Ternyata banyak juga yang mencari informasi tentang cara download sertifikat akreditasi BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Dan biasanya, yang mencari informasi ini adalah para alumni perguruan tinggi yang ingin mendaftarkan diri menjadi pegawai negeri sipil atau PNS.

Walaupun CalonMahasiswa.com adalah situs informasi untuk calon mahasiswa, tapi tidak mengapa menyediakan informasi yang bisa membantu para alumni perguruan tinggi.

Baiklah kakak-kakak alumni, berikut ini informasi tentang cara download sertifikat akreditasi BAN PT.

Cara Download Sertifikat Akreditasi BAN PT (1)

contoh sertifkat akreditasi jurusan ban pt
Contoh sertifikat akreditasi jurusan yang berhasil saya download

Salah satu syarat pendaftaran CPNS adalah calon pendaftar harus mencantumkan Sertifikat Akreditasi Jurusan sesuai dengan program studi masing-masing.

Cara termudah untuk mendapatkan sertifikat akreditasi tersebut adalah dengan mengunjungi kampus masing-masing dan memintanya secara langsung ke bagian akademik.

Namun, bagi sebagian orang, tentu saja mendatangi kampus adalah hal yang merepotkan, apa lagi kalau kampusnya jauh atau berada di luar kota bahkan luar pulau.

Nah, berikut ini adalah cara yang umum dilakukan untuk mendapatkan sertifikat akreditasi BAN-PT tanpa harus mendatangi kampus.

[1] Kunjungi situs resmi kampus tempat Anda kuliah dulu. Jika kampus Anda, tiap-tiap fakultasnya memiliki situs tersendiri, silakan kunjungi situs fakultas tempat Anda kuliahnya dulu.

Contoh:

Karena saya kuliah di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, maka saya tidak mengunjungi uinjkt.ac.id, melainkan fah.uinjkt.ac.id.

[2] Di bagian menu utama situs yang biasanya terletak di bagian atas, cari kata “akreditasi” atau “sertifikat”.

[3] Jika Anda menemukannya, silakan klik menu tersebut dan download sertifikat akreditasi jurusan yang Anda butuhkan.

[4] Soft copy sertifikat akreditasi jurusan biasanya dalam format pdf yang bisa Anda print di rumah atau di tempat jasa fotocopy terdekat di kediaman Anda.

Cara Download Sertifikat Akreditasi BAN PT (2)

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara yang kedua, yaitu langsung mengunjungi Google.co.id dan mengetikkan kata kunci sertifikat akreditasi jurusan [nama jurusan Anda + nama kampus Anda].

Contoh:

Karena saya kuliah di Jurusan Tarjamah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, maka kata kunci yang saya ketikkan adalah sertifikat akreditasi jurusan tarjamah uin jakarta.

Dan hasilnya akan muncul seperti ini:

contoh hasil pencarian kata kunci sertifikat akreditasi jurusan

Hasil pencarian langsung memunculkan halaman yang berisi kumpulan sertifikat akreditasi jurusan yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ( http://fah.uinjkt.ac.id/sertifikat/ ).

Silakan lakukan cara di atas dan nama jurusan serta kampusnya silakan sesuaikan dengan jurusan dan kampus tempat Anda kuliah dahulu.


Sebagian situs perguruan tinggi ada yang sudah menyediakan soft copy sertifikat akreditas jurusan sehingga siapa pun yang membutuhkannya, bisa langsung mendownloadnya lalu mencetaknya.

Berikut ini beberapa perguruan tinggi yang sudah menyediakan halaman khusus untuk memudahkan alumninya dalam mendapatkan soft copy sertifikat akreditasi jurusan.

Penutup

Demikian informasi tentang cara memperoleh sertifikat akreditasi BAN-PT tanpa harus mengunjungi kampus.

Semoga informasi dalam artikel ini membantu, dan jangan lupa, tolong kabarkan teman-teman Anda, siapa tahu mereka membutuhkan informasi ini juga.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup