Bintaro adalah sebuah kawasan yang sebagian wilayanya masuk kabupaten Tangerang Selatan, dan sebagiannya lagi masuk kota Jakarta Selatan. Bintaro terkenal dengan perumahan mewah, jalanan-jalanan yang lebar, dan keberadaan pusat perbelanjaan yang besar. Namun, tahukah kamu, bahwa juga terdapat cukup banyak kampus atau universitas di Bintaro yang kualitasnya cukup baik? Penasaran?

Biar gak penasaran, yuk langsung aja simak daftar universitas di Bintaro dan profil kampus serta info akreditasinya berikut ini, ya!

Universitas di Bintaro

1. Universitas Pembangunan Jaya

Universitas Pembangunan Jaya (disingkat UPJ) adalah universitas swasta di Bintaro yang didirikan pada tanggal 25 Februari 2011 oleh Grup Jaya, sebuah perusahaan yang berpengalaman di bidang pembangunan properti dan infrastruktur di berbagai kota di Indonesia, serta juga berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan dasar dan menengah yang berkualitas sejak tahun 1992.

universitas pembangunan jaya bintaro
Gedung Universitas Pembangunan Jaya” by Irfanhidayat20 is licensed under CC BY-SA 4.0

Kampus UPJ beralamat di Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413.

Secara akreditasi institusi, UPJ sudah mendapatkan akreditasi B yang berlaku dari tahun 2018 hingga tanggal 27 November 2023 (No SK: 300/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018).

Adapun secara akreditasi jurusan, berdasarkan data BAN-PT, ada 10 jurusan di UPJ yang sudah terakreditasi B. Tidak ada jurusan yang terakreditasi A dan C. Berikut ini daftar jurusan di UPJ beserta status akreditasinya.


Demikian pembahasan singkat tentang profil UPJ. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lengkap tentang kampus ini, silakan kunjungi: www.upj.ac.id.

2. Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) – Kampus Bintaro

Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) kampus pusatnya berada di Jakarta Selatan. Namun, universitas ini juga memiliki kampus di Bintaro, tepatnya di Jalan Bintaro Permai No 3, yang diberi nama ‘Graha R.A. Soepartien Moestopo’.

Universitas yang didirikan pada tahun 1962 oleh Mayor Jenderal (Purn) Prof. Dr. Moestopo dan Ibu R.A. Soepartin Moestopo ini, sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dan akreditasi tersebut berlaku dari tahun 2015 hingga 2020 (No SK: 222/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015).

Sama halnya dengan UPJ, jurusan di Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) yang sudah terakreditasi berjumlah 10. Berikut ini daftar nama-nama jurusan tersebut dan peringkat akreditasinya.


Demikian profil singkat tentang Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) dan info akreditasinya, baik secara institusi maupun jurusan.

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut tentang Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), silakan kunjungi website resminya di moestopo.ac.id.

Kampus di Bintaro Non-Universitas

1. Politeknik Keuangan Negara STAN

pkn stan bintaro
Sumber: dionseven.com

Terdapat kampus di Bintaro yang bentuknya bukan universitas. Salah satunya ialah Politeknik Keuangan Negara STAN (disingkat PKN STAN).

Apa itu PKN STAN?

PKN STAN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang semula bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Di dalamnya terdapat beberapa jurusan yang berhubungan dengan ‘keuangan’ seperti Akuntansi, Pajak, dan Manajemen Keuangan.

Demikian pembahasan singkat tentang perguruan tinggi yang ada di Bintaro. Semoga bermanfaat!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup