Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa universitas tertua dan terluas di Indonesia? Jika pernah muncul pertanyaan tersebut dalam dirimu, artikel ini akan memuaskan rasa ingin tahumu.

Berikut ini adalah daftar 10 universitas tertua dan terluas di Indonesia berdasarkan referensi primer (situs masing-masing kampus) dan sekunder (website berisi kumpulan informasi Wikipedia).

10 Universitas Tertua di Indonesia

1. Universitas Indonesia

ui kampus tertua di indonesia
Gedung Rektorat Universitas Indonesia” by Mohamad Sani is licensed under CC BY 2.0

Cikal bakal Universitas Indonesia (UI) sudah ada sejak tahun 1849. Dulu namanya bukan UI, melainkan Dokter-Djawa School. Sekolah tinggi ini didirikan Pemerintah Kolonial Belanda dengan maksud untuk mencetak asisten dokter tambahan pada zaman tersebut. Hampir setengah abad kemudian, yaitu tahun 1898, Dokter-Djawa School berubah namanya menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga dengan nama STOVIA. STOVIA pada saat ini dikenal sebagai Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Referensi: ui.ac.id/tentang-ui/sejarah.html

2. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia didirikan pada tanggal 27 Rajab 1364 H, atau bertepatan dengan 8 Juli 1945, dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) di Jakarta. STI adalah cita-cita luhur tokoh-tokoh nasional Indonesia yang melihat kenyataan bahwa ketika itu pendidikan tinggi yang ada adalah milik pemerintah kolonial Belanda. STI lahir untuk menjadi bukti adanya kesadaran berpendidikan pada masyarakat pribumi.

Setahun setelah diresmikan di Jakarta, STI resmi dibuka di Yogyakarta. Setahun kemudian, tepatnya pada 14 Desember 1947, Panitia Perbaikan STI menetapkan STI menjadi University Islam Indonesia berkedudukan di Yogyakarta dengan fakultas perintis di antaranya Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi.

Referensi: uii.ac.id/profil/sejarah

3. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga secara resmi berdiri pada tahun 1954 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954 dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Dr. Ir. Soekarno, pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan yang kesembilan.

Pada saat peresmiannya, Universitas Airlangga baru memiliki lima fakultas, yaitu (1) Fakultas Kedokteran; (2) Fakultas Kedokteran Gigi; (3) Fakultas Hukum; (4) Fakultas Sastra; (5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Referensi: unair.ac.id/sejarah-unair_5.html

4. Institut Teknologi Bandung

Cikal bakal ITB adalah Technische Hoogeschool te Bandoeng yang berdiri pada tanggal 3 Juli 1920. Adapun peresmian nama ITB dilakukan pada tanggal 2 Maret 1959.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Institut_Teknologi_Bandung

5. Universitas Nasional

Universitas Nasional berdiri pada tanggal 15 Oktober 1949 atas prakarsa tokoh-tokoh terkemuka yang berhimpun dalam Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK). Para pendiri terdiri dari:

  • R. Teguh Suhardjo Sastrosuwingnyo
  • Mr. Sutan Takdir Alisjahbana
  • Mr. Soedjono Hardjosoediro
  • Prof. Sarwono Prawirohardjo
  • Mr. Prajitno Soewondo
  • Hazil
  • Kwari Katjabrata
  • Dr. Djoehana
  • R.M. Soebagio
  • Mr. Adam Bachtiar
  • Ny. Noegroho
  • Drs. Adam Bachtiar
  • Dr. Bahder Djohan
  • Dr. Leimena
  • Ir. Abd Karim
  • Prof. Dr. Soetomo Tjokronegoro
  • Mr. Ali Budiharjo
  • Poerwodarminta
  • Mr. Soetikno
  • Ir. TH. A. Resink
  • DR. Soemitro Djojohadikusumo
  • Noegroho
  • Soejatmiko
  • H.B. Jassin
  • Mochtar Avin
  • L. Damais
  • A. Djoehana
  • Nona Boediardj
  • Nona Roekmini Singgih

Referensi: unas.ac.id/sejarah-universitas-nasional

6. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949. Universitas ini merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Gadjah_Mada

7.  Universitas Islam Sumatera Utara

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) didirikan pada tanggal 7 Januari 1951. Universitas yang berlokasi di Kota Medan ini merupakan perguruan tinggi pertama yang berdiri diluar pulau Jawa.

Referensi: uisu.ac.id/sejarah-singkat

8. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Kota Medan, Indonesia. USU adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatra. USU juga adalah universitas pertama dan satu satunya punya jurusan D3 Statistika di dunia serta di pulau Sumatra yang mempunyai Fakultas Kedokteran. USU didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatra Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952, yang kini diperingati sebagai hari jadi USU. Presiden Indonesia, Soekarno kemudian meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Sumatera_Utara

9. Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia (UKI) didirikan secara resmi pada tanggal 15 Oktober 1953. Pada saat didirikan, UKI baru memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Sastra dan Filsafat dengan Sub-Fakultas Pedagogik dan Sastra, dan Fakultas Ekonomi.

Referensi: uki.ac.id/halaman/index/20171010-sejarah-universitas

10. Universitas Negeri Manado

Universitas Negeri Manado, disingkat Unima adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Provinsi Sulawesi Utara. Universitas ini didirikan pada tanggal 22 September 1955.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Negeri_Manado

10 Universitas Terluas di Indonesia

1. Universitas Sriwijaya

unsri universitas terluas di indonesia
Sumber: ppid.unsri.ac.id

Universitas Sriwijaya (Unsri) memiliki dua buah kampus utama, yaitu di Kota Indralaya (Kabupaten Ogan Ilir) dan di kawasan Bukit Besar (Kota Palembang). Kampus Bukit Besar Palembang luasnya 3.250.000 m2, dimanfaatkan sebagai fasilitas pendidikan program S0 (D3), D4, S2 dan S3, serta beberapa program ekstensi S1 untuk Kelas Palembang.

Kampus Utama Indralaya dengan luas 712 hektar atau 7.120.000 m2 terletak 38 kilometer ke arah selatan kota Palembang, merupakan Pusat Kegiatan Pendidikan untuk jenjang Sarjana (S1). Di kampus Indralaya juga terdapat Kantor Pusat Administrasi (KPA), Perpustakaan Pusat, Lembaga Bahasa, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat, Pusat Komputer, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Pusat Kesehatan Komunitas, Klinik Kesehatan, dan Stasiun Pemadam Kebakaran Universitas. meski belum tergarap secara penuh dan maksimal, Kampus Indralaya dinobatkan sebagai kampus dengan luas pengembangan lahan terluas di Indonesia bahkan di Asia Tenggara!

Unsri juga mempunyai Kebun Percobaan seluas 50 hektar atau 500.000 m2 di daerah Gelumbang, Muara Enim (62 kilometer di selatan Palembang). Unsri juga memiliki Kampus Fakultas Kedokteran di Kompleks Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Kampus FKIP di Jalan Srijaya KM. 5,5 Palembang, dan Kampus Pascasarjana di Jalan Padang Selasa Bukit Besar Palembang.

Berdasarkan data di atas, total luas Unsri adalah 1.087 hektar atau 10.870.000 m2.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Sriwijaya

2. Universitas Andalas

Universitas yang biasa disebut Unand ini merupakan salah satu universitas negeri terkemuka, bukan hanya di Pulau Sumatera, tetapi juga di Indonesia. Bicara soal luas wilayah, Unand memiliki luas lahan 500 hektar atau 5.000.000 m2 . Walau demikian, dari total lahan itu, kawasan yang dapat dibangun dengan aman hanya seluas 135 hektar atau 1.350.000 m2 saja.

Referensi: unand.ac.id/id/tentang-unand/selayang-pandang/sejarah.html

3. Universitas Riau

Universitas Riau didirikan pada tanggal 1 Oktober 1962. Total luas areal beberapa kampus yang dimiliki Universitas Riau adalah 383 hektar atau lebih dari 3.830.000 m2 .

Referensi: unri.ac.id/wp-content/uploads/2018/04/Renstra.pdf

4. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada memiliki luas 357 hektar atau 3.570.000 m2 .

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Gadjah_Mada

5. Universitas Indonesia

Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area, Salemba dan Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar (3.200.000 m2) dengan atmosfer green campus karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75% wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota. Sebuah area yang menjanjikan nuansa akademik bertradisi yang tenang dan asri.

Referensi: ui.ac.id/about-us-2.html

6. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian pada Universitas Indonesia.

IPB memiliki beberapa kampus. Berikut ini adalah data kampus di IPB dan luas lahannya:

  • Kampus Pusat 2.670.000 m2
  • Kampus Baranangsiang 128.800 m2
  • Kampus Taman Kencana 34.578 m2
  • Kampus Cilibende 15.034 m2
  • Kampus Gunung Gede 141.452 m2

Total luas IPB mencapai 2.848.412 m2.

Referensi: ipb.ac.id/media/document/pdf/profil-ipb-2014.pdf

7. Universitas Negeri Manado

Universitas Negeri Manado juga tak mau kalah. Terletak di Sulawesi Utara, Universitas Negeri Manado ini memiliki luas lahan sebesar 270 hektar atau 2.700.000 m2. Terletak di dataran tinggi membuat kampus ini sangat sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, Universitas ini juga memiliki banyak fakultas yang menarik.

Referensi: seputarsulut.com/universitas-negeri-manado-unima

8. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara memiliki dua kampus, yaitu Kampus Padang Bulan yang memiliki area yang hijau dan rindang seluas 120 hektar (1.200.000 m2) yang terletak di tengah Kota Medan. Zona akademik seluas 90 hektar (900.000 m2) menampung hampir seluruh kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa.

Adapun kampus lainnya, yang berlokasi di Kwala Bekala, memiliki luas 30 hektar atau 300.000 m2 , dan saat ini digunakan untuk mendukung berbagai penelitian dan percobaan di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, dan peternakan.

Total luas lahan Universitas Sumatera Utara adalah 2.400.000 m2.

Referensi: id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Sumatera_Utara

9. Institut Teknologi Bandung

Luas Kampus ITB “Ganesha” adalah 286.830 m2, sedakan kampus ITB yang di Jatinangor memiliki luas 465.000 m2 , dan fasilitas keolahragaan memiliki luas 43.816 m2. Jika ditotal, luas ITB mencapai 795.646 m2.

Referensi: itb.ac.id/fakta-dan-angka

10. Universitas Airlangga

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Sumber.com, luas total lahan Universitas Airlangga (Unair) adalah sebesar 650.308 m2. Dengan luas lahan sebesar ini menjadikan Unair sebagai kampus dengan lahan paling luas ke-10 di Indonesia.

Referensi: sumber.com/index.php/component/k2/sumber/universitas-airlangga-unair.html

Demikian daftar 10 universitas tertua dan terluas di Indonesia. Sebagai calon mahasiswa, apakah kampus impian kamu termasuk salah satu dari universitas-universitas tersebut?(*)


Daftar dalam artikel ini berdasarkan riset pribadi. Jika ada kekeliruan dalam penyajian data, mohon kiranya memberitahukan kekeliruan tersebut kepada kami supaya kami bisa memperbaikinya. Terima kasih.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup