Apa yang terlintas dipikiran kamu saat mendengar nama kota Padang? Sate padang, nasi padang atau kuliner lezat lainnya? Yup, Padang memang terkenal dengan kulinernya yang mendunia. Tapi tahukah kamu, selain dijuluki dengan kota asal nasi Padang, kota Padang juga terkenal dengan kota Pendidikan. Hal ini dikarenakan kota Padang memiliki universitas-universitas yang sudah lama berdiri bahkan satu diantaranya adalah universitas tertua di luar pulau Jawa.

Bagi kamu yang berkeinginan melanjutkan kuliah di Kota Padang. 5 universitas yang ada di kota Padang berikut ini bisa kamu jadikan pilihan.

Daftar Universitas di Padang yang Layak Menjadi Pilihan

1. Universitas Andalas

Universitas Andalas adalah salah satu universitas negeri yang terletak di sumatera barat. Universitas yang memiliki akreditasi A ini diresmikan pada 23 desember 1955 dan merupakan universitas pertama dan tertua di luar pulau jawa. Universitas Andalas memiliki beberapa kampus yang tersebar di berbagai wilayah tidak hanya di Padang tetapi juga di luar Padang. Kampus terbesar terletak di wilayah Limau Manih, Padang. Hal menarik dari kampus Limau Manih Universitas Andalas adalah, kampus nya yang bergaya minang modern dan terletak di kawasan perbukitan, desainnya yang dianggap menyerupai markas power rangers, membuat kampus ini dijuluki sebagai kampus power ranger.

Berminat untuk kuliah di Universitas Andalas ? simak dulu yuk fakultas-fakultas yang ada di Universitas Andalas. Universitas Andalas memiliki 15 fakultas untuk S1 yaitu, pertanian, kedokteran, hukum, Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, Peternakan, Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Teknik, Farmasi, Teknologi Pertanian, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Teknologi Informasi dan Kedokteran Gigi.

Universitas yang masuk 100 besar di ASEAN ini diminati tidak hanya mahasiswa lokal, tetapi juga mahasiswa mancanegara. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa asing yang belajar disana.

Website resmi Universitas Andalas https://unand.ac.id/id/

2. Universitas Negeri Padang

Universitas yang awalnya diberi nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Padang ini didirikan pada tanggal 23 Oktober 1954. Universitas negeri Padang dikenal sebagai pencetak calon-calon guru terbaik di Sumatera Barat, meskipun universitas ini terkenal dengan program studi pendidikannya, Universitas Negeri Padang juga memiliki program studi non-pendidikan. Program-program studi yang ada di Universitas Negeri Padang, antara lain  Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Seni, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Ilmu Keolahragaan, Ekonomi, Pariwisata dan Perhotelan.

Sama seperti Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang juga memiliki kampus yang tersebar di berbagai wilayah di Sumatera Barat. Kampus terbesarnya terletak di wilayah air tawar yang sangat strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan dan tempat tongkrongan anak muda kota Padang. Kamu bisa langsung melepas lelah dan stress karena tugas dan kuliah dengan berkeliling pusat perbelanjaan atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati secangkir kopi di kafe.

Website resmi Universitas Negeri Padang http://www.unp.ac.id/

3. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang dulunya dikenal dengan nama IAIN Imam Bonjol. Universitas yang memiliki visi Menjadi Universitas Islam yang Kompetitif di ASEAN Tahun 2037 ini memiliki tiga buah kampus dan ketiganya terletak di Kota Padang. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol memiliki tujuh program studi, yaitu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Studi Agama, Syari’ah, Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Ekonomi dan Bisnis Islam, Adab dan Humaniora dan Pascasarjana.

Website resmi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol http://www.uinib.ac.id/

4. Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta dikenal juga dengan kampus proklamator. Universitas yang dikenal sebagai universitas swasta terbaik di sumatera barat memiliki beberapa kampus yang tersebar di berbagai wilayah di Padang. Saat ini Universitas Bung Hatta memiliki dua kampus utama yaitu, kampus yang terletak di daerah Ulak Karang dan kampus yang terletak di daerah air pacah.

Sama seperti Universitas Negeri Padang, Universitas memiliki program studi pendidikan dan non kependidikan. Program-program studi yang ada di Universitas Bung Hatta meliputi, Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Budaya, Teknik Sipil dan Perencanaan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Teknologi Industri dan Pascasarjana.

Website resmi Universitas Bung Hatta https://www.bunghatta.ac.id/

5. Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah terkenal sebagai universitas swasta dengan jurusan kesehatan terbaik di Padang. Hampir seluruh program studi yang ada di universitas yang didirikan pada tahun 1994 ini adalah kesehatan, tetapi tidak hanya program studi kesehatan, universitas Baiturrahmah juga memiliki program studi non-kesehatan. Program studi yang ditawarkan universitas ini antara lain, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, Radiodiagnostik dan Radioterapi dan Ekonomi.

Universitas Baiturrahmah terletak di daerah air pacah bersebelahan dengan rumah sakit Siti Rahmah Padang. Saat ini universitas Baiturrahmah terkenal dikalangan masyarakat kota Padang karena memiliki sebuah masjid dengan bangunan yang sangat mewah, yang berdiri tepat bersebelahan dengan gedung kampus. Banyak masyarakat yang datang untuk beribadah atau sekedar berkunjung untuk mengagumi keindahan desain bangunan masjid tersebut.

Website resmi Universitas Baiturrahmah https://www.unbrah.ac.id/

Nah, itu dia beberapa penjelasan dan program studi atau bisa fakultas dari lima universitas di Padang yang layak kamu jadikan pilihan. Untuk mengetahui info lebih lengkap, seperti jurusan dari setiap program studi, lokasi dan lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi website resmi dari masing-masing Universitas. Selamat memilih universitas favorit !

Sri Novita
Penulis

Pecinta wisata kuliner dan travelling ini merupakan lulusan Sastra Jepang Universitas Andalas, Padang. Saat ini tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia dan bekerja sebagai Japanese speaker di sebuah perusahaan di sana.

Berikan Komentar