Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di kota Medan, tentu kamu ingin kuliah di kampus yang berkualitas, bukan? Nah, kamu sudah tepat mengunjungi halaman ini, karena sebentar lagi kamu akan mengetahui daftar universitas swasta terbaik di Medan saat ini (2019).

Mengapa artikel ini hanya menyajikan universitas swasta terbaik di Medan, mengapa tidak sekalian membahas kampus negeri juga?

Sebab, kampus negeri pada umumnya sudah memiliki kualitas yang cukup baik, karena ia didukung oleh pemerintah secara finansial. Lain halnya dengan kampus swasta yang kualitasnya tidak merata: ada yang kualitasnya sudah bagus, dan ada yang belum.

Nah, tidak perlu berpanjang kata, yuk kita langsung saja mengetahui daftar universitas swasta terbaik di Medan tahun 2019.

Oh ya, perlu saya sampaikan, bahwa peringkat universitas swasta dalam artikel ini diurutkan berdasarkan akreditasinya. Jadi, universitas swasta yang akreditasinya A saya posisikan lebih tinggi dibandingkan universitas yang akreditasinya B, dan universitas yang terakreditas B saya unggulkan daripada universitas yang akreditasinya C.

Adapun jika terdapat dua atau lebih universitas yang sama-sama terakreditasi A, maka akan saya unggulkan universitas yang memiliki jurusan terakreditasi A lebih banyak, dan seterusnya.

Sesederhana itu cara penilainnya. Walaupun sederhana, tapi tetap logis dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pengantar artikel ini sudah cukup saya rasa, jadi mari kita mulai saja membahas 10 universitas swasta terbaik di Medan saat ini (tahun 2019).

10 Universitas Swasta Terbaik di Medan (2019)

#1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

umsu universitas swasta terbaik di medan

Klik gambar di atas untuk menonton video profil Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau disingkat UMSU adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh persyarikatan Muhammadiyah pada tanggal 27 Februari 1957 di Medan.

UMSU memiliki tiga lokasi kampus yang berbeda. Kampus utama terletak di Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238; Kampus Kedokteran terletak di Jl. Gedung Arca No. 53; dan Kampus Pascasarjana berlokasi di Jl. Denai No. 217 Medan 20226.

Secara institusi, UMSU sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan No. 89/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019. SK ini menunjukkan bahwa akreditasi A terbaru UMSU berlaku sejak 2019 dan akan berakhir pada tahun 2024.

Mengutip dari data BAN-PT, UMSU memiliki 34 program studi yang sudah terakreditasi: sembilan di antaranya sudah terakreditasi A; 24 di antaranya terakreditasi B; sisanya terakreditasi C.


Untuk informasi selengkapnya tentang UMSU, silakan kunjungi website resminya di www.umsu.ac.id.

#2 Universitas Medan Area

universitas medan area

Klik gambar di atas untuk menonton video profil Universitas Medan Area

Universitas Medan Area atau disingkat UMA adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Medan yang didirikan pada tahun 1983 dan memperoleh status terdaftar pada tanggal 6 Maret 1984 berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 054/0/1984.

Nama Universitas Medan Area diambil sebagai penghargaan atas perjuangan mempertahankan kemerdekaan oleh pejuang-pejuang 1945 di sekitar kota Medan yang lebih dikenal dengan nama  “Pejuang-Pejuang Medan Area”.

UMA memiliki dua lokasi kampus yang berbeda. Kampus pertama terletak di Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223 dan kampus kedua beralamat di Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112.

Secara institusi, UMA sudah mendapat akreditasi B dari BAN-PT (Lihat: www.uma.ac.id/page/keunggulan-uma).

Adapun secara jurusan, menurut data yang dimuat di situs BAN-PT, terdapat 20 jurusan di UMA yang sudah terakreditasi: tiga di antaranya sudah terakreditasi A, 16 di antaranya terakreditasi B, dan sisanya terakreditasi C.

Berikut ini adalah daftar lengkap jurusan di UMA dan status akreditasinya.


Untuk informasi selengkapnya tentang UMA, silakan kunjungi website resminya di www.uma.ac.id.

#3 Universitas Pembangunan Panca Budi

salah satu universitas swasta terbaik di medan 2019

Universitas Pembangunan Panca Budi atau disingkat UNPAB adalah universitas swasta di Medan yang didirikan pada tanggal 19 Desember 1961.

UNPAB beralamat di Jalan Jendral Gatot Subroto KM. 4, 5 Sei Sikambing 20122.

Secara institusi, UNPAB sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 212/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015. Adapun secara jurusan, akreditasi jurusan di UNPAB bisa dilihat pada tabel berikut ini.


Informasi selengkapnya tentang UNPAB bisa didapatkan di www.pancabudi.ac.id.

#4 Universitas HKBP Nommensen

salah satu dari 10 universitas swasta terbaik di medan 2019

Universitas HKBP Nommensen atau disingkat UHN adalah universitas swasta di Medan yang didirikan pada tanggal 7 Oktober 1954. Namanya diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatra Utara pada akhir abad ke-IXX.

UHN beralamat di Jalan Sutomo No. 4A, Perintis, Kec. Medan Timur, Kota Medan 20235.

Secara institusi, UHN sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 1483/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017. Adapun secara jurusan, akreditasi jurusan di UHN bisa dilihat pada tabel berikut ini.


Untuk informasi selengkapnya tentang UHN, silakan kunjungi situs resminya di uhn.ac.id.

#5 Universitas Islam Sumatera Utara

universitas islam sumatera utara
www.instagram.com/p/ByJmhixnQm7/

Didirikan pada tahun 1952, menjadikan Universitas Islam Sumatera Utara sebagai  perguruan tinggi Islam di Indonesia dan tertua di Pulau Sumatera.

BACA JUGA : 10 Universitas Tertua dan Terluas di Indonesia

Perguruan tinggi yang biasa disingkat UISU ini beralamat di Jalan Sisingamangaraja Teladan Barat, Medan 20217.

Secara institusi, UISU sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 1414/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2016. Adapun secara jurusan, akreditasi jurusan di UISU bisa dilihat pada tabel di bawah ini.


Untuk informasi selengkapnya tentang UISU, silakan kunjungi situs resminya di www.uisu.ac.id.

#6 Universitas Prima Indonesia

universitas prima indonesia

Universitas Prima Indonesia (disingkat UNPRI) didirikan oleh dr.I.Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM (Lie Eng Kun). Cikal Bakal Universitas Prima Indonesia bermula dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Prima Medan yang didirikan pada tahun 2001, kemudian pada tahun 2002 berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan. Pada tahun 2005, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan berkembang menjadi Universitas Prima Indonesia.

UNPRI memiliki empat kampus dengan lokasi yang berbeda. Kampus 1 beralamat di Jl. Belanga No. 1 simp. Ayahanda; Kampus 2 beralamat di Jl. Sekip simp. Sikambing; Kampus 3 beralamat di Jl. Danau Singkarak; dan Kampus 4 beralamat di Jl. Brigjend. Katamso. Seluruh kampus berada di kota Medan, Sumatera Utara.

Secara institusi, UNPRI sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 3606/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017. Adapun secara jurusan, akreditasi jurusan di UNPRI bisa dilihat pada tabel berikut ini.


Untuk informasi selengkapnya tentang UNPRI, silakan kunjungi situs resminya di unprimdn.ac.id.

#7 Universitas Katolik Santo Thomas

Universitas Katolik Santo Thomas didirikan pada tahun 1984 di Jalan S. Parman 107, Medan.

Secara institusi, Universitas Katolik Santo Thomas sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 331/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Adapun secara jurusan, akreditasi jurusan di kampus ini bisa dilihat pada tabel berikut ini.


Untuk informasi selengkapnya tentang Universitas Katolik Santo Thomas, silakan kunjungi situs resminya di www.ust.ac.id.

#8 Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah atau disingkay UMNAW didirikan pada tahun 1996 di Kota Medan. Kampusnya beralamat di Jl. Garu II A, Harjosari I, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara 20147.

Secara institusi, UMNAW sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 3134/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017. Adapun secara jurusan, akreditasi jurusan di kampus ini bisa dilihat pada tabel berikut ini.


Untuk informasi selengkapnya tentang UMNAW, silakan kunjungi situs resminya di umnaw.ac.id.

#9 Universitas Dharmawangsa

universitas dharmawangsa
Sumber: www.dharmawangsa.ac.id

Universitas yang beralamat di Jl. K. L Yos Sudarso No. 244 Medan ini terakreditasi C dengan SK Nomor 4298/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2017.

Dan berikut ini adalah daftar jurusan di Universitas Dharmawangsa dan status akreditasinya.


Untuk informasi selengkapnya tentang Universitas Dharmawangsa, silakan kunjungi situs resminya di dharmawangsa.ac.id.

#10 Universitas Potensi Utama

universitas potensi utama
Sumber: potensi-utama.ac.id

Universitas yang beralamat di Jl. Kl. Yos Sudarso Km. 6,5 No. 3-A Tanjung Mulia ini terakreditasi C dengan SK Nomor 347/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2015.

Dan berikut ini adalah daftar jurusan di Universitas Potensi Utama dan status akreditasinya.


Untuk informasi selengkapnya tentang kampus ini, silakan kunjungi situs resminya di potensi-utama.ac.id.

TABEL: 10 Universitas Swasta Terbaik di Medan 2019

Penutup

Demikian daftar 10 universitas swasta terbaik di Medan.

Oh ya, selain universitas, di Medan juga terdapat perguruan tinggi swasta jenis non-universitas. Berikut ini daftarnya dan status akreditasinya:

  1. Akademi Akuntansi YPK Medan – C
  2. Akademi Kebidanan Hafsyah Medan – B
  3. Akademi Kebidanan Nusantara 2000 Medan – C
  4. Akademi Keperawatan Kesdam I/Bukit Barisan Medan – B
  5. Akademi Keperawatan Malahayati Medan – B
  6. Akademi Keperawatan Wirahusada Medan – C
  7. Akademi Maritim Indonesia Medan – B
  8. Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung Medan – B
  9. Akademi Pariwisata Medan – C
  10. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan – B
  11. Institut Kesehatan Helvetia, Medan – B
  12. Institut Teknologi Medan – C
  13. Politeknik LP3i Medan – B
  14. Politeknik Pembangunan Pertanian Medan – B
  15. Politeknik Poliprofesi Medan – C
  16. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan – C
  17. Sekolah Tinggi Bahasa Asing Sebelas April Sumedang – C
  18. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Husada Medan – B
  19. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nurliana Medan – C
  20. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rumah Sakit Haji Medan – B
  21. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santa Elisabeth Medan – B
  22. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Medan – C
  23. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sebelas April Sumedang – C
  24. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Medan – B
  25. Sekolah Tinggi Teologi Abdi Sabda Medan – C
  26. Sekolah Tinggi Teologi Baptis Medan – C
  27. STIKES Senior Medan – C
  28. STIKES Widya Husada Medan – C

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat kuliah di kampus swasta di Medan! Horas!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup