Ternyata banyak juga yang mencari informasi tentang universitas yang ada Jurusan Pariwisata.

Walaupun saya bukan lulusan dari jurusan tersebut, tapi saya mengerti bagaimana mencari informasi. Baiklah, langsung saja, berikut ini daftar universitas yang membuka Jurusan Pariwisata.

Oh ya, tapi sebelum itu, buat kamu yang belum tahu apa itu Jurusan Pariwisata, berikut ini adalah informasi singkat mengenai jurusan tersebut.

Apa itu Jurusan Pariwisata?

Jurusan Pariwisata adalah sebuah jurusan di mana para mahasiswanya mempelajari seluk-beluk pariwisata seperti perhotelan, agen travel, kapal pesiar, maskapai, event, dan lain sebagainya.

mahasiswa jurusan pariwisata
Mahasiswa Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia. Sumber: mpp.upi.edu

Kampus-kampus di Indonesia berbeda dalam menamai jurusan ini. Ada yang memberi nama Jurusan Pariwisata, Destinasi Pariwisata, Manajemen Kepariwisataan, Manajemen Pariwisata, Manajemen Bisnis Pariwisata, Kepariwisataan, dll.

Sampai sini, barangkali di antara kalian ada yang bertanya, apa bedanya Jurusan Pariwisata dan Jurusan perhotelan?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut ialah, kalau di Jurusan Pariwisata kamu akan mempelajari tentang seluk-beluk wisata dari A to Z, termasuk perhotelan di dalamnya, maka di Jurusan Perhotelan, kamu akan mempelajari bisnis dan manajemen perhotelan secara lebih detail.

Untuk informasi selengkapnya tentang Jurusan Perhotelan, kamu bisa membacanya di artikel Mau Kuliah di Jurusan Manajemen Perhotelan? Yuk Baca ini dulu!

Demikian penjelasan singkat tentang apa itu Jurusan Pariwisata dan perbedaanya dengan Jurusan Perhotelan.

Universitas yang Ada Jurusan Pariwisata

universitas yang ada jurusan pariwisata di jakarta
Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. Sumber: stptrisakti.ac.id

Berdasarkan pencarian di situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), ada lebih dari 20 universitas, baik negeri maupun swasta, yang membuka Jurusan Pariwisata. Berikut ini daftar selengkapnya:

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pariwisata

Di antara yang membaca artikel ini, mungkin ada yang bertanya-tanya, setelah lulus kuliah Jurusan Pariwisata, bisa bekerja di mana?

Jawabannya: kamu bisa bekerja di mana pun. Namun, sebagai lulusan Jurusan Pariwisata, idealnya kamu bekerja di bidang pariwisata atau pekerjaan kamu terkait pariwisata.

Berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk dikerjakan oleh lulusan Jurusan Pariwisata.

  • Bekerja di hotel
  • Bekerja di kapal pesiar
  • Bekerja di perusahaan travel
  • Bekerja di perusahaan teknologi terkait travel seperti Traveloka dan Via.com
  • Blogger untuk niche pariwisata
  • Freelance Writer yang menulis artikel seputar pariwisata
  • Penulis buku seputar pariwisata

Demikian informasi seputar perguruan tinggi yang membuka Jurusan Pariwisata. Semoga bermanfaat!

Artikel ini dipublikasikan pertama kali pada 9 Juli 2019. Update terakhir tanggal 8 Februari 2020.

Tanya-Jawab

#1 Universitas negeri yang ada Jurusan Pariwisata?

Di antaranya ialah [1] Universitas Udayana, [2] Universitas Negeri Jakarta; [3] Universitas Nasional; [4] Universitas Gadjah Mada; [5] Universitas Pancasila.

#2 Universitas yang ada Jurusan Pariwisata di Jakarta ?

Di antaranya ialah [1] Universitas Bunda Mulia; [2] Universitas Negeri Jakarta; [3] Universitas Nasional; dan [5] Universitas Pancasila.

#3 Apa saja universitas pariwisata di Bali?

Setahu penulis, universitas di Bali yang sudah membuka Jurusan Pariwisata baru Universitas Udayana saja.

#4 Apa kampus pariwisata terbaik di Indonesia?

Belum tahu. Namun, jika suatu kampus mengklaim alumni Jurusan Pariwisata-nya banyak yang sudah bekerja di sektor pariwisata, maka kampus tersebut layak untuk kamu pertimbangkan.

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

12 Komentar

  1. Kalau misal kan ambil jurusan Pariwisata di unmer malang yg tersedia D4, apakah masih harus melanjutkan lagi ke S1 ato sudah bisa disamakan, klu seandainya melanjutkan dari swasta unmer ke PTN UB misalnya apakah bisa diterima? Mohon info, trimakasih sebelumnya ๐Ÿ™

    • Adnan Syafi'i Balas

      Halo Isti, selama kita punya skill yang memang dibutuhkan oleh banyak perusahaan, maka kita akan dibutuhkan. Jadi, tenang saja, kalau memang Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang sesuai dengan passion kamu, silakan kuliah di situ dan fokus tingkatkan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

      • halo kak. kalo kuliah pariwisata, peluang utk kerja di airlines sbg awak kabin maskapai besar ga ya? thx

  2. Aku jurusan perhotelan nih kaa lulusan d3 dan aku ingin melanjutkan ke s1 pariwisata tapi masi bimbangg sdngkan dikota aku perkuliahan gada yang menyediakan jurusan pariwisataa tapi aku pengen banget gelar s1 mohon sarannya ka yaa

    • Zara putri nashira Balas

      Tinggal dimana emg? Kalo univ negri yg nyedian pariwisata itu ada ugm, ui, unpad sama unj

    • Kalau misal kan ambil jurusan Pariwisata di unmer malang yg tersedia D4, apakah masih harus melanjutkan lagi ke S1 ato sudah bisa disamakan, klu seandainya melanjutkan dari swasta unmer ke PTN UB misalnya apakah bisa diterima? Mohon info, trimakasih sebelumnya ๐Ÿ™

      • D4 itu setara dengan S1 jadi kalo udh nempuh D4 yah ngga usah ambil S1 lagi. Sama kayak SMU dan SMK. Apa anda setelah sekolah di SMK trus melanjutkan ke jenjang SMU lagi khan ngga. Sama seperti D4 dan S1 tadi. Kecuali kalo anda dari D3 bisa milih mau neruskan ke D4 atau ke S1. Beda di gelar nya aja nanti. Kalo D4 semua lulusan pake kata Terapan. Semisal D4 Pariwisata gelarnya Sarjana Terapan Pariwisata di singkat. ST. Par. Tp kalo jenjang S1 setahu saya lgs S. Par (Sarjana Pariwisata). Tanpa ada embel2 terapan di depannya.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Kalau iya, yuk share ke temen-temen kamu, biar mereka juga dapat manfaat yang sama. ๐Ÿ˜Š