Buat kamu yang berencana kuliah di salah satu universitas di Surabaya, penting bagi kamu mengetahui daftar universitas negeri dan swasta terbaik di Surabaya beserta profil masing-masing kampus supaya memudahkan kamu dalam memutuskan perguruan tinggi mana tempatmu akan melanjutkan pendidikan.

Berbicara tentang universitas negeri dan swasta terbaik di Surabaya, sebetulnya sulit memutuskan secara objektif universitas mana yang dianggap terbaik. Walau demikian, akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) bisa dijadikan acuan.

Jadi, jika kamu ingin kuliah, usahakan untuk kuliah di perguruan tinggi yang sudah terakreditasi A. Jika di tidak memungkinkan, pilihlah yang sudah terakreditasi B, jika tidak memungkinkan maka pilihlah yang sudah terakreditasi C.

Selain akreditasi yang dikeluarkan BAN-PT, peringkat yang diberikan oleh berbagai lembaga terkenal seperti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) dan Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR) juga bisa dijadikan acuan.

Nah, berikut ini adalah daftar perguruan tinggi di Surabaya beserta profil masing-masing kampus yang dilengkapi dengan data peringkat jika memang ada. Kami mulai pembahasan dalam artikel ini dengan menyajikan universitas negeri terbaik yang ada di Surabaya.

Universitas Negeri Terbaik di Surabaya

1. Universitas Airlangga

unair salah satu universitas negeri di surabaya

Universitas Airlangga (disingkat Unair) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Gubeng, Surabaya, Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9.

Unair adalah salah satu universitas negeri terbaik di Surabaya. Alasannya, ia berada di peringkat ke-7 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018 versi Kemenristekdikti. Selain itu, ia juga masuk dalam daftar 200 kampus terbaik Asia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR) sejak 2013 sampai sekarang.

Total program studi yang ada di Unair berjumlah sekitar 176, dengan jenjang pendidikan mulai dari D-III s/d S3 dan profesi.

Akreditasi Unair yang terbaru ialah A dengan No SK 362/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di Unair dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.unair.ac.id.

2. Universitas Negeri Surabaya

universitas negeri surabaya

[KLIK gambar di atas untuk melihat video profil Universitas Negeri Surabaya]

Universitas Negeri Surabaya (disingkat Unesa) adalah sebuah universitas negeri yang beralamat di Jalan Lidah Wetan, Surabaya. Universitas ini didirikan pada 19 Desember 1964.

Selain Unair, Unesa juga termasuk salah satu universitas negeri terbaik di Surabaya. Alasannya, Unesa berada di peringkat ke-29 dalam Daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 dan peringkat ke-27 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Total program studi yang ada di Unesa berjumlah sekitar 89, dengan jenjang pendidikan mulai dari D-III s/d S3 dan profesi.

Akreditasi Unesa yang terbaru ialah A dengan No SK 5245/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di Unesa dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.unesa.ac.id.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel

uin sunan ampel

[KLIK gambar di atas untuk melihat video profil Universitas Islam Negeri Sunan Ampel]

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (disingkat UIN Sunan Ampel) adalah sebuah universitas Islam negeri yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani No. 117, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota Surabaya. Universitas ini didirikan pada tahun 1965.

Walaupun tidak seterkenal Unair dan Unesa, tetapi mutu pendidikan di UIN Sunan Ampel tidak kalah dengan keduanya. Secara institusi, UIN Sunan Ampel sudah terakreditasi A dengan No SK 167/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019.

Total program studi yang ada di UIN Sunan Ampel berjumlah sekitar 53, dengan jenjang pendidikan mulai dari S1 s/d S3. Sejauh pengecekan kami di situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, UIN Sunan Ampel tidak membuka program pendidikan diploma dan profesi.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di UIN Sunan Ampel dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.uinsby.ac.id.

Baca juga: Universitas Negeri dan Swasta Terbaik di Kediri

Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya Non-Universitas

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

its salah satu perguruan tinggi di surabaya
Sumber gambar: www.its.ac.id

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (disingkat ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, tepatnya di Jalan Raya ITS, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957.

ITS adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Surabaya. Alasannya, ia berada di peringkat ke-5 dalam Daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 dan peringkat ke-6 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Total program studi yang ada di ITS berjumlah sekitar 67, dengan jenjang pendidikan mulai dari D-III s/d S3.

Secara institusi, ITS sudah terakreditasi A dengan No SK 288/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di ITS dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.its.ac.id.

2. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

politenik elektronika negeri surabaya
Sumber gambar: www.pens.ac.id

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (disingkat PENS) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya, tepatnya berada di Jalan Raya ITS, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya. Ini adalah alamat yang sama dengan ITS, karena memang awalnya PENS ini merupakan bagian dari ITS. Namun, sejak tahun 2012, PENS sudah mandiri alias terpisah dari ITS.

Berpisahnya PENS dari lembaga yang menaunginya selama 24 tahun, yaitu ITS, tidak serta merta membuat kualitas PENS menurun. Ini dibuktikan dengan diberikannya akreditasi A oleh BAN-PT kepada PENS pada 2015 lalu dan berhasil diraihnya berbagai prestasi oleh mahasiswa-mahasiswa PENS:

  • Juara Umum dalam ajang National Polytechnic English Olympic (NPEO) 2019 yang digelar selama enam hari (28 April-3 Mei) di Politeknik Negeri Bali.
  • Juara Pertama dalam ajang Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) Siloam Hackathon 2019 yang berlangsung selama dua hari (26-27 April) di UAJY.
  • Juara Pertama dan Juara Ketiga dalam ajang Industrial Automation and Robotic Competition (IARC) 2019 yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektro Otomasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  • Juara 1 dalam ajang Hackathon Pintar 1.0 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Banyuwangi selama dua hari (29-30 Maret 2019) di Pendopo Sabha Swagta dan Gesibu Blambangan Banyuwangi.
  • Dan masih banyak lagi prestasi lainnya.

Saat ini, PENS memiliki lima fakultas dan sembilan program studi.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di PENS dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.pens.ac.id.

Universitas Swasta Terbaik di Surabaya

1. Universitas Kristen Petra

uk petra salah satu universitas swasta di surabaya
Sumber gambar: petra.ac.id

Universitas Kristen Petra (disingkat UK Petra) adalah universitas swasta yang berada di Jalan Siwalankerto No. 121-131, Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya.

Didirikan pada tanggal 22 September 1961, UK Petra kini berkembang dengan pesat. UK Petra memiliki gedung perkuliahan yang menerapkan konsep “green building” seharga Rp 200 miliar. Adanya gedung ini menjadikan UK Petra sebagai perguruan tinggi pertama yang memiliki gedung hemat energi di Surabaya (beritasatu.com, 5/9/2013).

UK Petra adalah salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya. Selain sudah terakreditasi A dengan No SK 323/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018, UK Petra juga berada di peringkat ke-30 dalam Daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 dan peringkat ke-41 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Total program studi yang ada di UK Petra berjumlah sekitar 19, dengan jenjang pendidikan mulai dari S1 s/d S3.

Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di UK Petra dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi petra.ac.id.

2. Universitas Surabaya

ubaya

[KLIK gambar di atas untuk melihat video profil Universitas Surabaya]

Universitas Surabaya (disingkat Ubaya) adalah sebuah universitas swasta di Surabaya. Ubaya merupakan penerus Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Namanya diganti menjadi Universitas Surabaya pada 1968. Hari jadi Ubaya ditetapkan pada 11 Maret 1968.

Ubaya adalah salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya. Selain sudah terakreditasi A dengan No SK 1026/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2015, Ubaya juga berada di peringkat ke-31 dalam Daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 dan peringkat ke-45 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Saat ini, kampus yang beralamat di Jalan Tenggilis Mejoyo, Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya ini membuka 23 program studi. Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di Ubaya dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.ubaya.ac.id.

3. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

untag

[KLIK gambar di atas untuk melihat video profil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya]

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (disingkat Untag) adalah perguruan tinggi swasta di Surabaya, Indonesia yang didirikan pada 17 Agustus 1958.

Untag adalah salah satu universitas swasta terbaik di Surabaya. Selain sudah terakreditasi A dengan No SK 485/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018, Untag juga berada di peringkat ke-64 dalam Daftar 100 Peringkat Perguruan Tinggi Non-Politeknik di Indonesia tahun 2017 dan peringkat ke-81 dalam Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Saat ini, kampus yang beralamat di Jalan Semolowaru 45 Surabaya ini, membuka 25 program studi. Untuk informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di Untag dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru di sana, silakan kunjungi www.untag-sby.ac.id.

Penutup

Sebenarnya masih banyak perguruan tinggi swasta di Surabaya lainnya yang belum ditampilkan pembahasannya di artikel ini. Perguruan tinggi swasta yang dimaksud, yaitu:

  • Akademi Akupunktur Surabaya
  • Akademi Farmasi Surabaya
  • Akademi Sekretari Dan Manajemen Indonesia Surabaya
  • Akademi Sekretari Widya Mandala Surabaya
  • Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya
  • Institut Informatika Indonesia Surabaya
  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman Al-Hakim Surabaya
  • Sekolah Tinggi Agama Islam YPBWI Surabaya
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapan Surabaya
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Unggul Surabaya
  • Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya
  • Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya
  • Dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk perguruan tinggi swasta yang belum ada pembahasannya di artikel ini, akan kami usahakan untuk mengupdate-nya di kemudian hari atau jika kamu membutuhkan informasi secepatnya, kamu bisa mendapatkannya dengan bantuan Google.

Demikian pembahasan tentang lembaga perguruan tinggi di Surabaya.

Semoga artikel ini bisa membantumu dalam memutuskan kampus mana tempatmu melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya.[]

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)