Banyak orang yang masih bingung dengan fakultas yang satu ini. Dikiranya fakultas ini berisi jurusan akhlak dan kemanusiaan. Padahal sebenarnya bukan. Fakultas Adab dan Humaniora, penamaannya berhubungan dengan sejarah pendiriannya.

Dikutip dari laman fahnew.uinjkt.ac.id/sejarah, pada waktu awal berdirinya, Fakultas Adab Humaniora sebelumnya bernama Fakultas Adab dengan dua jurusan, yaitu Bahasa dan Sastra Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam. Karena itu, pilihan nama jatuh pada kata ‘adab’–istilah bahasa Arab–yang berarti sastra.

Seiring waktu, fakultas ini menambah Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Perpustakaan, dan Tarjamah, yang merupakan bagian dari rumpun ilmu Humaniora. Penambahan jurusan-jurusan tersebut berimplikasi pada keharusan mengubah nama dari Fakultas Adab menjadi Fakultas Adab dan Humaniora.

Tidak lengkap jika mengenal Fakultas Adab dan Humaniora tanpa mengenal jurusan-jurusan yang ada di dalamnya. Untuk semakin menambah wawasan kamu tentang fakultas ini, berikut ini penjelasan tentang masing-masing jurusan yang ada di bawah naungan Fakultas Adab dan Humaniora.

Jurusan di Fakultas Adab dan Humaniora

1. Bahasa dan Sastra Arab

orang arab

Bahasa dan Sastra Arab adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari tata bahasa dan sastra Arab. Pelajaran yang diberikan kepada mahasiswa jurusan ini antara lain nahwu, sharaf, dan balaghah. Adapun prospek kerja lulusan jurusan ini, dikutip dari laman http://fah.uinjkt.ac.id/bahasa-dan-sastra-arab, adalah sebagai berikut:

  • Menjadi pendidik atau peneliti di bidang bahasa dan sastra Arab;
  • Bekerja di media, bank, kantor diplomat, atau kantor lainnya yang berurusan dengan negara-negara Arab;
  • Bergabung dengan perusahaan, negeri maupun swasta, atau bekerja di organisasi yang berhubungan dengan Timur Tengah.

2. Sejarah Peradaban Islam

sejarah peradaban Islam

Sejarah Peradaban Islam adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari sejarah Islam, mulai dari zaman sebelum diangkatnya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam menjadi nabi dan rasul hingga ke zaman Islam yang sekarang.

Selain mempelajari sejarah Islam, para mahasiswa di jurusan ini juga mempelajari bahasa Arab guna membangun kemampuan untuk mengakses literatur sejarah Islam dari sumber aslinya yang berbahasa Arab.

Bagaimana dengan prospek kerjanya?

Dikutip dari laman http://fah.uinjkt.ac.id/sejarah-peradaban-islam, lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai sejarawan atau pekerja di bidang pariwisata.

3. Tarjamah

tarjamah

Tarjamah adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari bagaimana cara menerjemahkan teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Mata kuliah yang dipelajari selain bahasa Arab itu sendiri, juga bahasa Indonesia, serta ilmu bahasa (linguistik).

Tentang prospek kerjanya, merujuk ke halaman http://fah.uinjkt.ac.id/tarjamah, alumni jurusan ini mampu bekerja sebagai penerjemah dan interpreter Arab-Indonesia, penulis, dan pengelola penerbitan.

4. Sastra Inggris

bahasa Inggris

Sastra Inggris adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari sastra Inggris. Walau demikian, karena jurusan ini berada di dalam Fakultas Adab dan Humaniora yang natabene berada di bawah perguruan tinggi Islam, maka mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari kebudayaan Islam.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan ini ada banyak, seperti pengajar bahasa Inggris, pekerja di bidang pariwisata, penulis, penerjemahan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan keahlian bahasa Inggris.

5. Ilmu Perpustakaan

ilmu perpustakaan termasuk jurusan di fakultas adab dan humaniora

Ilmu Perpustakaan adalah jurusan yang di dalamnya para mahasiswa mempelajari bagaimana mengelola perpustakaan secara profesional.

Prospek kerjanya jelas: menjadi seorang pustakawan.

Jika kamu tertarik kuliah di salah satu jurusan yang ada di fakultas ini, kamu bisa memilih satu dari beberapa universitas berikut ini:

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://fah.uinjkt.ac.id.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Sunan Gunung Djati Bandung, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://fah.uinsgd.ac.id.

UIN Alauddin Makassar

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Alauddin Makassar, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://fah.uin-alauddin.ac.id.

UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://fah.uin.ar-raniry.ac.id.

UIN Imam Bonjol Padang

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://fah.uinib.ac.id.

UIN Raden Fatah Palembang

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Raden Fatah Palembang, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://adab.radenfatah.ac.id.

UIN Sunan Ampel Surabaya

Informasi selengkapnya tentang jurusan yang ada di FAH UIN Sunan Ampel Surabaya, bisa kamu peroleh dari situs resminya: http://fahum.uinsby.ac.id.

Demikian sekelumit pembahasan tentang Fakultas Adab dan Humaniora beserta jurusan yang ada di dalamnya. Semoga tulisan ini bisa membantumu, calon mahasiswa, yang sedang mempertimbangkan akan kuliah di mana. Jika kamu memilih untuk kuliah di salah satu jurusan di fakultas ini, maka saya ucapkan…

Selamat kuliah di Fakultas Adab dan Humaniora!

Penulis

Alumni Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menyukai bidang digital marketing dan pendidikan. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar