Apabila kamu berencana kuliah di salah satu universitas di Kalimantan, baik Kalimantan Timur, Selatan, Barat, Tengah, dan Utara, maka kamu sudah mengunjungi artikel yang tepat, karena melalui artikel ini, saya akan berbagi informasi seputar perguruan tinggi jenis universitas yang ada di Kalimantan.

Untuk memudahkan pembaca dalam menyimak isi artikel ini, saya berinisiatif untuk membagi artikel ini ke dalam beberapa sub pembahasan berdasarkan provinsi.

Universitas di Kalimantan Timur (Kaltim)

Di Kaltim terdapat banyak universitas. Di antaranya adalah Universitas Mulawarman, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Universitas Widya Gama Mahakam, Universitas Balikpapan, dan masih banyak lagi lainnya.

Dari sekian universitas tersebut, sayangnya, baru satu saja yang sudah terakreditasi A, yaitu Universitas Mulawarman. Untuk memperkenalkan Universitas Mulawarman kepada pembaca, berikut ini kami sajikan profil singkatnya.

Universitas Mulawarman

universitas di kalimantan timur
Gedung Rektorat Universitas Mulawarman” oleh Arief Rahman Saan (Ezagren) dari Wikipedia

Universitas Mulawarman, disingkat Unmul, adalah sebuah universitas negeri yang memiliki beberapa kampus dengan lokasi berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris, dan Jalan Flores. Semuanya berada di Provinsi Kaltim.

Universitas Mulawarman didirikan pada tanggal 27 September 1962, sehingga menjadikannya sebagai universitas tertua di Kaltim.

Dalam situs Wikipedia disebutkan, Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari 37.000 orang.

Secara institusi, Universitas Mulawarman sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK 1466/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017.

Adapun akreditasi jurusan di Universitas Mulawarman berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada jurusan yang sudah terakreditasi A, ada pula jurusan yang akreditasinya masih B dan C. Di bawah ini adalah data lengkap jurusan di Universitas Mulawarman dan akreditasinya (data diambil dari situs BAN-PT pada tanggal 9 Juni 2019).


Untuk informasi selengkapnya tentang Universitas Mulawarman dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.unmul.ac.id.

Universitas di Kalimantan Selatan (Kalsel)

Di Kalsel terdapat tiga perguruan tinggi jenis universitas, yaitu Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Achmad Yani, dan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary.

Dari ketiga universitas tersebut, baru satu saja yang sudah terakreditasi A, yaitu Universitas Lambung Mangkurat. Berikut ini adalah profil singkat Universitas Lambung Mangkurat dan jurusan yang ada di dalamnya.

Universitas Lambung Mangkurat

universitas lambung mangkurat

[Silakan klik gambar di atas untuk menampilkan video profil Universitas Lambung Mangkurat]

Universitas Lambung Mangkurat adalah universitas negeri yang berlokasi di bagian Selatan Kepulauan Kalimantan. Universitas ini didirikan pada tanggal 21 September 1958. Nama universitas ini diambil dari nama Lambung Mangkurat, seorang patih dari Kerajaan Negara Dipa yang tak terpisahkan dari sejarah Kerajaan Banjar di Kalimantan Selatan.

Secara institusi, Universitas Lambung Mangkurat sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 90/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019.

Adapun akreditasi jurusan di Universitas Lambung Mangkurat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada jurusan yang sudah terakreditasi A, ada pula jurusan yang akreditasinya masih B dan C. Di bawah ini adalah data lengkap jurusan di Universitas Lambung Mangkurat dan akreditasinya (data diambil dari situs BAN-PT pada tanggal 10 Juni 2019).


Untuk informasi selengkapnya tentang Universitas Mulawarman dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi ulm.ac.id.

Universitas di Kalimantan Barat (Kalbar)

Di Kalbar terdapat beberapa universitas. Dari sekian universitas tersebut, yang sudah mendapatkan akreditasi A baru satu saja, yaitu Universitas Tanjungpura. Mari simak profil singkat Universitas Tanjungpura berikut ini.

Universitas Tanjungpura

universitas tanjungpura
Sumber: www.untan.ac.id

Universitas Tanjungpura (disingkat UNTAN) adalah universitas negeri di kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kampusnya mudah dikenali karena ada Tugu Digulis yang berada di bagian muka kampus. Tugu Digulis ini dikenal juga sebagai Bundaran UNTAN.

Sejarah Universitas Tanjungpura cukup unik, karena sempat memiliki beberapa nama sebelum akhirnya ditetapkan dengan nama Universitas Tanjungpura. Awalnya, universitas ini berdiri dengan nama Universitas Daya Nasional didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dan berstatus swasta. Pendiri lembaga tersebut merupakan tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada saat berdiri universitas ini memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat.

Status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai pula dengan dibukanya dua fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah menjadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura, berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Hingga saat ini, UNTAN memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Universitas Tanjungpura sudah mendapatkan akreditasi institusi A dari BAN-PT dengan No SK 165/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019.

Adapun akreditasi jurusan, jurusan-jurusan di Universitas Tanjungpura akreditasinya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ada jurusan yang sudah terakreditasi A, ada pula yang akreditasinya masih B atau C. Di bawah ini adalah data lengkap jurusan di Universitas Tanjungpura dan peringkat akreditasinya (data diambil dari situs BAN-PT pada tanggal 10 Juni 2019).


Untuk informasi selengkapnya tentang Universitas Tanjungpura dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.untan.ac.id.

Universitas di Kalimantan Tengah (Kalteng)

Terdapat cukup banyak universitas di Kalteng. Namun, sayangnya, belum ada satu pun yang terakreditasi A. Paling tinggi B. Berikut ini nama-nama universitas di Kalteng yang sudah mendapatkan akreditasi institusi B dari BAN-PT:

  • Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Poltekkes Kemenkes Palangkaraya
  • Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Universitas Palangka Raya
  • Universitas PGRI Palangka Raya

Universitas di Kalimantan Utara (Kaltara)

Sama halnya dengan universitas di Kalteng, universitas-universitas yang ada di Kaltara pun belum ada satu pun yang terakreditasi A. Paling tinggi adalah B, yaitu Universitas Borneo Tarakan yang merupakan satu-satunya universitas negeri di sana.


Demikian profil masing-masing universitas unggulan di Kaltim, Kalsel, Kalbar, Kalteng, dan Kaltara. Sengaja yang dibahas dalam artikel ini hanya universitas yang sudah terakreditasi A saja, sebagai bentuk penghargaan dari CalonMahasiswa.com kepada universitas-universitas yang telah berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan berkualitas bagi para mahasiswanya.

Semoga ke depannya semakin banyak universitas yang berkualitas di Kalimantan. Dan untuk kamu yang berencana kuliah di Kalimantan, semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan kampus idaman.(*)

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup