Banyak calon mahasiswa – dan mungkin kamu salah satunya – bercita-cita untuk dapat berkuliah di salah satu universitas di Bandung suatu hari nanti. Selain karena Kota Bandung sudah tidak hanya dicap sebagai kota mode dan kuliner, tetapi juga memiliki julukan sebagai kota pelajar, atmosfer Kota Bandung pun terbilang cukup nyaman.

Sebelum mendaftarkan dirimu di salah satu universitas di Bandung, kamu perlu lebih dulu mengenal apa daftar universitas negeri dan swasta terbaik yang ada di kota ini, yang disusun dengan mengacu kepada riset yang dilakukan oleh Kemenristekdikti. Apakah universitas impianmu masuk ke dalam daftar ini? Silakan cek!

Universitas Negeri Terbaik di Bandung 2019

#1 Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (disingkat ITB) menempati urutan pertama dalam daftar universitas negeri terbaik di Kota Bandung – bahkan Indonesia. Perguruan tinggi negeri ini diresmikan pada tanggal 2 Maret 1959.

Berdirinya ITB diprakarsari oleh para masyarakat yang merasa bahwa tenaga teknik tengah sangat diperlukan, karena pecahnya perang dunia pertama mengganggu hubungan Belanda dan wilayah jajahannya di Nusantara. Sehingga pada tanggal 3 Juli 1920, berdirilah Technische Hoogeschool te Bandung (disingkat THS) sebagai sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda. THS inilah yang menjadi cikal bakal ITB, yang kemudian diresmikan oleh Ir. Soekarno.

ITB sendiri memiliki dua kampus yang terletak di dua wilayah yang berbeda. Kampus yang pertama terletak di daerah Ganesha, Kota Bandung, sedangkan kampus yang kedua berlokasi di daerah Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Mahasiswa-Mahasiswi ITB pun mendulang banyak prestasi berskala internasional, nasional, provinsi, dan regional. Tiga prestasi internasional yang diraih oleh mahasiswa-mahasiswi ITB adalah sebagai berikut:

  • Juara I Jurnal Ilmiah “Sustainable Development Goals”, Universitas Hokkaido 2018
  • Best Presentation for Green Technology Chamber, Universiti Teknologi Petronas 2018
  • Juara I Geoquiz Competition (Cepat Tepat), University of Malaya 2018

Banyak figur terkenal di Indonesia yang merupakan alumni dari ITB, di antaranya adalah:

  • Achmad Zaky (CEO Bukalapak, pernah meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari Pemerintah Amerika Serikat, lulusan Teknik Informatika)
  • Pandji Pragiwaksono (Pelawak Tunggal, penggagas kompetisi Stand Up Comedy Indonesia di Kompas TV, lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain)
  • Raden Pardede (Komisaris Bank Central Asia, lulusan Teknik Kimia)

ITB memiliki 12 fakultas yang terdiri dari 49 program studi. Informasi lengkap mengenai daftar program studi yang dimiliki oleh ITB dapat dilihat di www.itb.ac.id/program-studi-sarjana.

#2 Universitas Padjadjaran

unpad salah satu universitas terbaik di Bandung
Kampus Unpad Dipati Ukur” by Albertus Aditya / CC BY-SA 4.0

Universitas Padjadjaran (disingkat Unpad) berada di urutan kedua dari tiga universitas negeri terbaik yang ada di Bandung. Universitas ini diresmikan pada tanggal 24 September 1958 oleh Ir. Soekarno. Unpad berdiri atas prakarsa masyarakat Jawa Barat yang menginginkan perguruan tinggi negeri yang dapat mencakup berbagai bidang ilmu.

Unpad memiliki sistem multi kampus yang membuat universitas ini memiliki banyak kampus yang berlokasi di wilayah yang berbeda-beda. Kampus utama Unpad yang berada di Bandung, berlokasi di Jl. Dipatiukur. Sedangkan kampus utama Unpad yang berada di Kabupaten Sumedang, berlokasi di kawasan Jatinangor. Unpad pun mempunyai kampus yang berlokasi di Pangandaran dan Garut.

