Menjadi mahasiswa, apalagi mahasiswa yang kuliah di luar kota, menuntut kita untuk bisa mandiri. Dalam hal apa pun. Termasuk dalam hal mengelola keuangan.

Apa saja tips mengelola keuangan yang harus diketahui oleh calon mahasiswa, agar ketika sudah jadi mahasiswa nanti, bisa mengatur keuangannya dengan baik?

Berikut ini beberapa di antaranya.

Tips Mengelola Keuangan yang Perlu Diketahui Calon Mahasiswa

#1 – Buat Daftar Pengeluaran Wajib

Tips pertama adalah membuat daftar pengeluaran wajib.

Apa saja yang masuk ke dalam daftar ini?

Buat kamu yang rencananya akan tinggal bersama ibu-bapak alias tidak ngekos, pengeluaran wajibmu adalah biaya pulang-pergi ke kampus, biaya kuliah semester, biaya membeli buku referensi, menabung, dan biaya makan di kantin kampus.

Apabila kamu rencananya ngekos, maka biaya sewa kos dan makan sehari-hari harus masuk ke dalam daftar ini.

Oh ya, buat kamu yang Muslim, sedekah bisa juga dimasukkan ke dalam daftar ini.

Setelah membuat daftar, coba berikan angka rupiah untuk masing-masing item, lalu hitung totalnya.

#2 – Buat Daftar Pengeluaran Tidak Wajib

Selain daftar pengeluaran wajib, buat juga daftar pengeluaran tidak wajib. Yang masuk ke dalam daftar ini adalah hal-hal di luar daftar pengeluaran wajib. Isinya macam-macam. Bisa biaya nonton, nongkrong bareng teman-teman kamu, dan lain-lain.

Setelah membuat daftar, berikan juga nominal berapa rupiah untuk masing-masing item, lalu hitung totalnya.

#3 – Dahulukan yang Wajib

Setelah mengetahui apa saja pengeluaran yang wajib dan mana yang tidak wajib, ketika kuliah nanti, pastikan kamu mendahulukan hal-hal yang wajib saat mengeluarkan. Atau dalam kata lain, alokasikan dana untuk hal-hal yang wajib terlebih dahulu. Sisanya bisa ditabung. Adapun untuk hal-hal yang tidak wajib, maka sekali-kali kamu bisa mengalokasikan dana untuk hal itu jika memang diperlukan.


Memang, daftar yang sudah kamu buat bisa berbeda dengan kenyataannya. Bisa jadi saat sudah jadi mahasiswa nanti kamu mengikuti salah satu organisasi di kampus, dan kamu membutuhkan biaya lebih untuk menjalani kegiatan di organisasi itu.

Tidak apa-apa.

Dengan membuat daftar ini, paling tidak, kamu bisa mengetahui, berapa perkiraan biaya yang kamu butuhkan ketika menjadi mahasiswa nanti.

Dengan mengetahui perkiraan biaya tersebut, kamu bisa melakukan persiapan dengan lebih baik. Terutama, jika orangtua kamu memiliki ketebatasan finansial. Nah, kalau kondisinya seperti itu, dari sekarang kamu sudah harus memikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk meringankan beban orangtuamu. Dengan belajar lebih keras agar bisa mendapatkan beasiswa, berencana menjadi guru privat dan mengajar di luar jam kuliah, dan lain sebagainya.

Demikian tips mengelola keuangan yang perlu diketahui oleh calon mahasiswa. Selamat mencoba!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui CalonMahasiswa.com membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup