Masa SMA-mu akan segera berakhir? Ingin kuliah tapi masih bingung kemana akan melabuhkan pilihan?

Kota Surabaya bisa menjadi jawabannya. Daerah yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia ini baru saja memenangkan penghargaan sebagai kota terpopuler di Guangzhou International Award pada 2018 lalu.

Surabaya telah menjelma menjadi kota yang jauh lebih bersih, rapi dan indah. Hal itu membuat para mahasiswa di kota ini semakin betah. Kebanyakan datang dari berbagai daerah karena mereka tahu bagaimana kualitas berbagai perguruan tinggi yang ada di Surabaya.

Jika kamu ingin kuliah di kota Surabaya, 5 universitas berikut ini bisa menjadi referensi pilihanmu. Cermati baik-baik ya!

5 Universitas di Surabaya yang Layak Jadi Pilihan Utama

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

airlangga salah satu universitas di surabaya

Bicara soal kualitas, Universitas Airlangga berada di peringkat ke-7 universitas unggulan di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) tahun 2018. Selain itu, Unair juga masuk dalam daftar 200 kampus terbaik Asia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR) sejak 2013 sampai sekarang.

Kampus Unair memiliki komplek yang luas dengan berbagai macam fasilitas pendidikan. Salah satu yang menjadi keunggulannya adalah perpustakaan dengan koleksi buku-buku yang lengkap dan didukung oleh wifi agar mudah mengakses informasi.

Perguruan tinggi yang terletak di tengah kota Surabaya ini memiliki beberapa fakultas unggulan. Di antaranya adalah fakultas kedokteran dan fakultas ekonomi. Tidak salah lagi, fakultas kedokteran yang berakreditasi A menjadi incaran bagi mereka yang ingin mendalami ilmu kedokteran.

Sedangkan fakultas ekonomi merupakan fakultas yang memiliki gedung paling mewah di antara semua fakultas yang ada di Unair. Saat ini Unair memiliki 15 fakultas yang terdiri dari:

  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Kedokteran Hewan
  • Fakultas Keperawatan
  • Fakultas Farmasi
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Ilmu Budaya
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Sains dan Teknologi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Perikanan dan Kelautan
  • Sekolah Pasca Sarjana

Dari sekian banyak fakultas yang tersedia, kamu bisa menentukan fakultas yang sesuai dengan minatmu. Jika berhasil menjadi salah satu dari mereka yang menaruh minat tinggi di universitas ini tentu akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri.

Untuk mendaftar di Unair, kamu perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Karena persaingan sangat ketat dan tidak mudah.

2. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

its salah satu perguruan tinggi di surabaya
Sumber gambar: www.its.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh November sering disebut dengan nama ITS Surabaya. Gagasan untuk mendirikan institut ini dicetuskan oleh Ir. Soendjasmono pada konferensii PII (Persatuan Insinyur Indonesia) di Bogor.

Kampus ITS merupakan salah satu institut sains dan teknologi terbaik di Indonesia. Berdasarkan rilis terbaru dari Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR) Institut Teknologi Sepuluh November menempati urutan ke-7 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Sedangkan di tingkat Asia, perguruan ini menempati angka 229 pada 2019.

Kampus utama ITS berada di atas tanah seluas 187 hektar. Sangat luas bukan? Selain luas, tata kelola yang baik membuat kampus ini terlihat rapi dan cantik.

Berbagai macam fasilitas lengkap yang menunjang kebutuhan warga kampus juga tersedia seperti asrama mahasiswa, Medical Center, dan ITS Press yang melayani percetakan & penerbitan.

Tidak hanya itu, kampus ITS juga menyediakan fasilitas olahraga, perpustakaan, dan Training Center yang berfungsi untuk memberikan pelatihan maupun sertifikasi profesi bagi mahasiswa manapun.

Sementara di bidang akademik, Institut ini memiliki 10 fakultas mulai dari Fakultas Sains, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Elektro, Fakultas Teknologi Kelautan, Fakultas Teknologi Kelautan, dan Fakultas Vokasi.

Selain itu, ada juga Fakultas Teknik Sipil, Lingkungan, dan Kebumian, Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan, Fakultas Matematika, Komputasi dan Sains Data, serta Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi.

Dan tentu saja ada Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menjadi salah satu fakultas favorit. Jika ingin masuk ke Institut Teknologi Sepuluh November, persiapkan dirimu ya!

3. Universitas Kristen Petra (UKP)

universitas kristen petra
Sumber gambar: petra.ac.id

Universitas Kristen Petra atau UKP telah mendapatkan akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan itu, kualitas pendidikan baik dari bidang akademik maupun non akademik universitas ini tidak perlu diragukan.

Kampus UKP telah menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang kritis dan analitis. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya prestasi akademik maupun non akademik yang diraih.

Universitas ini juga menjalin kerjasama dengan berbagai macam industri, asosiasi profesi dan institusi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri. Mengutip dari laman resmi UKP, 60% masyarakat memilih UKP karena komitmen dan kualitasnya. Sementara sisanya karena pandangan yang terhadap prospek kerja yang mudah.

UKP memiliki 7 fakultas yakni Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mendaftar ke Universitas Kristen Petra? Jika kamu berminat untuk masuk ke perguruan ini jangan lupa untuk mempersiapkan diri.

4. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Unesa atau Universitas Negeri Surabaya menduduki peringkat ke-4 sebagai universitas terbaik di Surabaya. Dan berada di peringkat ke-9 sebagai universitas paling favorit di Indonesia.

Dari segi prestasi, Unesa tidak kalah dari universitas-universitas lain. Berikut ini merupakan beberapa prestasi yang dicapai:

  • Juara 1 kontes robot cerdas Indonesia 2009 di Universitas Gajah Mada dan mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat Internasional di Trinity College Amerika Serikat pada tahun 2009
  • Juara 3 Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2009 di Universitas Brawijaya Malang kategori PKM-Kewirausahaan tahun 2009
  • Juara 2 Musabaqoh Tilawah Quran Mahasiswa Nasional kategori debat ilmiah kandungan Al-Quran dalam bahasa inggris 2009 di Aceh
  • Meraih 11 emas, 9 perak, 10 perunggu dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2009 di Palembang
  • Menyumbangkan 10 medali pada acara SEA Games XXVI 2011 yang berlangsung di Palembang dan Jakarta
  • Menjadi pemecah Rekor Muri menyanyikan lagu nasional dengan bahasa isyarat oleh 1964 mahasiswa Unesa

Prestasi-prestasi di atas hanya beberapa saja. Masih banyak prestasi lain yang diukir oleh para mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Sementara itu di bidang akademik kampus Unesa memiliki 7 Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Ekonomi.

Kampus Unesa juga memiliki beberapa fasilitas seperti sarana ibadah, perpustakaan, pusat studi dan layanan penyandang disabilitas, dan berbagai fasilitas lainnya.

Selain menjadi salah satu kampus favorit di Indonesia, Unesa memiliki kualitas yang tidak kalah dari universitas lain dan terus bersaing untuk meningkatkan eksistensinya di dunia pendidikan.

Jika kamu berminat masuk ke universitas ini, pendaftaran bisa kamu lakukan dengan beberapa jalur seperti SNMPTN, SBMPTN atau mandiri.

5. Universitas Surabaya (UBAYA)

Universitas Surabaya (Ubaya) adalah kelanjutan dari Universitas Trisakti yang berdiri pada tahun 1966. Pada tahun 1968 nama Universitas Trisakti diganti menjadi Universitas Surabaya.

Awal berdiri, Ubaya hanya memiliki 3 fakultas saja yakni Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Namun saat ini, Ubaya telah memiliki 7 fakultas dengan 20 program studi.

Tujuh fakultas tersebut adalah Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknobiologi. Nah, kamu bisa mempertimbangan ketujuh fakultas tersebut. Apakah sesuai atau tidak dengan minatmu.

Jika kamu ingin mendaftar di universitas terbaik ke-5 di Surabaya ini, tentu membutuhkan berbagai persiapan. Jadi, jangan sia-siakan waktumu.

Bagaimana? Sudah ada gambaran ingin mendaftar di universitas mana? Semoga segera bisa menentukan pilihan ya!

Evi Nur Humaidah
Penulis

Mahasiswi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Menyenangi bidang kepenulisan. Bekerja profesional, tepat waktu, mengutamakan kualitas, dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan.

Berikan Komentar