Mahasiswa-Mahasiswi Unpad pun menorehkan banyak prestasi yang mengharumkan nama Unpad, sebagian di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Penyaji Terbaik di Indonesia Student Association Scientific Conference 2017, Osaka University 2017
  • Juara III di Kejuaraan Renang Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia, UKM Renang Universitas Negeri Jakarta 2018
  • Juara I Radio Announcer Competition, Comminfest Universitas Atma Jaya Yogyakarta 2018

Berikut ini adalah beberapa figur terkenal di Indonesia yang merupakan alumni dari Universitas Padjadjaran:

  • Butet Manurung (Penggagas Sokola Rimba untuk anak-anak di daerah terpencil di Indonesia, lulusan Antropologi)
  • Rieka Roeslan (Musisi, Vokalis Band The Groove, lulusan Sastra Perancis)
  • Ahmad Fuadi (Novelis, penerima penghargaan Longlist Khatulistiwa Literary Award 2010, lulusan Hubungan Internasional)

Unpad memiliki 16 fakultas yang terdiri dari 53 program studi. Detail mengenai program-program studi di Unpad dapat dilihat di www.unpad.ac.id/fakultas.

#3 Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia (disingkat UPI) adalah salah satu universitas negeri terbaik di Kota Bandung. Universitas ini didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 dan diresmikan oleh Mr. Muhammad Yamin. Universitas Pendidikan Indonesia yang memiliki nama awal Perguruan Tinggi Pendidikan Guru ini, berdiri karena masyarakat berpendapat bahwa pendidikan adalah bagian penting dalam mengisi kemerdekaan.

Sama seperti universitas negeri terbaik di Bandung lainnya, UPI pun menerapkan sistem multi kampus. Kampus UPI berlokasi di Bandung, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Seraing. Kampus utama UPI sendiri terletak di Jl. DR. Setiabudhi no. 229, Bandung.

Tak kalah dengan mahasiswa universitas negeri terbaik di Bandung lainnya, Mahasiswa-Mahasiswi UPI pun mencetak banyak prestasi untuk mengharumkan nama universitas. Berikut adalah daftar prestasi Mahasiswa-Mahasiswi UPI:

  • Silver Medal International Choir Festival, Bali 2016
  • Juara I Shell Eco-Marathon Driver’s World Championhip, London 2016
  • Juara I University Student’s Korean Speech, Korean Freedom Federation 2018

Selain itu, banyak alumni dari Universitas Pendidikan Indonesia merupakan figur-figur terkenal di tanah air. Berikut adalah beberapa alumni terkenal Universitas Pendidikan Indonesia:

  • Prof. Dr. Udin Sarifudin Winataputra, M.A (Sekretaris Dewan Pembina Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia, lulusan Pendidikan IPS)
  • Indra Thohir (Pelatih dan Mantan Pesepak Bola Persib Bandung, lulusan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan)
  • Prof. Dr. H. Abdul Azis Wahab, M.A (Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, lulusan Civics dan Hukum)

UPI memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 55 departemen. Detail mengenai departemen yang ada di UPI dapat dilihat di www.upi.edu/profil/fakultas.

Setelah mengenal dengan baik ketiga universitas negeri terbaik di Bandung, sekarang saatnya untuk kamu mengenal empat universitas swasta terbaik di kota ini. Kualitas dan prestasi yang dicetak oleh universitas-universitas swasta berikut ini tak kalah dari universitas-universitas negeri yang dibahas sebelumnya. Berikut adalah daftar empat universitas swasta terbaik di Kota Bandung:

Universitas Swasta Terbaik di Bandung

#1 Universitas Telkom

telkom
Telkom University Landscape” by Telkom University Tel-U / CC BY 2.0

Universitas Telkom adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Bandung yang berdiri dengan nama awal STT Telkom. STT Telkom ini diresmikan pada tanggal 24 Maret 1994 oleh Presiden Soeharto.

Semula, universitas ini merupakan pecahan dari empat institusi yang berbeda, yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Keempat institusi tersebut berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Namun pada tahun 2013, keempat institusi tersebut resmi bergabung dan berganti nama menjadi Universitas Telkom dengan slogan “Creating the Future”.

Universitas Telkom terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Universitas ini berdiri tepat di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Tidak hanya di Kabupaten Bandung, Universitas Telkom yang biasa disingkat Tel-U ini juga memiliki kampus lain di daerah Gegerkalong Hilir, Kota Bandung. Kampus kedua Universitas Telkom ini berlokasi di komplek perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center and Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Selain itu, Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Telkom pun mencetak banyak prestasi. Berikut adalah prestasi-prestasinya:

  • Juara II Huawei ICT Competition Tingkat Nasional 2018
  • Juara I Festival Tari Bali se-Jawa, Bali dan Lampung, ITB 2018
  • Juara I Lomba Debat Fisheries 5.0, Universitas Padjadjaran 2018

Universitas yang didirikan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. ini pun membuka kelas internasional yang memiliki program kunjungan jangka pendek, pertukaran pelajar, dan pemberian gelar ganda pada mahasiswa dengan universitas mitra. Universitas mancanegara yang menjadi mitra Universitas Telkom antara lain adalah Universitas Wosoong (Korea), Kumoh Institute of Technology (Korea), Kumamoto University (Jepang), Saxion University (Belanda), UMM Malaysia, UTHM Malaysia, dan masih banyak lagi.

Universitas Telkom mempunyai 7 fakultas yang terdiri dari 26 program studi tingkat diploma dan sarjana. Detail mengenai program studi di Universitas Telkom dapat dilihat di https://telkomuniversity.ac.id/id/.

#2 Universitas Katolik Parahyangan

unpar
Sumber foto: unpar.ac.id

Universitas Katolik Parahyangan (disingkat Unpar) adalah sebuah universitas yang didirikan pada tanggal 17 Januari 1955 oleh Keuskupan Bandung. Semula, universitas yang memiliki semboyan Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhaki ini bernama Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan. Namun pada tahun 1961, Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan mengubah namanya menjadi Universitas Katolik Parahyangan.

Universitas ini adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Arti dari semboyan Universitas Katolik Parahyangan sendiri adalah “berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat.”

Universitas Katolik Parahyangan memiliki empat kampus yang tersebar di lokasi yang berbeda di Kota Bandung. Kampus utama terletak di Jl. Ciumbuleuit no. 94, Sekolah Pascasarjana terletak di Jl. Merdeka no. 30, Fakultas Filsafat berada di Jl. Nias no. 2, dan Program Diploma berlokasi di Jl. Aceh no. 53. Universitas ini pun memiliki beberapa fasilitas penunjang yang tersebar di lokasi yang berbeda. Fasilitas tersebut antara lain Yayasan Unpar, Unpar Guest House, serta Parahyangan Reksa Raga.

Cukup banyak prestasi yang dicetak oleh Mahasiswa-Mahasiswi Unpar. Beberapa di antaranya adalah:

  • Juara I Debat Bahasa Inggris BEF Novice Trophy, 2018
  • Best Delegate Achmad Yani Short Diplomatic Course, Unjani 2018
  • Juara II dan III Turnamen Battle of Campus se-Jawa Barat 2018

Universitas ini pun menawarkan berbagai macam beasiswa bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di institusi ini. Beasiswa-beasiswa tersebut antara lain adalah Beasiswa Yayasan Unpar bagi Mahasiswa Program D3 dan S1, Beasiswa Yayasan Astra Honda Motor, Beasiswa Yayasan Djarum Foundation, serta Beasiswa Yayasan Pembangunan Jaya.

Universitas Katolik Parahyangan memiliki 7 fakultas yang terdiri dari 17 program studi. Informasi lengkap mengenai daftar program studi di Universitas Katolik Parahyangan dapat dilihat di http://unpar.ac.id/.

#3 Universitas Pasundan

unpas salah satu universitas terbaik di Indonesia
Sumber foto: YouTube

Universitas Pasundan (disingkat Unpas) adalah sebuah universitas swasta di Bandung yang berdiri pada tanggal 14 November 1960. Universitas ini berdiri atas prakarsa Paguyuban Pasundan, sebuah organisasi budaya Sunda yang berdiri sejak tanggal 20 Juli 1913. Unpas didirikan sebagai bentuk pengabdian dari Paguyuban Pasundan dalam mencerdaskan kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Unpas juga menerapkan sistem multi kampus. Terdapat kurang lebih lima kampus yang berlokasi di lima kawasan berbeda di Kota Bandung. Kampus I terletak di Jl. Lengkong Besar no. 68, kampus II berlokasi di Jl. Tamansari no. 6-8, kampus III berada di Jl. Wartawan IV no. 22, kampus IV terletak di Jl. Setiabudhi no. 193, dan kampus V berlokasi di Jl. Sumatera no. 41.

Seperti mahasiswa-mahasiswi universitas unggulan lainnya, Mahasiswa-Mahasiswi Unpas pun mencetak beragam prestasi. Berikut adalah prestasi yang dicetak oleh Mahasiswa-Mahasiswi Unpas:

  • Juara Harapan I Lomba Esai Tingkat Nasional, Universitas Jember 2018
  • Participant of Global Goals MUN Forum, Malaysia 2019
  • Juara Umum Nasional Gearbox dan Overall Team Champion, Eshark Rok Cup Indonesia 2018

Universitas Pasundan pun menjalin kerja sama berskala internasional melalui keikutsertaannya dalam berbagai event internasional. Beberapa acara bertaraf internasional yang pernah diikuti oleh Universitas Pasundan adalah Seminar Internasional IFSAC (Inter-University Forum for Strengthening Academic Competency), Pertukaran Pelajar ke Universiti Malaysia Sabah, The World Indonesianist Forum, Kerja Sama Kuliah Jarak Jauh dengan Kyung Hee University, Korea, dan masih banyak lagi.

Unpas memiliki kurang lebih 6 fakultas yang terdiri dari 21 program studi. Informasi lengkap mengenai daftar program studi yang ada di Unpas dapat dicek di sini.

#4 Universitas Islam Bandung

unisba salah satu universitas swasta terbaik di Bandung
Unisba” by Febryan04 is licensed under CC BY-SA 3.0

Universitas Islam Bandung (disingkat Unisba) adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang terletak di Kota Bandung. Unisba lahir atas gagasan para tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat agar berdiri sebuah perguruan tinggi bernafaskan Islam yang akan melahirkan tokoh intelektual muslim. Universitas ini memiliki tujuan pendidikan dalam mewujudkan mujahid (pejuang), mujtahid (peneliti), mujaddid (pembaharu) dalam suatu masyarakat ilmiah yang islami.

BACA JUGA: Jurusan di UIN Bandung dan Akreditasinya

Unisba didirikan pada tanggal 15 November 1958 oleh sejumlah tokoh umat Islam di Jawa Barat, dengan nama awal Perguruan Islam Tinggi (PIT) di bawah Yayasan Pendidikan Islam. Kemudian pada tahun 1967, nama Perguruan Islam Tinggi berubah menjadi Universitas Islam Bandung (Unisba).

Menerapkan sistem multi kampus, Unisba memiliki dua kampus yang terletak di dua lokasi yang berbeda. Kampus I berada di Jl. Tamansari no. 1, 22, 24, Jl. Harianbanga no. 2, Jl. Rangga Gading no. 8, Jl. Ranggamalela no. 1, Jl. Purnawarman no. 59 & 63. Sedangkan Kampus II berada di kawan Ciburial, Bandung Utara.

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Bandung, Unisba memiliki reputasi yang sangat baik. Pada pertengahan 2017, Unisba mendapatkan penghargaan Juara I Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) se-Indonesia dari Kemenristekdikti. Selain itu, Unisba pun meraih penghargaan The Best Regional University di bidang Education Sphere dari Europe Business Assembly Oxford. Survey Nasional Data dan Analisis Tempo pun menyebutkan bahwa Unisba adalah salah satu perguruan tinggi swasta terfavorit calon mahasiswa di Indonesia melalui enam program studi, yakni Hukum, Ilmu Komunikasi, Kedokteran, Psikologi, Manajemen, dan Akuntansi.

Unisba memiliki 10 fakultas yang terdiri dari 18 program studi. Informasi detail mengenai program studi yang ada di Unisba dapat dicek di www.unisba.ac.id/.

Itulah ketujuh universitas negeri dan swasta terbaik di Bandung. Predikat terbaik tersebut dibuat berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh Ristekdikti. Pada dasarnya, di mana pun kamu melanjutkan pendidikan, baik di universitas negeri maupun swasta, dirimu sendirilah yang dapat menentukan, apakah kamu akan berkembang menjadi mahasiswa yang unggul atau tidak.

Kamu sendirilah yang memutuskan, akankah kamu menjadi mahasiswa yang menuntut institusi tempatmu belajar memberikanmu sesuatu? Atau menjadi mahasiswa yang dapat memberikan sesuatu bagi institusi tersebut? Selamat berkuliah di Kota Kembang!


Gambar utama: “Pemandangan Masjid Raya Bandung Jawa Barat bagian utara” by Nuroni / CC BY-SA 4.0

Penulis

Alumni Sastra Jerman Universitas Padjadjaran. Senang menulis, menonton serial, dan mengamati kepribadian orang. Sedang jatuh cinta pada ASMR.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup