Fakta bahwa sejumlah perguruan tinggi yang berada di peringkat teratas dalam daftar Universitas Terbaik Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti berstatus negeri, membuktikan bahwa saat ini perguruan tinggi negeri masih berkualitas lebih baik dibandingkan perguruan tinggi swasta.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, perlu kiranya menjadikan perguruan tinggi negeri sebagai prioritas.

Nah, apa saja universitas yang masuk ke dalam kategori 25 universitas negeri terbaik saat ini? Berikut ini peringkat dan profil singkat dari masing-masing lembaga.

25 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung atau biasa disingkat ITB adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung yang berdiri sejak 1959.

Tahun 2018 lalu, Kemenristekdikti menempatkan ITB sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia peringkat pertama.

Di awal tahun ini, Times Higher Education menempatkan ITB di peringkat ke-165 untuk kategori universitas terbaik di negara berkembang tahun 2019 (Emerging Economies Ranking Universities 2019).

Adapun di kategori universitas terbaik di dunia, ITB berada di peringkat ke-359 dalam QS World University Ranking 2019.

Demikian profil singkat tentang ITB dan beberapa prestasi yang dicapai baru-baru ini.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di ITB, saat ini ITB memiliki 12 fakultas yang terdiri dari 49 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.itb.ac.id.

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada atau biasa disingkat UGM adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bulaksumur, Yogyakarta dan telah berdiri sejak 1949.

Universitas yang memiliki julukan ‘kampus biru’ ini memiliki banyak prestasi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Di dalam negeri, salah satu prestasi terbaru UGM ialah menduduki peringkat kedua dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia tahun 2018 versi Ristekdikti.

Sedangkan di luar negeri, salah satu prestasi UGM ialah berada dalam peringkat antara 251 s/d 300 untuk kategori Universitas Terbaik di Negara Berkembang tahun 2019 versi Times Higher Education.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di UGM, saat ini UGM memiliki 18 fakultas dengan beragam program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.ugm.ac.id.

3. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau biasa disingkat IPB adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 1 September 1963 dan berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

IPB adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang paling banyak mendapat penghargaan, baik di tingkat Indonesia maupun tingkat dunia.

Di tingkat Indonesia, IPB mendapat peringkat ke-3 dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia tahun 2018, peringkat ke-3 pada tahun 2017, peringkat ke-4 pada tahun 2016, dan peringkat ke-3 pada tahun 2015 (Pemeringkatan oleh Kemenristekdikti).

Di tingkat dunia, IPB masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik di dunia versi QS World University Ranking by Subject Agriculture and Forestry Tahun 2018 dan Peringkat ke-130 Asia QS Asian University Rankings 2018.

Atas inovasi-inovasi yang dihasilkannya, IPB mendapat Anugerah Widyapadhi Peringkat 1 Nasional dari Kemenristekdikti selama dua tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2018 dan 2017.

Dan masih banyak lagi penghargaan lainnya yang diterima oleh IPB selama ini.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di IPB, saat ini IPB memiliki 12 fakultas yang terdiri dari 56 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di ipb.ac.id.

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau biasa disingkat UI adalah sebuah universitas negeri di Indonesia, yang berdiri pada tahun 1849, dan berlokasi di kawasan Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta Pusat.

Sederet penghargaan di tingkat lokal dan internasional berhasil diraih oleh universitas yang jaket almamaternya berwarna kuning ini.

Di tingkat lokal, UI mendapat peringkat ke-4 dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti. Di tingkat internasional, UI mendapatkan peringkat pertama untuk kategori universitas asal Indonesia versi QS.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di UI, saat ini UI memiliki 13 fakultas yang terdiri dari 52 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.ui.ac.id.

5. Universitas Diponegoro

Undip
Photo by rumah aghaza from Pexels

Universitas Diponegoro atau biasa disingkat Undip adalah sebuah universitas yang pada mulanya bernama Universitas Semarang (berdiri tahun 1956), dan pada tahun 1960 diganti namanya oleh Ir. Soekarno menjadi Universitas Diponegoro.

Seperti halnya kampus negeri ternama, Undip menorehkan beberapa prestasi, baik di tingkat Indonesia maupun dunia.

Di dalam negeri, salah satu prestasi terbaru Undip ialah menduduki posisi ke-5 dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Di tingkat dunia, Undip berada di peringkat antara 801-1000 universitas terbaik di dunia versi QS.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di Undip, saat ini Undip memiliki 11 fakultas yang terdiri dari 48 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.undip.ac.id.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Saat ini

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS termasuk universitas terbaik di Indonesia
Photo by Arifhidayat / CC BY-SA 3.0

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau biasa disingkat ITS adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Surabaya, yang diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 10 November 1957.

Perguruan tinggi yang website resminya menggunakan paduan warna putih, kuning, dan navy ini, telah meraih banyak prestasi.

Di dalam negeri, ITS berada di peringkat ke-6 untuk kategori Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia 2018 versi Kemenristekdikti.

Di tingkat luar negeri, ITS berada di posisi antara 801-1000 dalam QS World University Ranking 2019.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di ITS, saat ini ITS memiliki 9 fakultas yang terdiri dari 31 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.its.ac.id.

7. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau biasa disingkat Unair adalah sebuah universitas negeri di Surabaya yang diresmikan pada tanggal 10 November 1954.

Saat ini, Unair berada di peringkat ke-7 dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti, dan peringkat antara 751-800 dalam QS World University Rankings.

Buat kamu yang ingin kuliah program S1 di Unair, perlu kamu ketahui bahwa Unair saat ini memiliki 13 fakultas yang terdiri dari 37 program studi.

Buat kamu yang ingin kuliah di Unair, saat ini Unair memiliki 13 fakultas yang terdiri dari 37 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.unair.ac.id.

8. Universitas Hasanuddin

Unhas
Image Source: unhas.ac.id

Universitas Hasanuddin atau biasa disingkat Unhas adalah sebuah universitas negeri yang didirikan pada tahun 1956 di Makassar.

Cikal bakalnya sudah ada sejak tahun 1947, yaitu sebuah fakultas ekonomi di Makassar yang saat itu merupakan cabang Fakultas Ekonomi UI. Fakultas ini kemudian berkembang menjadi Universitas Hasanuddin seperti yang dikenal sekarang.

Perguruan tinggi yang memasukkan ayam jantan ke dalam logonya ini, juga telah menorehkan banyak prestasi.

Di Indonesia, Unhas menduduki peringkat ke-8 dalam daftar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia tahun 2018; di tingkat Asia, Unhas menduduki peringkat antara 401-450 versi QS.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di Unhas , saat ini Unhas memiliki 15 fakultas yang terdiri dari 58 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di unhas.ac.id.

9. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran atau biasa disingkat Unpad adalah sebuah universitas negeri yang diresmikan pada 24 September 1957, dan terletak di Bandung dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Di Indonesia, Unpad berada di peringkat ke-9 dalam kategori Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti; di tingkat global, Unpad masuk di peringkat rentang 651-700 versi QS World University Rankings tahun 2019.

Buat kamu yang ingin kuliah di Unpad, saat ini Unpad memiliki 16 fakultas yang terdiri dari 53 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.unpad.ac.id.

10. Universitas Andalas

Unand
The rectorate building of Andalas University in Limau Manih, Padang” by SpartacksCompatriot, used under
CC BY-SA 3.0

Universitas Andalas atau biasa disingkat Unand adalah sebuah universitas negeri di Padang yang didirikan pada tahun 1955.

Saat ini, Unand menduduki peringkat ke-10 dalam kategori Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia tahun 2018 versi Kemenristekdikti.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan program S1 di Unand, saat ini Unand memiliki 15 fakultas yang terdiri dari 38 program studi. Untuk info selengkapnya mengenai masing-masing program studi dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru, silakan kunjungi situs resminya di www.unand.ac.id.

[Profil 15 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Berikutnya dalam Proses Penulisan]

Itulah 25 universitas negeri terbaik di Indonesia saat ini. Semoga daftar ini bisa membantumu dalam memilih perguruan tinggi untuk jenjang pendidikanmu berikutnya.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup