Buat kamu yang berencana kuliah di salah satu universitas di Kediri, penting bagi kamu mengetahui daftar universitas negeri dan swasta terbaik di Kediri beserta profil masing-masing kampus supaya memudahkan kamu dalam memutuskan perguruan tinggi mana tempatmu akan melanjutkan pendidikan.

Berbicara tentang universitas negeri dan swasta terbaik di Kediri, sebetulnya sulit memutuskan secara objektif universitas mana yang dianggap terbaik. Walau demikian, akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) bisa dijadikan acuan.

Jadi, jika kamu ingin kuliah, usahakan untuk kuliah di perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A. Jika di tidak memungkinkan, pilihlah yang sudah terakreditasi B, jika tidak memungkinkan maka pilihlah yang sudah terakreditasi C.

Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi di Kediri beserta profil masing-masing kampus. Kami mulai pembahasan dalam artikel ini dengan menyajikan universitas negeri yang ada di Kediri.

Universitas Negeri di Kediri

1. Universitas Brawijaya – Kampus Kediri

salah satu universitas negeri di kediri
Sumber gambar: kavling10.com

Bekerjasama dengan pemerintahan Kediri, Universitas Brawijaya yang berlokasi di Malang membuka kampus di Kota Kediri.

Universitas Brawijaya Kampus Kediri ini beralamat di Jalan Pringgodani, Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur 64111. Akreditasinya adalah A, karena mengikuti Universitas Brawijaya yang kampus pusatnya berada di Malang.

Berikut ini adalah daftar fakultas beserta jurusan yang ada di Universitas Brawijaya Kampus Kediri.

Fakultas Hukum

  • S1 Ilmu Hukum

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • S1 Manajemen
  • S1 Ekonomi Islam
  • S2 Ilmu Ekonomi

Fakultas Ilmu Administrasi

  • S1 Ilmu Administrasi Bisnis
  • S1 Ilmu Administrasi Publik
  • S2 Magister Manajemen Perguruan Tinggi

Fakultas Pertanian

  • S1 Agroteknologi
  • S1 Agribisnis

Fakultas Peternakan

  • S1 Peternakan

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  • S1 Agrobisnis Perikanan
  • S1 Budidaya Perairan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • S1 Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Komputer

  • S1 Teknik Informatika

Untuk informasi selengkapnya tentang Universitas Brawijaya Kampus Kediri dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi halaman ini.

Perguruan Tinggi Negeri di Kediri Non Universitas

1. IAIN Kediri

mahasiswi iain kediri

IAIN Kediri adalah Institut Agama Islam Negeri yang berada di Kota Kediri, tepatnya beralamat di Jalan Sunan Ampel No. 7, Ngronggo, Kediri, Jawa Timur.

Secara institusi, IAIN Kediri sudah terakreditasi B dari BAN-PT dengan No SK 286/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/XI/2018.

IAIN Kediri berdiri pada tahun 1997 dengan awalnya bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, dan baru pada tahun 2018 namanya berubah menjadi seperti yang sekarang.

IAIN Kediri memiliki 4 fakultas, yaitu Tarbiyah, Syariah, Ushuluddin dan Dakwah, serta Ekonomi dan Bisnis Islam. Karena penulis kesulitan dalam mengetahui apa saja jurusan yang ada di IAIN Kediri, maka informasi tentang jurusan di IAIN Kediri tidak penulis tampilkan di sini.

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang IAIN Kediri dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi iainkediri.ac.id.

2. Politeknik Kediri

salah satu perguruan tinggi swasta di kediri
Sumber gambar: pmb.poltek-kediri.ac.id

Politeknik Kediri, merupakan perguruan tinggi vokasi program kerjasama antar Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan Pemerintah Kota kediri dalam rangka meningkatkan kapasitas pendidikan tinggi vokasi melalui pendirian politeknik melalui Naskah Kesepahaman (MoU) Dirjen Dikti Depdiknas dengan Pemerintah Kota kediri pada tanggal 21 Agustus 2007.

