Jika kamu berencana kuliah di Yogyakarta, maka UIN Sunan Kalijaga adalah salah satu pilihan yang tepat. Namun, sebelum memutuskan kuliah di kampus tersebut, sebaiknya kamu mengetahui daftar jurusan di UIN Yogyakarta dan akreditasinya.

Sebab, walaupun secara institusi, UIN Sunan Kalijaga sudah terakreditasi A, tapi belum tentu jurusan yang kamu tuju itu juga terakreditasi A. Siapa tahu B, atau bisa jadi C?

Nah, biar lebih jelas tentang akreditasi jurusan di UIN Yogyakarta yang kamu tuju, yuk cari tahu akreditasi jurusan pilihanmu itu sekarang.

Jurusan di UIN Yogyakarta dan Akreditasinya 2020

Demikian informasi tentang daftar jurusan di UIN Yogyakarta dan akreditasinya.

Mengetahui jurusan di UIN Yogyakarta tidak lengkap jika belum tahu profil UIN Sunan Kalijaga itu sendiri.

Berikut ini adalah profil singkat tentang UIN Sunan Kalijaga.

Baca juga: Jurusan di UIN Bandung dan Akreditasinya

Profil UIN Sunan Kalijaga

logo uin yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga adalah sebuah perguruan tinggi Islam negeri yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Marsda Adisucipto Yogyakarta.

UIN Sunan Kalijaga merupakan perguruan tinggi Islam tertua di Indonesia, karena didirikan pada tanggal 26 September 1951.

Awalnya, kampus ini bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga. Namun, sejak 2004, berkembang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) dengan membuka beberapa fakultas baru.

Nama UIN Sunan Kalijaga diambil dari salah satu kelompok penyebar agama Islam di Jawa, salah seorang dari Walisongo, yaitu Sunan Kalijaga.

UIN Sunan Kalijaga memiliki visi unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan keislaman dan keilmuan bagi peradaban.

masjid uin sunan kalijaga
Sumber: uin-suka.ac.id

Adapun misi UIN Sunan Kalijaga adalah sebagai berikut:

  1. Memadukan dan mengembangkan studi keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan dalam pendidikan dan pengajaran.
  2. Mengembangkan budaya ijtihad dalam penelitian multidisipliner yang bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta institusi dalam menyelesaikan persoalan bangsa berdasarkan pada wawasan keislaman dan keilmuan bagi terwujudnya masyarakat madani.
  4. Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Demikian informasi seputar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semoga informasi ini bermanfaat.

Selamat kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta!


Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada 4 Mei 2019. Update terakhir: 19 Mei 2020.

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

2 Komentar

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Kalau iya, yuk share ke temen-temen kamu, biar mereka juga dapat manfaat yang sama. ๐Ÿ˜Š