan beasiswa berikut ini bisa kamu lakukan untuk memperbesar kemungkinanmu dalam mendapatkan beasiswa.

1. Kumpulkan informasi selengkap mungkin

Kamu pasti sering melihat adanya iklan beasiswa yang diinformasikan lewat berbagai media massa, bukan? Jika salah satunya ada yang menarik perhatian kamu, jangan segan-segan untuk berusaha memperolehnya. Kumpulkan berbagai informasi tentang program beasiswa yang kamu inginkan tersebut. Dari mana, bagaimana, dan seperti apa programnya, semua itu harus kamu ketahui. Hal ini bertujuan supaya kamu benar-benar dapat memanfaatkan beasiswa tersebut demi terwujudnya cita-cita.

2. Pelajari baik-baik isi formulir pendaftaran

Pelajari keseluruhan isi formulir, mulai dari syarat, ketentuan, serta hal-hal yang tidak diperbolehkan selama kamu terikat dengan beasiswa tersebut. Jangan sampai di kemudian hari kamu merasa terbebani dengan syarat-syarat yang telah disetujui tersebut. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati ketika membaca dan mengisi formulir pendaftaran.

3. Yakinkan diri bahwa kuliah di universitas impian bukan keharusan

Sebagai calon mahasiswa, kamu pasti memiliki universitas impian. Nah, perlu kamu pahami bahwa ketika kamu mengikuti program beasiswa, ada kemungkinan kamu tidak bisa kuliah di universitas impianmu, karena ada beberapa program beasiswa yang sudah menentukan universitas mana yang bisa dituju oleh penerima beasiswa.

Demikian pembahasan tentang pengertian, jenis, dan tips mendapatkan beasiswa.

Jika kamu seorang calon mahasiswa dan ingin kuliah S1 dengan bantuan beasiswa, kami sudah menyediakan artikel khusus tentang itu, yang berjudul: Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Program Pendidikan Sarjana (S1). Selamat membaca!

* Diolah dari berbagai sumber

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup