Buat kamu yang berencana kuliah di salah satu universitas di Situbondo, Jawa Timur, penting bagi kamu mengetahui apa saja perguruan tinggi yang ada di kota ini.

Dan tidak hanya mengetahui nama-namanya saja, tetapi penting juga mengetahui profil dari masing-masing kampus.

Untuk membantu kamu dalam memilih perguruan tinggi mana tempatmu melanjutkan pendidikan berikutnya, berikut ini kami sajikan daftar universitas di Situbondo beserta profilnya. Selamat membaca!

Daftar Universitas di Situbondo

1. Universitas Ibrahimy Situbondo

universitas ibrahimy situbondo

[KLIK gambar di atas untuk melihat video profil Universitas Ibrahimy]

Universitas Ibrahimy adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Jalan KHR. Syamsul Arifin, 1-2, Sukorejo Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur 68374.

Universitas Ibrahimy adalah hasil penyatuan dari Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Ibrahimy, APERIK Ibrahimy, dan Akademy Kebidanan (AKBID) Ibrahimy. Penyatuan dan perubahan dari beberapa perguruan tinggi menjadi Universitas Ibrahimy diresmikan pada tanggal 3 Februari 2018 (jatim.antaranews.com, 26/2/2018).

Universitas Ibrahimy saat ini sudah memiliki enam fakultas dan menyelenggarakan program pendidikan diploma, S1, dan S2.

Baca juga: Perbedaan D3 dan S1

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di Universitas Ibrahimy dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi ibrahimy.ac.id.

2. Universitas Abdurrachman Saleh

daftar universitas di situbondo

[KLIK gambar di atas untuk menampilkan video profil Universitas Abdurrachman Saleh]

Universitas Abdurrachman Saleh (disingkat UNARS) adalah sebuah universitas di Situbondo yang beralamat di Jalan PB Sudirman No 07 Patokan Situbondo. Universitas ini didirikan pada tanggal 15 Agustus 1981.

Terdapat enam fakultas di UNARS, yaitu:

  • Ekonomi
  • Pertanian
  • Hukum
  • Sastra
  • PGSD
  • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Berdasarkan pengecekan kami di situs BAN-P pada 1 Juni 2019, UNARS belum terakreditasi.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di UNARS dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi unars.ac.id.

Perguruan Tinggi di Situbondo Non-Universitas

1. STKIP PGRI Situbondo

salah satu kampus di Situbondo

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Situbondo atau biasa disebut STKIP PGRI Situbondo adalah perguruan tinggi swasta yang beralamat di Jalan Argopuro, Mimbaan Tengah, Mimbaan, Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Lembaga ini didirikan pada tanggal 1 November 1980.

STKIP PGRI Situbondo sudah terakreditasi C dengan No SK 314/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015.

Dalam situs BAN-PT, tercatat STKIP PGRI Situbondo baru memiliki tiga jurusan yang sudah terakreditasi, yaitu Jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Teknologi Informasi.

Untuk informasi selengkapnya tentang STKIP PGRI Situbondo dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi stkippgri-situbondo.ac.id.

2. STAI Nurul Huda

Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda atau disingkat STAINH adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang beralamat di Jalan Al-Habib 02 Peleyan RT/RW.001/001 Kapongan Situbondo 68362.

STAINH sudah terakreditasi C dengan No SK 912/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2015.

Ada tiga fakultas dengan enam jurusan yang ada di STAINH. Fakultas dan jurusan tersebut ialah sebagai berikut:

Fakultas Dakwah

  • Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Syariah

  • Jurusan Ahwal al-Syakhsyiyah
  • Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Tarbiyah

  • Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah
  • Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
  • Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

Untuk informasi selengkapnya tentang STAINH dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.stainh.ac.id.

Penutup

Barangkali masih ada perguruan tinggi lainnya yang ada di Situbondo yang profilnya belum ditampilkan di artikel ini.

Untuk perguruan tinggi swasta di Situbondo yang belum ada profilnya di artikel ini, kami usahakan untuk mengupdate-nya di kemudian hari.

Demikian pembahasan tentang lembaga perguruan tinggi di Situbondo. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu kamu dalam memutuskan kampus mana tempatmu melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya.(*)

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)