Politeknik Kediri yang sudah terakreditasi B ini, pada saat ini membuka 3 program studi, yaitu:

NoJurusanAkreditasi
1D-III AkuntansiB
2D-III Perawatan Dan Perbaikan MesinB
3D-III Teknik InformatikaB

Politeknik Kediri memiliki dua kampus di dua lokasi yang berbeda. Kampus 1 berada di Jalan Mayor Bismo 27 Kediri, dan Kampus 2 beralamat di Jalan Lingkar Masa Kumambang, Mojoroto, Kediri.

Untuk informasi selengkapnya tentang Politeknik Kediri dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi poltek-kediri.ac.id.

Baca juga: Daftar Universitas di Sidoarjo dan Jurusannya

Universitas Swasta di Kediri

1. Universitas Islam Kadiri

salah satu universitas di kediri

Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP).

Didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila, Universitas Islam Kadiri saat ini sudah memiliki 10 program studi, yaitu:

NoJurusanAkreditasi
1S2 AgribisnisB
2S1 AgroteknologiB
3S1 AkuntansiB
4S1 Ilmu HukumB
5S2 Ilmu HukumB
6S1 ManajemenB
7S2 ManajemenB
8S1 Pendidikan Bahasa InggrisB
9S1 PeternakanB
10S1 Teknik ElektroB

Universitas yang beralamat di Jalan Sersan Suharmaji No 38, Manisrenggo, Kediri, Jawa Timur 64128 ini sudah mendapat akreditasi B dari BAN-PT dengan No SK 123/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019.

Untuk info lebih lengkap tentang Universitas Islam Kadiri dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.uniska-kediri.ac.id.

2. Universitas Kadiri

universitas kadiri
Sumber gambar: unik-kediri.ac.id

Universitas Kadiri adalah universitas swasta tertua di wilayah Kota Kediri – Jawa Timur, Universitas ini didirikan berdasarkan akte notaris SOEROSO, SH no. 84 tahun 1980 tanggal 28 Juli 1980 beserta segenap akte perubahannya.

Dies Natalis Universitas Kadiri ditetapkan pada tanggal 7 Februari sesuai dengan tanggal dan bulan peresmian perkuliahan Universitas Kadiri oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Propinsi Jawa Timur (Alm. Bapak Soenandar Prijo Soedarmo) pada tanggal 7 Februari 1981.

Saat ini, Universitas Kadiri yang beralamat di Jalan Selomangleng No. 1 Kediri 64115 ini membuka 15 program studi. Ke-15 program studi tersebut beserta status akreditasinya ditampilkan dalam tabel di bawah ini.

NoJurusanAkreditasi
1S1 AgribisnisB
2S1 AgroteknologiB
3S1 Ekonomi PembangunanB
4S1 FarmasiC
5S2 Ilmu AdministrasiB
6S1 Ilmu Administrasi NegaraB
7S1 Ilmu HukumB
8S2 Ilmu HukumB
9D-III KebidananB
10D-IV KebidananB
11S1 KeperawatanB
12S1 ManajemenB
13Profesi NersB
14S1 Teknik IndustriC
15S1 Teknik SipilB

Untuk info lebih lengkap tentang Universitas Islam Kadiri dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi unik-kediri.ac.id.

Penutup

Sebenarnya masih banyak perguruan tinggi swasta di Kediri lainnya yang belum ditampilkan pembahasannya di artikel ini. Perguruan tinggi swasta yang dimaksud, yaitu:

  • Akademi Kebidanan Dharma Husada Kediri (Akreditasi B)
  • Akademi Keperawatan Dharma Husada Kediri (Akreditasi C)
  • Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri (Akreditasi B)
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Purwosari Kediri (Akreditasi C)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada Kediri (Akreditasi B)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Baptis Kediri (Akreditasi B)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al-Wahidiyah Kediri (Akreditasi B)
  • STIKES Ganesha Husada Kediri (Akreditasi C)
  • Universitas Kahuripan Kediri (Akreditasi C)
  • Universitas Nusantara PGRI Kediri (Akreditasi C)

Untuk perguruan tinggi swasta yang belum ada pembahasannya di artikel ini, akan kami usahakan untuk mengupdate-nya di kemudian hari atau jika kamu membutuhkan informasi secepatnya, kamu bisa mendapatkannya dengan bantuan Google.

Demikian pembahasan tentang lembaga pendidikan tinggi yang ada di Kediri. Semoga bermanfaat![]

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)