Informasi tentang universitas di Tangerang Selatan, baik yang negeri maupun swasta, banyak dicari oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kota ini.

Buat kamu yang juga mencari informasi yang serupa, CalonMahasiswa.com telah membuat daftar universitas negeri dan swasta di Tangerang Selatan, untuk menambah wawasanmu sekaligus memudahkanmu dalam memilih kampus.

Apa saja universitas negeri dan swasta di Tangerang Selatan?

Berikut ini daftarnya.

Universitas Negeri di Tangerang Selatan

#1 UIN Syarif Hidayatullah

uin jkt salah satu universitas di tangerang selatan
Sumber: www.uinjkt.ac.id

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah atau biasa disingkat UIN Syarif Hidayatullah adalah sebuah universitas negeri di Tangerang Selatan, yang memiliki tiga kampus, dan seluruhnya berlokasi di Kecamatan Ciputat, Kabupaten Tangerang Selatan.

Kampus pertama atau yang utama beralamat di Jalan Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat. Kampus kedua berlokasi di Jalan Kertamukti, Ciputat. Kampus ketiga terletak di Jalan Tarumanegara, Pisangan, Ciputat.

Fasilitas di UIN Syarif Hidayatullah terbilang lengkap. Mulai dari dua masjid yang terdapat di dalam dan luar kampus, mushalla yang ada di hampir setiap lantai di dalam gedung fakultas, perpustakaan utama dan perpustakaan yang ada di tiap-tiap fakultas, serta berbagai macam fasilitas lainnya.

UIN Jakarta sudah terakreditasi A dengan No SK 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Akreditasi institusi ini berlaku dari tahun 2018 dan akan berakhir pada tahun 2023.

Adapun informasi tentang institusi program studi atau jurusan UIN Syarif Hidayatullah, silakan kunjungi artikel Jurusan di UIN Jakarta dan Akreditasinya.

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di UIN Jakarta dan informasi penting lainnya, silakan kunjungi website resminya di www.uinjkt.ac.id.

BACA JUGA: 10 UIN Terbaik di Indonesia 2019: Peringkat dan Profilnya

#2 Universitas Terbuka

UT salah satu universitas negeri di tangerang selatan
Sumber: https://telegraf.co.id/universitas-terbuka-pelopori-pendidikan-inklusif-di-indonesia

Universitas Terbuka (disingkat UT) adalah salah satu universitas negeri di Tangerang Selatan yang beralamat di Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15418.

UT terkenal dengan sistem pembelajarannya yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh.

Apa yang dimaksud dengan sistem belajar terbuka dan jarak jauh?

Istilah terbuka maknanya tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Adapun istilah jarak jauh maknanya ialah pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Universitas yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984 ini memiliki 4 fakultas untuk jenjang Diploma dan Sarjana, yaitu:

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Sejak tahun 2004, Universitas Terbuka membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana.

Jika kamu berminat kuliah di UT, dapatkan informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di UT dengan mengunjungi website resminya di www.ut.ac.id.

Demikian pembahasan tentang universitas negeri di Tangerang Selatan.

Setelah ini, selanjutnya mari kita bahas apa saja universitas swasta di Tangerang Selatan.

Universitas Swasta di Tangerang Selatan

#1 Universitas Muhammadiyah Jakarta

umj salah satu kampus di tangerang selatan

Universitas Muhammadiyah Jakarta (disingkat UMJ) merupakan salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah yang berlokasi di Jakarta. Di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah, universitas ini termasuk perguruan tinggi tertua, yang berdiri sejak 18 November 1955.

Walau demikian, karena lokasi kampus UMJ yang terletak di kawasan Tangerang Selatan, tepatnya di Jalan KH. Ahmad Dahlan Cirendeu, Ciputat, maka UMJ kami masukkan ke dalam daftar universitas swasta di Tangerang Selatan.

UMJ membuka jenjang pendidikan tinggi dari D-III sampai dengan S3.

Secara institusi, UMJ sudah mendapatkan akreditasi B dengan No SK 148/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019, yang itu berarti berarti dari tahun 2019 s/d 2024.

Jika kamu berminat kuliah di UMJ, dapatkan informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di UMJ dengan mengunjungi website resminya di umj.ac.id.

#2 Universitas Pembangunan Jaya

Profil Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sudah kami masukkan di artikel berjudul Universitas di Bintaro: Profil Kampus dan Info Akreditasinya (silakan kunjungi artikel tersebut untuk membaca profil UPJ).

#3 Universitas Pamulang

Profil tentang Universitas Pamulang sengaja tidak kami tulis di sini karena kami sudah menulis profilnya di artikel berjudul Akreditasi Universitas Pamulang (UNPAM): Institusi dan Jurusan. Silakan merujuk ke artikel tersebut jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang kampus ini.

Kampus Non-Universitas di Tangerang Selatan

Terdapat beberapa kampus di Tangerang Selatan yang jenisnya non universitas, yang menurut kami penting untuk disebutkan di artikel ini supaya menambah wawasan calon mahasiswa.

Perguruan tinggi non universitas yang dimaksud ada yang berjenis politeknik, institut, dan sekolah tinggi.

Berikut ini beberapa kampus di Tangerang Selatan yang bukan universitas.

#1 Politeknik Keuangan Negara STAN

pkn stan

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan sekolah tinggi kedinasan yang semula bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Lembaga pendidikan tinggi milik negara ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Politeknik Keuangan Negara STAN beralamat di Jalan Bintaro Utama 3A No. V, Bintaro, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15222.

Politeknik Keuangan Negara STAN membuka jenjang Diploma lengkap, yaitu mulai D-I sampai dengan D-IV.

Untuk informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di Politeknik Keuangan Negara STAN, silakan kunjungi website resminya di pknstan.ac.id.

#2 Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan

itb-ad

Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (disingkat ITB-AD) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Tangerang Selatan.

Kampus ini sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan atau disingkat STIEAD. STIEAD sendiri merupakan pengembangan institusi dari Akademi Keuangan dan Perbankan Muhammadiyah (AKPM). AKPM sendiri sebelumnya bernama Akademi Bank Muhammadiyah (ABM) yang didirikan pada 1 Januari 1968.

Demikian sejarah perubahan nama ITB-AD dari Akademi Keuangan dan Perbankan Muhammadiyah menjadi nama yang sekarang.

ITB-AD memiliki dua kampus, satu di Ciputat, satu lagi di Kota Tangerang. Untuk kampus yang di Ciputat beralamat di Jalan Ir. H. Juanda No. 77, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

ITB-AD sudah terakreditasi B dengan No SK 1027/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2016.

Saat ini, ITB-AD membuka jenjang pendidikan S1 dan S2.

Untuk jenjang S1, program studi yang sudah dibuka antara lain:

  • Teknologi Informasi
  • Sistem Informasi
  • Desain Komunikasi Visual
  • Arsitektur
  • Manajemen
  • Akuntansi

Adapun jenjang S2, program studi yang sudah dibuka baru satu saja, yaitu Keuangan Syariah.

Jika kamu berminat kuliah di ITB-AD, dapatkan informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di ITB-AD dengan mengunjungi website resminya di www.itb-ad.ac.id.

#3 Institut Ilmu Al-Quran

iiq tangsel

Institut Ilmu Al-Quran atau biasa disingkat IIQ adalah sebuah perguruan tinggi Islam swasta di Tangerang Selatan yang berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda No. 70 Ciputat. Letaknya persis di depan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

IIQ adalah lembaga pendidikan tinggi Islam dengan studi yang berfokus kepada Al-Quran dan peserta didiknya dari kalangan wanita muslimah saja.

IIQ didirikan pada tahun 1979 oleh Prof KH Ibrahim Hosen, LML., seorang intelektual muslim Indonesia, yang di waktu mudanya pernah belajar langsung dengan Kiai Abbas Buntet, seorang ulama besar dari Cirebon.

IIQ membuka jenjang pendidikan S1 dan S2.

Program studi yang tersedia untuk jenjang S1 antara lain Ilmu Al-qur’an Dan Tafsir (akreditasi A), Pendidikan Agama Islam (akreditasi A), dan Muamalah (akreditasi B).

Adapun program studi yang tersedia untuk jenjang S2 baru satu saja, yaitu Ilmu Al-qur`an Dan Tafsir (terakreditasi B).

Jika kamu berminat kuliah di IIQ, dapatkan informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di IIQ dengan mengunjungi website resminya di iiq.ac.id.

#4 Institut Teknologi Indonesia

ITI kampus swasta di tangsel

Sedikitnya jumlah insinyur Indonesia pada tahun 1983 menjadi latar belakang dari berdirinya ITI, yang merupakan kepanjangan dari Institut Teknologi Indonesia.

ITI berlokasi di Jalan Raya Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Secara institusi, ITI telah mendapatkan akreditasi B dengan No SK 3768/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017.

Jenjang D3 dan S1 tersedia di kampus yang menggunakan hewan burung hantu sebagai bagian dari logonya ini.

Untuk info lebih lengkap tentang jurusan-jurusan yang ada di ITI serta cara pendaftaran mahasiswa baru di ITI, silakan kunjungi website resminya di www.iti.ac.id.

#5 BINUS-ASO School of Engineering

binus-aso kampus swasta di tangerang selatan

BINUS-ASO School of Engineering (disingkat BASE) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi hasil kerja sama antara BINUS University Indonesia dengan ASO College Group Jepang.

Berbeda dengan BINUS yang memiliki beragam fakultas dan program studi, BASE hanya memiliki dua jurusan saja, yaitu Automotive and Robotics Engineering dan Product Design Engineering.

Kampus BASE beralamat di Jalan Alam Sutera Boulevard No. 1, Alam Sutera, Serpong, Pakulonan, Tangerang, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15325.

Untuk informasi lebih lanjut tentang prosedur pendaftaran mahasiswa baru di BASE, silakan kunjungi website resminya di base.binus.ac.id.

#6 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Amin

kampus di tangerang selatan

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Amin (disingkat STIT Al-Amin) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Tangerang Selatan yang berfokus mencetak guru agama Islam.

Oleh karena itu, di kampus ini hanya tersedia satu program studi saja, yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI).

STIT Al-Amin berada di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Islam Jam’iyyah Islamiyyah (disingkat YAPIJI) yang selain membuka perguruan tinggi, juga membuka lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

STIT Al-Amin beralamat di Jalan Pesantren, Kampung Ceger, Kelurahan Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang selatan.

Untuk info lebih lengkap tentang pendaftaran mahasiswa baru di STIT Al-Amin, silakan kunjungi situs resminya di stitalamin.ac.id.


Demikian pembahasan tentang perguruan tinggi di Tangerang Selatan.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan memberikan kamu lebih banyak pilihan tempat melanjutkan pendidikan di Tangerang Selatan.

Dari daftar perguruan tinggi di atas, mana yang merupakan kampus pilihanmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

1 Komentar

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup