Pertanyaan tentang apakah lulusan paket C bisa kuliah atau tidak biasanya muncul di kalangan mereka yang belum tahu tentang apa itu program kejar paket (paket A, B, dan C).

Nah, jika kamu termasuk ke dalam bagian mereka yang belum tahu, maka tidak mengapa, karena di artikel ini kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan yang menjadi tulisan ini.

Apakah lulusan paket C bisa kuliah di perguruan tinggi?

Jawabannya: Ya, lulusan paket C bisa kuliah.

lulusan paket c bisa kuliah
Sumber: Getty Images Pro/Canva

Apakah ada dasar hukumnya? Ya, yaitu Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2006.

Berikut ini adalah isi dari surat keputusan tersebut.

  1. Setiap orang yang lulus ujian kesetaraan Paket A, Paket B atau Paket C masing-masing memiliki hak eligibilitas yang sama dan setara dengan berturut-turut pemegang ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Status kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas yang setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja.
  3. Setiap lembaga diminta mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas agar tidak diindikasikan melanggar Hak Asasi Manusia.

Surat Mendiknas yang ditetapkan tanggal 23 Juni 2006 itu, ditujukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Kepala Staf TNI AD, TNI Al, TNI AU, Kapolri, Kepala BKN, dan Rektor Universitas/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi.

Melalui surat bernomor 107/MPN/MS/2006 tersebut, Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesa ingin menegaskan bahwa ijazah Paket A/Paket B/Paket C setara secara hukum dengan ijazah SD/SMP/SMA.

Dengan demikian, mereka yang lulus dari program Paket C, bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi sebagaimana lulusan SMA sederajat pada umumnya.

Demikian jawaban untuk pertanyaan apakah lulusan paket C bisa kuliah atau tidak.

lulusan paket C bisa kuliah di perguruan tinggi
Sumber: Odua Images/Canva

Setelah menjawab pertanyaan yang menjadi judul artikel ini, maka selanjutnya mari kita coba jawab pertanyaan lainnya yang juga sering ditanyakan, yaitu “Lulusan paket C bisa kuliah di jurusan apa?

Jawabannya: lulusan paket C tidak bisa kuliah di semua jurusan, karena ada jurusan tertentu yang mengharuskan calon mahasiswanya merupakan lulusan dari lembaga pendidikan tertentu.

Contoh jurusan yang tidak semua orang bisa kuliah di situ ialah Jurusan Analis Kesehatan.

mahasiswi jurusan analis kesehatan
Sumber: Viktor Gladkov/Canva

Untuk bisa kuliah di Jurusan Analis Kesehatan, di antara syarat yang ditetapkan oleh perguruan tinggi adalah calon mahasiswa merupakan lulusan SMK Farmasi, SMF, dan SMAK (Sekolah Menengah Analisis Kesehatan), SMK Jurusan Kimia, dan SMK Jurusan Analis Kimia.

Dengan demikian, walaupun lulusan paket C bisa kuliah di perguruan tinggi apa pun, tapi untuk memilih jurusan kuliah terbatas, dan ini bukan hanya berlaku bagi lulusan paket C, tapi juga bagi lulusan setingkat SMA lainnya.

Jika kamu seorang lulusan paket C, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang apakah kamu bisa kuliah di suatu program studi, silakan hubungi perguruan tinggi yang kamu tuju, ya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat!

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

4 Komentar

  1. Assalamualaikum..selamat pagi pak saya mau tanya,apakah bisa ijazah paket B dan paket C yang saya pelajari untuk masuk kuliah kesehatan termasuk universitas kedokteran??
    Mohon jawaban nya pak.terima kasih..

    • Noneng Ernawati Balas

      Hallo, saya lulusan paket c, karena perekonomian yang terbatas, orang tua saya tidak sanggup untuk membiayai sekolah saya, hanya Sampai smp saja, namun saya sempat ikut paket c ketika usia saya 21th, dan sekarang usia saya 30 tahun, saya berniat untuk masuk kuliah, agar dapat kerjaan yang lebih bagus, apakah bisa saya masuk kuliah dengan ijazah paket c itu saja, lalu jurusan apa yang bisa saya ambil?

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Kalau iya, yuk share ke temen-temen kamu, biar mereka juga dapat manfaat yang sama. 😊