Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di ibu kota, tentu kamu ingin kuliah di kampus yang berkualitas, bukan? Nah, kamu sudah tepat mengunjungi halaman ini, karena sebentar lagi kamu akan mengetahui daftar universitas swasta terbaik di Jakarta saat ini (2019).

Mengapa artikel ini hanya menyajikan universitas swasta terbaik di Jakarta, mengapa tidak sekalian membahas kampus negeri juga?

Sebab, kampus negeri rata-rata berkualitas, karena ia didukung secara finansial oleh pemerintah. Lain halnya dengan kampus swasta yang kualitasnya tidak merata: ada yang kualitasnya sudah baik, ada yang belum.

Nah, tidak perlu berpanjang kata, yuk kita langsung saja mengetahui daftar universitas swasta terbaik di Jakarta tahun 2019.

Oh ya, perlu saya sampaikan, bahwa urutan atau peringkat universitas swasta di Jakarta ini mengacu kepada hasil riset yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang berjudul “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”.

Universitas Swasta Terbaik di Jakarta 2019

1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Atma Jaya BSD Campus
Atma Jaya Catholic University of Indonesia BSD Campus” by Isabella Emma Smith is licensed under CC BY-SA 4.0

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960.

Unika Atma Jaya memiliki tiga lokasi kampus yang berbeda. Kampus pertama terletak di Jl. Jenderal Sudirman no. 5, kampus kedua terletak di Jl, Pluit Raya 2, dan kampus ketiga berlokasi di Jl. Cisauk – Lapan, BSD, Tangerang.

Saat ini, Unika Atma Jaya memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 22 program studi. Informasi lengkap mengenai program studi di Unika Atma Jaya dapat dilihat di atmajaya.ac.id.

Satu hal yang hampir terlupa, oleh Kemenristekdikti, Unika Atma Jaya ditempatkan pada urutan ke-30 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”. Hal ini menempatkan Unika Atma Jaya ke dalam urutan pertama dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta 2019.

Secara institusi, Unika Atma Jaya pun juga sudah mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan No SK 3007/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. SK ini menunjukkan bahwa akreditasi A Unika Atma Jaya sudah berlaku sejak 2016 lalu.

2. Universitas Bina Nusantara

Binus peringkat ke-2 universitas swasta terbaik di Jakarta
Photo by Ivan Akira / CC BY-SA 3.0

Universitas Bina Nusantara awalnya hanyalah sebuah institusi pelatihan komputer biasa, yang berdiri pada 21 Oktober 1974. Seiring berjalannya waktu, institusi tersebut kemudian menjadi Akademi Teknik Komputer (1991) dan kemudian berubah menjadi AMIK Jakarta (1984). Saat itu, AMIK membuka kursus di bidang komputerisasi akuntansi dan mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 September 1985.

Pada tahun 1986, AMIK mendapat penghargaan sebagai akademi komputer terbaik dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahun yang sama, AMIK Bina Nusantara kemudian membentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Bina Nusantara. Institusi ini menawarkan program studi sarjana S1 di bidang manajemen informatika dan teknik informatika.

Singkat cerita, Universitas Bina Nusantara berdiri pada 8 Agustus 1996 dan dua tahun berikutnya STMIK Bina Nusantara kemudian bergabung dengan Universitas Bina Nusantara.

Walaupun Universitas Bina Nusantara atau disingkat Binus didirikan pada 8 Agutus 1996, tetapi karena cikal bakalnya adalah sebuah institusi pelatihan komputer yang berdiri pada 21 Oktober 1974, maka tanggal berdirinya Binus mengikuti tanggal berdirinya institusi pelatihan komputer tersebut.

Dengan demikian, Universitas Bina Nusantara atau yang biasa disingkat Binus ini adalah universitas swasta yang telah aktif berusaha memajukan sumber daya manusia di Indonesia selama kurang lebih 44 tahun.

Sampai saat artikel ini ditulis, Binus telah meluluskan banyak alumni berprestasi. Beberapa di antaranya ialah berikut ini:

  • William Tanuwijaya (Pendiri dan CEO Tokopedia; lulusan jurusan Teknik Informatika 1999)
  • Calvin Kizana (Pendiri dan CEO Picmix; lulusan jurusan Ilmu Komputer angkatan 1991)
  • Kevin Osmond (Co-Founder dan CEO Printerous; lulusan jurusan Ilmu Komputer angkatan 2001)

Tak salah menempatkan Binus di posisi ke-2 dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta, karena Kemenristekdikti sendiri menempatkan Binus di peringkat ke-40 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”.

Secara akreditasi institusi, Binus pun juga sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 2991/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. SK ini menunjukkan bahwa akreditasi A yang dimiliki Binus sudah berlaku sejak tahun 2016.

Binus memiliki kampus utama yang berlokasi di Jalan K. H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

Saat ini Binus memiliki sekitar 11 fakultas untuk program S1, di antaranya Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Informatika,  Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Desain. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai jurusan yang ada di Binus, silakan kunjungi Binus.ac.id.

3. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara (UNTAR) adalah universitas swasta di Jakarta yang beralamat di Jalan Letjen S Parman No 1 Jakarta Barat.

UNTAR sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT dengan No SK 3123/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. SK ini menunjukkan bahwa UNTAR sudah terakreditasi sejak 2017 lalu.

Sejak berdiri pada tahun 1959 hingga sekarang, Untar telah meraih banyak penghargaan. Di antaranya yang terbaru ialah, pengajar sekaligus rektor UNTAR, Prof. Dr. Agustinus Purna Irawan, menerima sertifikat dan medali ASEAN Engineer dari The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

Penghargaan tersebut diberikan di acara 36th Conference of the ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO 36) yang digelar di Singapura pada 12-14 November 2018. Alasan diberikan penghargaan tersebut karena pengajar pada Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNTAR ini dianggap memenuhi kualifikasi sebagai ASEAN Engineer (ASEAN Eng).

Adapun dimasukkannya UNTAR ke dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta pada posisi ke-3 ialah karena ia, oleh Kemenristekdikti, ditempatkan pada urutan ke-50 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”.

Nah, buat kamu yang ingin kuliah di sini, UNTAR menawarkan 8 fakultas di program S1-nya, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Seni Rupa dan Desain dan Fakultas Teknik. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di masing-masing fakultas dan juga proses penerimaan mahasiswa baru, silakan kunjungi untar.ac.id.

4. Universitas Gunadarma

universitas gunadarma
Sumber gambar: Instagram

Universitas Gunadarma adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang didirikan pada tanggal 7 Agustus 1981.

Walaupun kampus utamanya berada di Kota Depok, Jawa Barat, tetapi karena Gunadarma memiliki beberapa kampus yang berlokasi di Jakarta, seperti kampus A yang berlokasi di Jalan Kenari No. 13 Jakarta Pusat dan kampus B yang berlokasi di Jalan Salemba Bluntas Jakarta Pusat, maka Gunadarma tetap dianggap sebagai salah satu universitas swasta yang berada di Jakarta.

Oleh Kemenristekdikti, Gunadarma ditempatkan pada urutan ke-56 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”. Hal ini menempatkan Gunadarma ke dalam urutan ke-4 dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta 2019.

Adapun oleh BAN-PT, Gunadarma sudah diberikan akreditasi A dengan No SK
244/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2018. SK ini menunjukkan bahwa Gunadarma sudah terakreditasi A sejak tahun 2018.

Oh ya, menurut saya, website Universitas Gunadarma masih belum berkualitas dari segi UI dan UX-nya. Oleh karena itu, saya lebih memilih mengakses situs BAN-PT untuk mengetahui apa saja jurusan untuk program S1 di Gunadarma beserta status akreditasinya.

Pada saat artikel ini ditulis, jurusan kuliah untuk program S1 dan yang sudah terakreditasi berjumlah 16 jurusan: 13 di antaranya sudah mendapat akreditasi A, 3 sisanya sudah terakreditasi B.

Ke-13 jurusan yang sudah terakreditasi A tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Akuntansi
  2. Arsitektur
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Manajemen
  5. Psikologi
  6. Sastra Inggris
  7. Sistem Informasi
  8. Sistem Komputer
  9. Teknik Elektro
  10. Teknik Industri
  11. Teknik Informatika
  12. Teknik Mesin
  13. Teknik Sipil

Adapun ke-3 jurusan yang sudah terakreditasi B ialah sebagai berikut:

  1. Agroteknologi
  2. Ekonomi Syariah
  3. Pariwisata

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai program dan jurusan kuliah yang ada di Gunadarma, silakan kunjungi www.gunadarma.ac.id.

5. Universitas Pancasila

Universitas Pancasila didirikan pada 28 Oktober 1966 dan merupakan gabungan dari Universitas Pancasila (lama) dan Universitas Bung Karno.

Universitas ini memiliki dua kampus yang berada di lokasi yang berbeda. Kampus 1 berlokasi di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640 dan Kampus 2 berlokasi di Jalan Borobudur No. 7 Jakarta Pusat.

Nama Universitas Pancasila semakin melejit  ketika kampusnya pernah digunakan syuting sinetron legendaris “Si Doel Anak Sekolahan” pada tahun 90 an. Dalam sinetron tersebut digambarkan Doel yang diperankan Rano Karno menjadi mahasiswa jurusan teknik Universitas Pancasila.

Universitas yang berada di peringkat ke-59 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018” sehingga menempatkannya pada urutan ke-5 dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta 2019 ini, memiliki enam fakultas untuk program S1-nya, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Pariwisata. Untuk informasi lebih lengkap tentang fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Pancasila, silakan kunjungi www.univpancasila.ac.id.

Oh ya, hampir terlupa, Universitas Pancasila sudah mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada tahun 2018 dengan No SK 410/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. SK ini menunjukkan bahwa Universitas Pancasila sudah terakreditasi A sejak tahun 2018.

6. Universitas Trisakti

universitas trisakti
Photo by Ya, saya inBaliTimur / CC BY-SA 2.0

Universitas Trisakti atau biasa disingkat Usakti adalah universitas swasta terbesar yang berlokasi di Jakarta. Mengutip dari Wikipedia, universitas ini didirikan pada 29 November 1965, dan universitas ini memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa aktif serta telah meluluskan lebih dari 100.000 alumni.

Dilihat dari letaknya, posisi kampus Universitas Trisakti sangatlah strategis, karena berada tepat di tengah-tengah jantung ibu kota Jakarta. Karena itu, saat pertama kali didirikan, Universitas Trisakti diharapkan dapat menjadi barometer perubahan beserta penggerak pembangunan daerah dan pembangunan di tingkat nasional.

Oleh Kemenristekdikti, Usakti ditempatkan pada urutan ke-60 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”. Hal ini menempatkan Usakti ke dalam posisi ke-6 dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta 2019.

Oleh BAN-PT, Usakti diberikan akreditasi A pada 2017 lalu dengan No SK 4341/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017.

Nah, buat kamu yang ingin melanjutkan ke jenjang S1, Usakti memiliki sembilan fakultas yang bisa kamu pilih, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

7. Universitas Nasional

UNAS peringkat ke-7 universitas swasta terbaik di Jakarta
Sumber gambar: www.unas.ac.id

Universitas Nasional atau biasa disingkat Unas adalah universitas swasta yang beralamat di Jalan Sawo Manila, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Universitas yang didirikan pada 15 Oktober 1949 ini, oleh Kemenristekdikti, Unas ditempatkan pada urutan ke-68 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”. Hal ini menempatkan Unas ke dalam posisi ke-7 dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta 2019.

Saat ini, Unas memiliki telah memiliki sembilan Fakultas dengan 22 program studi untuk tingkat S1.

Akreditasi Unas cukup baik. Secara institusi, Unas sudah terakreditasi A dengan No SK 3891/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017. Adapun secara program studi, dari total 23 program studi untuk tingkat S1, enam di antaranya sudah terakreditasi A, 15 di antaranyaterakreditasi B, satu sisanya terakreditasi C, dan satunya lagi belum terakreditasi.

Berikut ini adalah daftar lengkap fakultas dan jurusan di Unas beserta akreditasinya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  1. Ilmu Politik – A
  2. Hubungan Internasional – B
  3. Ilmu Administrasi Negara – A
  4. Sosiologi – A
  5. Ilmu Komunikasi – A

Fakultas Hukum

  1. Ilmu Hukum – B

Fakultas Bahasa dan Sastra

  1. Sastra Inggris – B
  2. Sastra Indonesia – B
  3. Sastra Jepang – B
  4. Bahasa Korea – C

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  1. Manajemen – A
  2. Akuntansi – B
  3. Pariwisata – B

Fakultas Teknik dan Sains

  1. Fisika – B
  2. Teknik Elektro – B
  3. Teknik Mesin – B
  4. Teknik Fisika – B

Fakultas Biologi

  1. Biologi – A

Fakultas Pertanian

  1. Agroteknologi – B

Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika

  1. Sistem Informasi – B
  2. Teknik Informatika – B

Fakultas Ilmu Kesehatan

  1. Keperawatan – B
  2. Kebidanan – Tidak ada keterangan

Demikian profil singkat Unas. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang universitas ini, silakan kunjungi www.unas.ac.id.

8. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana Jakarta (selanjutnya disebut Mercu Buana) adalah sebuah universitas swasta di ibu kota yang memiliki tiga kampus, yaitu Kampus Meruya, Kampus Menteng, dan Kampus Cibubur.

Kampus Meruya beralamat di Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat; Kampus Menteng berlokasi di Jalan Menteng Raya No. 29, Jakarta Pusat; dan Kampus Cibubur berada di Jalan Keranggan No. 6, Jatisampurna Bekasi.

Oleh Kemenristekdikti, Mercu Buana ditempatkan pada urutan ke-73 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”. Hal ini menempatkan Mercu Buana ke dalam posisi ke-8 dalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta 2019.

Universitas yang berdiri sejak 1985 ini telah menorehkan banyak prestasi. Yang paling baru di antaranya, tim dari Universitas Mercu Buana (UMB) berhasil meraih gelar juara 1 dalam ajang Tokyo International Choir Competition 2018 di Jepang untuk kategori folklore (lagu daerah).

Prestasi lainnya, tiga mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur UMB berhasil meraih peringkat dua sayembara tingkat nasional mendesain Pulau Kodingareng Keke yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sulawesi Selatan di Trans Studio Makassar pada Sabtu, 24 November 2018.

Pada saat artikel ini ditulis, Mercu Buana telah memiliki enam fakultas dengan 14 program studi untuk tingkat S1.

Akreditasi Mercu Buana cukup baik. Secara institusi, Mercu Buana mendapat akreditasi A sejak 2016 dengan No SK 3001/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Secara program studi, dari total 14 program studi untuk tingkat S1, enam di antaranya terakreditasi A, dan delapan sisanya terakreditasi B.

Informasi tentang jurusan di Universitas Mercu Buana dan akreditasinya sudah kami tulis di artikel tersendiri, buat kamu yang ingin membacanya, silakan kunjungi Jurusan Universitas Mercu Buana Jakarta – Yogyakarta dan Akreditasinya.

Demikian profil singkat Universitas Mercu Buana Jakarta. Untuk informasi selengkapnya tentang cara pendaftaran mahasiswa baru di Mercu Buana, silakan kunjungi website resminya di www.mercubuana.ac.id/id.

Usai sudah pembahasan tentang universitas swasta terbaik di Jakarta 2019.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan informasi yang kamu butuhkan.

Jangan ragu untuk kuliah di kampus swasta di Jakarta!


Tanya-Jawab Seputar Universitas Swasta di Jakarta


#1 Apa saja universitas swasta jurusan sastra inggris di jakarta?

Universitas swasta Jurusan Sastra Inggris di Jakarta ada banyak, beberapa di antaranya yaitu:

1. Universitas Bunda Mulia (UBM)
2. Universitas Bina Nusantara (Binus)
3. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

#2 Universitas swasta di Jakarta akreditasi A, apa saja?

Semua universitas yang dibahas profilnya di artikel ini adalah beberapa universitas swasta di Jakarta yang sudah terakreditasi A.

#3 Universitas swasta teknik informatika terbaik di Jakarta, apa saja?

Binus, Mercu Buana, Universitas Pancasila, Gunadarma, dan Universitas Esa Unggul Jakarta adalah beberapa universitas swasta yang Jurusan Teknik Informatika-nya sudah terakreditasi A.

#4 Kampus swasta di Jakarta yang belum disebutkan di artikel ini?

Lebih dari 100 kampus swasta di Jakarta belum disebutkan namanya di dalam artikel ini. Tidak memungkinkan jika menyebutkan semuanya di sini. Namun, saya ingin menyebutkan kampus swasta di Jakarta yang sudah terakreditasi A saja. Kampus swasta di Jakarta yang saya maksud ialah sebagai berikut:

1. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara
2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti
3. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
4. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

Apakah kamu memiliki pertanyaan lain seputar universitas swasta di Jakarta yang belum dibahas di dalam artikel ini? Jika ya, silakan tulis pertanyaanmu di kolom komentar, ya!


Gambar utama: “Monas (National Monument) on the foreground with rising Jakarta skylines on the background” by Gunawan Kartapranata is licensed under CC BY-SA 3.0

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

3 Komentar

  1. Afifah Farhana F Balas

    padahal uai (universitas Al-Azhar Indonesia) juga udah termasuk bagus loh, lapangan + halamannya juga udah luas banget:(

    • Adnan Syafi'i Balas

      Ya, Universitas Al-Azhar Indonesia juga bagus, terima kasih atas tambahannya ya Afifah ! 🙂

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup