Politeknik Negeri Padang (disingkat PNP atau Poltek Padang) adalah salah satu tujuan lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di kota Padang.

Jika kamu seorang calon mahasiswa yang berminat kuliah di PNP, maka sudah tentu kamu perlu mengetahui beberapa informasi penting seperti info profil dan akreditasi jurusan sebelum memutuskan jadi kuliah di kampus ini.

Berikut ini profil PNP dan akreditasi jurusannya yang terbaru (2020).

Kita mulai dengan membahas profil PNP terlebih dahulu.

Profil Politeknik Negeri Padang

Politeknik Negeri Padang
Politeknik Negeri Padang

PNP adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Padang, Sumatera Barat, yang didirikan pada tahun 1987.

Pada waktu awal berdirinya, kampus ini menggunakan nama Politeknik Engineering Universitas Andalas, dan jurusan yang dibuka waktu itu baru Jurusan Teknik Mesin, Sipil, Listrik dan Elektronika Komunikasi.

Pada tahun 1997, diputuskan untuk menghilangkan kata ‘Engineering’ sehingga namanya berubah menjadi “Politeknik Universitas Andalas”, karena waktu itu ada beberapa jurusan baru non-teknik, yaitu Jurusan Akuntansi dan Administrasi Bisnis.

Seiring waktu, Politeknik Universitas Andalas memutuskan untuk menjadi lebih mandiri dan terpisah dari Universitas Andalas yang menaunginya selama ini, sehingga namanya diubah menjadi seperti yang kita kenal sekarang, yaitu Politeknik Negeri Padang.

dalam gedung politeknik negeri padang
Sumber: www.pnp.ac.id

PNP beralamat di Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang 25164.

Secara institusi, PNP sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 764/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2015. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2015 hingga tanggal 10 Juli 2020.

Demikian sekilas profil PNP. Informasi lebih lengkap tentang PTN ini bisa diperoleh dengan mengunjungi situs resminya di www.pnp.ac.id.

Setelah mengetahui profil PNP, selanjutnya mari kita ketahui apa saja jurusan yang ada di sana beserta status akreditasinya.

Jurusan di Politeknik Negeri Padang dan Akreditasinya (2020)

Pimpinan Politeknik Negeri Padang

pimpinan politeknik negeri padang

Saat ini, PNP dipimpin oleh Bapak Surfa Yondri, ST., SST., M. Kom selaku direktur dan dibantu oleh para wakil direktur, yaitu:

  1. Revalin Herdianto, ST., M.Sc., Ph.D sebagai Wakil Direktur I
  2. Anton., ST. MT sebagai Wakil Direktur II
  3. Junaldi., ST. M. Kom sebagai Wakil Direktur III

Tugas direktur adalah menyusun rencana, mengkoordinasikan, mengarahkan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, membina tenaga kependidikan, mahasiswa, tenaga administrasi Politeknik serta hubungannya dengan lingkungan serta merumuskan kebijaksanaan teknik bidang akademik, administrasi dan keuangan, kemahasiswaan serta hubungan dengan industri berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja.

Demikian beberapa informasi penting tentang Politeknik Negeri Padang yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa sebelum memutuskan kuliah di kampus ini.

Dari banyaknya jurusan yang ada di kampus ini, jurusan apa yang rencananya kamu pilih? Tulis jurusan pilihanmu di kolom komentar, ya!

Tanya-Jawab Seputar PNP

#1 Apa visi PNP?

Pada tahun 2025 menjadi institusi pendidikan vokasional terbaik di Asia Tenggara, bermartabat, dan berwawasan internasional (Sumber: www.pnp.ac.id/?page_id=888).

#2 PNP sudah bekerjasama dengan pihak mana saja?

Politeknik Negeri Padang telah menjalin berbagai kerjasama dengan industri, stake holder maupun instansi, baik instansi pemerintah, BUMN, dan lembaga Asosiasi Profesi lainnya (Sumber: www.pnp.ac.id/?page_id=1307)

#3 Apa saja fasilitas yang ada di PNP?

Politeknik Negeri Padang memiliki beragam fasilitas sebagaimana yang umumnya dimiliki oleh kampus-kampus besar. Di antaranya ialah perpustakaan, laboratorium, ruang serbaguna, berbagai fasilitas olahraga, dan workshop serta bengkel yang biasanya menjadi tempat praktik mahasiswa Teknik.

#4 Siapa Direktur PNP saat ini?

Direktur PNP saat ini ialah Bapak Surfa Yondri, ST., SST., M.Kom.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada 26 Juli 2019. Update terakhir: 1 Mei 2020.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui CalonMahasiswa.com membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup