Awal tahun selalu menjadi tenggat waktu bagi setiap siswa kelas 12 untuk menentukan pada universitas mana mereka akan menjatuhkan hati. Tak heran jika kamu, sebagai salah satu siswa kelas 12 yang sedang dihadapkan dengan beberapa pilihan, memerlukan beberapa rekomendasi.

Mungkin sebelum kamu membuat keputusan ke mana kamu akan melanjutkan pendidikan, kamu perlu mengenal 10 universitas terbaik di Indonesia* berikut ini. Siapa tahu, salah satu dari kesepuluh institusi berikut ada di dalam daftar universitas impianmu.

*) Daftar 10 universitas terbaik di Indonesia dalam artikel ini mengacu kepada hasil riset yang dilakukan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) tahun 2018.

Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung

https://www.youtube.com/watch?v=V4B82wgFc_U

Institut Teknologi Bandung adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Bandung yang telah berdiri sejak 2 Maret 1959. Peguruan tinggi ini memiliki sistem multi kampus yang berlokasi di tiga tempat berbeda. Kampus pertama tersebar di wilayah Kecamatan Coblong, Kota Bandung, kampus kedua berlokasi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, dan kampus ketiga terletak di koridor Kawasan Industri Bekasi-Cikampek.

ITB memiliki 12 fakultas yang terdiri atas 49 program studi. Informasi lengkap mengenai daftar program studi yang dimiliki oleh ITB dapat dilihat di https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana.

Berikut adalah beberapa tokoh di Indonesia yang merupakan alumni Institut Teknologi Bandung

  • Achmad Zaky (Pendiri dan CEO Bukalapak, salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Zaky, panggilan akrabnya, merupakan lulusan program studi Teknik Informatika ITB tahun 2004)
  • Ciputra (Pengusaha properti sukses, pada tahun 2018 lalu termasuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes, menduduki peringkat ke-13 dengan total kekayaan US$ 1,4 milliar. Ciputra mendapatkan gelar insinyur dari ITB pada tahun 1960)
  • Joko Anwar (Sutradara, Penulis Skenario, dan Produser Film Indonesia, lulusan program studi Teknik Penerbangan ITB tahun 1999)

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Bulaksumur, Yogyakarta. Perguruan tinggi negeri ini berdiri sejak 19 Desember 1949, sehingga UGM merupakan universitas pertama di Indonesia.

Universitas ini terdiri dari 20 fakultas, yang kemudian terbagi lagi menjadi 124 departemen. Daftar lengkap departemen di UGM dapat dilihat di https://www.ugm.ac.id/id/pendidikan.

Dikenal sebagai universitas yang memiliki banyak alumni dengan nama besar, berikut beberapa tokoh berprestasi yang merupakan alumni UGM:

  • Sapardi Djoko Damono (Sastrawan penerima banyak penghargaan, di antaranya anugerah SEA Write Award pada tahun 1986 dan penghargaan Achmad Bakrie pada tahun 2003. Beliau lulusan Fakultas Ilmu Budaya UGM)
  • Teuku Faisal Fathani (Penemu teknologi mesin deteksi longsor, dosen berprestasi tingkat nasional tahun 2013, dan saat ini bekerja sebagai Guru Besar di Universitas Gadjah Mada. Beliau mendapatkan gelar insinyur dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1998)
  • Ani Setyopratiwi (Penemu metode pembuatan extra virgin coconut oil yang tidak berbau dan bebas asam lemak. Temuannya tersebut dikembangkan menjadi sebuah produk bernama Heltico. Lulusan program doktor UGM tahun 2014 ini, selain bekerja sebagai dosen di almamaternya, juga bekerja sebagai di perusahaannya sendiri, yaitu PT. Setya Putra Perkasa)

3. Institut Pertanian Bogor

IPB salah satu universitas terbaik di Indonesia
Image source: ipb.ac.id

Institut Pertanian Bogor adalah perguruan tinggi negeri di Bogor, yang berlokasi di Jl. Raya Dramaga. Institut ini berdiri sejak 1 September 1963. Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah lembaga pendidikan tinggi yang terdiri dari beberapa lembaga pendidikan pertanian dan kedokteran hewan pada awal abad ke-20. Lembaga-lembaga tersebut adalah Middelbare Landbouwschool, Middelbare Bosbouwschool, dan Nederlandsch Indische Veeartsenschool.

IPB mempunyai 12 fakultas yang terdiri dari 56 program studi. Informasi lengkap mengenai program studi yang ada di IPB dapat dilihat di https://ipb.ac.id/faculty.

Berikut adalah beberapa tokoh Indonesia yang merupakan alumni dari IPB:

  • Jamil Azzaini (Salah satu pakar public speaking di Indonesia, dan saat ini bekerja sebagai CEO di Kubik Leadership sejak 2016. Beliau lulusan program studi Sosial Ekonomi Pertanian IPB tahun 1992)
  • Aisjah Girindra (Presiden World Halal Council, lulusan Fakultas Kedokteran Hewan IPB tahun 1992)
  • Taufiq Ismail (Sastrawan penerima anugerah SEA Write Award. Beliau lulusan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan IPB tahun 1963)

4. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia atau UI adalah sebuah universitas yang pada mulanya adalah Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin yang didirikan pada tahun 1849 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Hindia Belanda. Kemudian perguruan tinggi ini resmi memulai kegiatannya dengan nama institusi Universitas Indonesia pada tanggal 2 Februari 1950.

Kampus UI terletak di kawasan Pondok Cina, Beji, Depok. Universitas ini memiliki 13 fakultas yang terdiri dari 52 program studi. Detail mengenai program studi di UI dapat dilihat di http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler.html.

Terdapat sejumlah alumni Universitas Indonesia yang merupakan figur-figur ternama di Indonesia, di antaranya adalah:

  • Vedi R. Hadiz (Professor of Asian Studies di Asia Institute, University of Melbourne, lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)
  • Najwa Shihab (Jurnalis yang menjadi Duta Baca Indonesia serta Duta Pustaka Bergerak, lulusan Fakultas Hukum)
  • Andrea Hirata (Penulis novel best seller Laskar Pelangi dan menjadi Pemenang BuchAwards Jerman tahun 2013, lulusan Fakultas Ekonomi)

5. Universitas Diponegoro

UNDIP salah satu universitas terbaik di Indonesia
Photo by rumah aghaza from Pexels

Universitas Diponegoro adalah sebuah universitas yang awalnya bernama Universitas Semarang, yang berdiri pada tanggal 9 Januari 1957. Pada Dies Natalis ketiga Universitas Semarang, tepatnya pada tanggal 9 Januari 1960, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro.

Universitas Diponegoro yang dikenal dengan singkatan Undip ini, terletak di Jalan Prof. Soedarto, Semarang. Terdapat 11 fakultas yang terdiri dari 48 program studi di Undip. Informasi lengkap mengenai program-program studi tersebut dapat dilihat di https://www.undip.ac.id/language/id/fakultas.

Beberapa alumni dari Universitas Diponegoro adalah tokoh-tokoh ternama di Indonesia, seperti:

  • Robert Budi Hartono (Pendiri perusahaan Djarum dan orang terkaya nomor 1 di Indonesia, lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP)
  • Tauhid Nur Azhar (Penulis buku-buku best seller, salah satunya buku berjudul Jangan ke Dokter lagi! Dokter yang memiliki pendidikan S1 hingga S3 di bidang kesehatan ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran UNDIP tahun 1994)
  • Trinity (Penulis Buku The Naked Traveler dan dinobatkan sebagai Indonesia Leading Travel Writer di acara Indonesia Travel & Tourism Awards pada tahun 2010. Trinity merupakan lulusan Fakultas Komunikasi UNDIP)

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS salah satu universitas terbaik di Indonesia
ITS Surabaya main library building” by Arifhidayat is licensed under CC BY-SA 3.0

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (disingkat ITS) adalah perguruan tinggi negeri di Surabaya, yang diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 10 November 1957. Perguruan tinggi negeri ini terletak di kawasan Keputih, Surabaya.

Pada awalnya, ITS hanya memiliki 2 program studi, yakni Teknik Sipil dan Teknik Mesin. Namun kini, ITS sudah mempunyai 9 fakultas yang terdiri dari 31 program studi. Daftar lengkap mengenai program studi di ITS dapat dilihat di https://www.its.ac.id/id/kuliah-di-its/program-studi/program-sarjana/.

Ada banyak tokoh penting di Indonesia yang merupakan alumni dari ITS, tiga di antaranya adalah:

  • Soetjipta Soedjono (alm) dan Ryantori Angka Rahardjo (Penemu Konstruksi Sarang Laba-Laba atau disingkat KSLL. KSLL adalah sistem pondasi pertama dan satu-satunya di dunia yang terbukti telah menyelamatkan bangunan-bangunan yang didukungnya pada gempa berkekuatan 9,1 SR dengan ratio keberhasilan 100 persen. Keduanya merupakan alumnus ITS)
  • Andry W. Bastam (Satu-satunya orang Indonesia yang bekerja di Jet Aviation, Swiss, sebuah perusahaan yang mendesain bagian interior pesawat terbang mewah milik orang-orang kaya dunia. Andry merupakan alumnus Teknik Perkapalan ITS)

7. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga adalah sebuah universitas di Surabaya, yang pada tanggal 2 Januari 1849, berdiri dengan nama awal Nederlandsch Indische Artsen School, sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi pemuda-pemudi Jawa yang berbakat menjadi ahli kesehatan. Kemudian pada tanggal 10 November 1954, Universitas Airlangga secara resmi berdiri.

Universitas Airlangga yang biasa disingkat Unair ini, terletak di Jl. Airlangga, Surabaya. Universitas ini memiliki 13 fakultas yang terdiri dari 37 program studi. Detail mengenai program-program studi di Unair dapat dilihat di https://www.unair.ac.id/site/menu/show/51/program-sarjana.html.

Beberapa alumni Universitas Airlangga yang merupakan figur-figur terkenal di Indonesia adalah:

  • Handojo Tjandrakusuma (Dokter penerima penghargaan Sasakawa Health Prize dari WHO atas pengabdiannya pada dunia rehabilitasi cacat tubuh, lulusan Fakultas Kedokteran)
  • Elvira Devinamira Wirayanti (Best National Costume di Miss Universe 2014, lulusan Fakultas Hukum)
  • Ari Bernardus Lasso (Musisi, Lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis)

8. Universitas Hasanuddin

universitas hasanuddin fakultas kedokteran
Image Source: unhas.ac.id

Universitas Hasanuddin adalah sebuah universitas yang secara resmi berdiri pada tahun 1956 di Makassar. Mulanya pada tahun 1947, Universitas Hasanuddin adalah sebuah fakultas ekonomi di Makassar yang menjadi cabang Fakultas Ekonomi UI. Fakultas ekonomi inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Hasanuddin.

Universitas Hasanuddin (disingkat Unhas) terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, Makassar. Terdapat 15 fakultas yang terdiri dari 58 departemen. Informasi lengkap mengenai berbagai departemen di Unhas dapat dilihat di https://www.unair.ac.id/site/menu/show/51/program-sarjana.html.

Berbagai tokoh penting di Indonesia merupakan alumni dari Unhas. Tokoh-tokoh penting tersebut di antaranya adalah:

  • Aksa Mahmud (Pendiri Bosowa Corp dan menduduki peringkat 38 dalam daftar 40 orang terkaya versi Forbes, lulusan Fakultas Teknik Elektro)
  • Faisal Oddang (Penulis penerima penghargaan ASEAN Young Writers Award 2014, lulusan Sastra Indonesia)
  • Prof. dr. Taruna Ikrar, M. Pharm., MD., Ph.D. (Dokter dan ilmuwan bidang farmasi, jantung, dan saraf, serta merupakan anggota American Cardiologi Collage, lulusan Fakultas Kedokteran)

9. Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran adalah sebuah universitas yang terletak di Bandung dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Universitas ini berdiri atas kehendak masyarakat yang menginginkan sebuah institusi yang menyelenggarakan pendidikan dari berbagai disiplin ilmu. Sebab sebelumnya, hanya terdapat Fakultas MIPA yang merupakan cabang dari Universitas Indonesia serta Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Bandung. Perguruan tinggi negeri ini diresmikan pada 24 September 1957 oleh Ir. Soekarno.

Kampus utama Universitas Padjadjaran (disingkat Unpad) berada di Jl. Raya Bandung-Sumedang km. 21, Jatinangor. Universitas ini memiliki 16 fakultas yang terdiri dari 53 program studi. Detail mengenai program-program studi di Unpad dapat dilihat di http://www.unpad.ac.id/fakultas.

Banyak figur dan tokoh penting di Indonesia merupakan bagian dari almamater Universitas Padjadjaran. Tokoh-tokoh tersebut di antaranya adalah:

  • Abdullah Gymnastiar (Pendakwah dan Pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhid, lulusan Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan)
  • Jusuf Sjarif Badudu atau J.S. Badudu (Guru Besar Linguistika dan Pembawa Acara Siaran Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI tahun ‘70-an, lulusan Fakultas Sastra)
  • Yovie Widianto (Musisi dan Pendiri Band Kahitna, lulusan Hubungan Internasional)

10. Universitas Andalas

Universitas Andalas (disingkat Unand) adalah sebuah universitas yang terletak di kawasan Limau Manis, Padang. Cikal bakal Unand adalah lima fakultas yang didirikan secara terpisah, yakni Balai Perguruan Tinggi Hukum Pancasila, Perguruan Tinggi Pendidikan Guru, Perguruan Tinggi Negeri Pertanian, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam. Unand merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang diresmikan oleh Wakil Presiden Muhammad Hatta pada tanggal 23 Desember 1955.

Unand sendiri memiliki 15 fakultas yang terdiri dari 38 program studi. Informasi detail mengenai program studi di Universitas Andalas dapat dilihat di https://www.unand.ac.id/id/.

Seperti universitas terbaik lainnya, Universitas Andalas pun memiliki alumni yang juga merupakan tokoh-tokoh penting di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  • Ricky Elson (Ahli teknologi, penemu belasan teknologi motor penggerak listrik yang sudah dipatenkan di Jepang, dan pendiri Lentera Bumi Nusantara, sebuah pusat studi dan pengembangan teknologi energi terbarukan. Sebelum kuliah di Jepang, beliau sempat mengenyam pendidikan di Universitas Andalas, Padang)
  • Aulia Sani (Ahli kesehatan jantung, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan mantan Direktur Utama Pusat Jantung Harapan Kita. Beliau mendapatkan gelar dokter-nya dari Universitas Andalas, Padang)
  • Budi Putra (Jurnalis teknologi, saat ini bekerja sebagai Associate Vice President of Content di Bukalapak. Beliau mendapatkan gelar Sarjana di bidang Sejarah dari Universitas Andalas, Padang)

Itulah kesepuluh universitas terbaik di Indonesia berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kemenristekdikti. Semoga bisa menambah referensi universitas yang akan dipilih.


Featured image credit: Wael Alreweie/123RF.COM


Diolah dari berbagai sumber
Penulis: Audrey D. Alodia
Editor: Adnan Syafi’i

Penulis

Alumni Sastra Jerman Universitas Padjadjaran. Senang menulis, menonton serial, dan mengamati kepribadian orang. Sedang jatuh cinta pada ASMR.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup