Hai, Calon Mahasiswa !

Bagi kamu yang hendak memasuki dunia perkuliahan, pasti kamu akan menghadapi berbagai dilema memilih jurusan yang tepat atau memilih perguruan tinggi. Mungkin beberapa dari kamu sudah yakin dengan pilihan jurusan yang hendak diambil, namun sepertinya tidak sedikit dari kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan.

Dari banyaknya pilihan jurusan yang ada, tidak ada salahnya kamu menengok Jurusan Teknik Industri. Jurusan ini memiliki mata kuliah yang menarik lho. Selain itu, peluang kerja untuk lulusan Teknik Industri juga mencakup bidang yang sangat luas. Bagaimana bisa? Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Apa itu jurusan Teknik Industri?

apa itu jurusan teknik industri
Gambar oleh Pashminu Mansukhani dari Pixabay

Yak, sesuai judulnya, kali ini kita akan membahas salah satu jurusan dari fakultas Teknik, yaitu Teknik Industri. Coba jawab, apa yang kamu bayangkan mengenai jurusan satu ini? Secara awam pasti kamu mendefinisikan jurusan dengan awalan ‘Teknik’ dengan ‘mesin’, ‘cowok semua isinya’, dan ‘pasti susah’. Teknik kemudian dipasangkan dengan industri yang jelas terdefinisikan sebagai pabrik atau perusahaan. Perkiraanmu tidak sepenuhnya salah kok, hanya kurang tepat saja, hehe.

Teknik Industri. Teknik Industri merupakan salah satu jurusan teknik yang pada awalnya diturunkan dari Teknik Mesin. Teknik Industri tumbuh dan berkembang di dunia Teknik Mesin. Seiring berkembangnya Teknik Industri, teknik ini dirasa sudah melebar dari cakupan Teknik Mesin. Oleh karena itu, Teknik Industri akhirnya terpisah dari Teknik Mesin dan berdiri sendiri sebagai suatu bidang studi hingga sekarang.

Teknik Industri sendiri adalah ilmu studi yang mempelajari kombinasi dari ilmu teknik dan ilmu manajemen dalam pengaplikasiannya dalam proses industri. Fokus belajar Teknik Industri adalah segala sesuatu mengenai sistem dalam industri. Jika membahas mengenai sistem, berarti kamu akan mempelajari tentang berbagai faktor seperti manusia, teknologi, dan metode yang digunakan untuk melakukan perancangan, instalasi, peningkatan, dan bahkan integrasi sistem.

teknik industri
Gambar oleh Ben Fleeson dari Pixabay

Teknik Industri kemudian dibagi lebih lanjut ke tiga bidang besar yaitu :

1.   Sistem Manufaktur

Sistem Manufaktur membahas tentang bagaimana cara meningkatkan produktifitas dan efisiensi pada sistem produksi pada perusahaan manufaktur melalui integrasi faktor-faktor produksi seperti

2.   Manajemen Industri

Manajemen Industri lebih berfokus pada berbagai jenis manajemen yang tercakup dalam sistem industri itu sendiri seperti manajemen operasional, manajemen perencanaan, dan manajemen lainnya. Berbeda lagi dengan

3.   Sistem Industri & Tekno Industri

Sistem Industri dan Tekno Industri yang menitikberatkan pada pembahasan sistem itu sendiri beserta perangkat pembantunya seperti statistik, sistem basis data, dan tekno ekonomi.

Mata Kuliah di Jurusan Teknik Industri

Bisa dibilang Teknik Industri adalah jurusan yang nggak terlalu teknik banget lah. Pasalnya, kamu tidak akan mempelajari mata kuliah teknik secara mendalam sebagaimana yang dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin.

Sebaliknya, kamu justru akan bertemu banyak mata kuliah yang berbau manajemen atau bahkan lainnya.

Meskipun begitu, karena teknik adalah inti dari Jurusan Teknik Industri, maka di dalam jurusan ini, kamu akan tetap mempelajari mata kuliah dasar teknik seperti matematika, fisika, dan mata kuliah saintifik lainnya.

mata kuliah di jurusan teknik industri
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Biasanya pada dua semester pertama, kamu diharuskan mengambil mata kuliah dasar seperti matematika, kalkulus, fisika dasar, kimia dasar, menggambar teknik, dan teori probabilitas. Setelah dua semester, kamu akan dihadapkan dengan mata kuliah yang lebih serius, mata kuliah inti di Jurusan Teknik industri itu sendiri seperti statistika industri, sistem produksi, perancangan sistem integrasi, dan mata kuliah inti lainnya.

Di samping mata kuliah init Teknik Industri tersebut kamu juga akan dihadapkan dengan mata kuliah yang kamu anggap tidak terlalu teknik, namun nyatanya berhubungan dengan sistem industri seperti kewirausahaan, manajemen sumber daya manusia (SDM), dan mata kuliah lainnya

Gelar dan Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri

Lulus dari jurusan Teknik Industri, kamu akan mendapatkan gelar S.T. Dengan gelar S.T. Teknik Industri, kamu tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja. Bagaimana tidak, sebagai lulusan Teknik Industri kamu dapat memasuki berbagai bidang kerja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat tiga bidang yang dapat kamu masuki pada dunia kerja. Kamu bisa bekerja pada bidang manufaktur atau manajemen, baik bekerja di perusahaan orang lain atau bekerja di perusahaan milikmu sendiri sebagai seorang entrepreneur.

prospek kerja lulusan teknik industri
Gambar oleh David Mark dari Pixabay

Selain dari bidang yang ditekuni Teknik Industri, kamu juga memiliki nilai lebih lho sebagai lulusan Teknik Industri. Teknik Industri dikenal dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan pertimbangan dari berbagai aspek. Hal tersebut membuat Teknik Industri terkesan sangat berbeda dengan Jurusan Teknik lainnya. Jurusan Teknik lainnya akan berfokus pada satu bidang dan mempelajarinya secara mendalam

Bagaimana Teknik Industri berbeda dengan Jurusan Teknik lainnya? Misalnya, ada masalah pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), maka sebagai lulusan Teknik Industri kamu tidak hanya melihat bagaimana permasalahan ini diselesaikan oleh teknisi, tetapi kamu juga akan mempertimbangkan bagaimana dampak ekonomi dan sosial dari permasalahan tersebut. Sedangkan lulusan Teknik Mesin akan berfokus bagaimana cara menyelesaikan permasalahan teknis pada PLTA tersebut tanpa memikirkan dampak lainnya.

Universitas yang ada Jurusan Teknik Industri

Membahas apa itu Jurusan Teknik Industri tidak lengkap jika tidak menampilkan daftar universitas di Indonesia yang membuka jurusan ini.

Namun, karena universitas yang membuka jurusan ini jumlahnya cukup banyak, maka yang ditampilkan di artikel ini tidak semuanya, melainkan hanya yang Teknik Industri-nya sudah terakreditasi A saja.

Berikut ini adalah daftar universitas yang Jurusan Teknik Industri-nya sudah terakreditasi A.

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Institut Teknologi Nasional Bandung
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  5. Universitas Andalas
  6. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  7. Universitas Bina Nusantara
  8. Universitas Brawijaya
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Gadjah Mada
  11. Universitas Gunadarma
  12. Universitas Hasanuddin
  13. Universitas Indonesia
  14. Universitas Islam Indonesia
  15. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  16. Universitas Katolik Parahyangan
  17. Universitas Kristen Petra
  18. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  19. Universitas Pasundan
  20. Universitas Sebelas Maret
  21. Universitas Sumatera Utara
  22. Universitas Surabaya
  23. Universitas Telkom
  24. Universitas Trisakti

Penutup

Jika kamu ingin mengambil jurusan di bidang teknik tapi yang nggak terlalu teknik banget, sepertinya kamu cocok mengambil jurusan ini. Bagi kamu yang perempuan, kamu juga nggak usah takut jurusan ini didominasi laki-laki karena mahasiswa perempuan banyak juga yang mengambil Teknik Industri sebagai pilihannya lho.

Nah, sekarang kamu sudah mengenal lebih dalam Teknik Industri. Apa kamu tertarik untuk mengambil jurusan ini? Jika iya, segera daftarkan dirimu pada jurusan ini ya. Jika tidak, mungkin jurusan ini bukan jodoh kamu. Jangan berkecil hati dan terus semangat dalam mencari jurusan yang cocok buatmu.

Penulis

Mahasiswa Double Degree Jurusan Teknik Industri di Sampoerna University dan University of Arizona. Menonton film dan travelling merupakan passion lain penulis di luar dunia profesional. Saat ini tinggal di Jakarta Selatan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup