Kegalauan terbesar bagi seorang pelajar SMA terutama bagi anak kelas 3 adalah menentukan jurusan yang tepat. Sebelum menentukan jurusan, ada baiknya jika kamu mengetahui fakultas-fakultas yang ada di universitas tujuan kamu, dari sana kamu bisa mengetahui jurusan apa saja yang terdapat didalamnya. Sebagai rekomendasi untuk kamu yang masih bingung dalam menentukan jurusan yang tepat, kali ini kami akan membahas salah satu fakultas yang ada di banyak universitas di Indonesia, yaitu Fakultas Ilmu Budaya.

Sesuai dengan namanya Fakultas Ilmu Budaya, fakultas ini memfokuskan mahasiswanya untuk mempelajari ilmu-ilmu yang bersifat kebudayaan dan humaniora. Fakultas Ilmu Budaya merupakan fakultas yang tepat bagi kamu yang sangat menyukai sastra, ilmu bahasa, dan ilmu kebudayaan seperti sejarah atau filsafat.

Fakultas Ilmu Budaya memiliki berbagai macam jurusan mulai dari sastra daerah hingga sastra asing, selain jurusan sastra fakultas ini juga memiliki jurusan lain seperti ilmu sejarah dan arkeologi. Jumlah jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Budaya di setiap universitas tentunya tidak sama. Contohnya Fakultas Ilmu Budaya di universitas A memiliki sepuluh jurusan sedangkan di Fakultas Ilmu Budaya di universitas B hanya terdapat tujuh jurusan.

Apa saja sih jurusan yang biasa ada di Fakultas Ilmu Budaya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa jurusan yang biasanya ada di Fakultas Ilmu Budaya.

Jurusan di Fakultas Ilmu Budaya

Sastra Inggris

sastra inggris salah satu jurusan di fakultas ilmu budaya
Gambar oleh Наталия Когут dari Pixabay

Jurusan yang satu ini memang sangat diminati, terutama di kalangan mahasiswa yang suka dan ingin lancar berbahasa Inggris. Eits, tapi itu bukan tujuan utama dari jurusan ini, lho. Jurusan Sastra Inggris mendidik mahasiswanya agar memiliki kemampuan di bidang kesusasteraan, linguistik, penerjemahan, budaya dan sejarah berbahasa Inggris. Ilmu yang akan kamu dapatkan pastinya sangat berbeda jika dibandingkan dengan hanya sekedar mengikuti kursus bahasa Inggris.

Hampir seluruh universitas yang ada di Indonesia memiliki Jurusan Sastra Inggris. Berikut ini adalah universitas-universitas negeri yang memiliki jurusan sastra Inggris:

  1. Universitas Airlangga, Surabaya
  2. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  3. Universitas Udayana, Bali
  4. Universitas Brawijaya, Malang
  5. Universitas Diponegoro, Semarang
  6. Universitas Hasanuddin, Makassar
  7. Universitas Andalas, Padang
  8. Universitas Indonesia, Depok
  9. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta
  10. Universitas Negeri Makassar, Makassar
  11. Universitas Negeri Malang, Malang
  12. Universitas Negeri Medan, Medan

Sastra Indonesia

sastra indonesia

Fokus studi dari jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Untuk kamu yang menyukai karya sastra Indonesia seperti, puisi, novel, dan karya sastra lainnya jurusan ini sangat pas untuk kamu. Di jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai macam karya sastra Indonesia.

Untuk kamu yang berminat kuliah di Jurusan Sastra Indonesia. Berikut ini beberapa universitas yang memiliki Jurusan Sastra Indonesia.

  1. Universitas Andalas, Padang
  2. Universitas Indonesia, Depok
  3. Universitas Sebelas Maret, Solo
  4. Universitas Padjadjaran, Bandung
  5. Universitas Negeri Malang, Malang
  6. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Sastra Daerah

sastra daerah

Setiap universitas memiliki jurusan sastra daerah sesuai dengan daerah masing-masing. Contohnya, Universitas Andalas memiliki Jurusan Sastra Minangkabau dan Universitas Udayana Memiliki Jurusan Sastra Bali. Di jurusan Sastra Daerah kamu akan mempelajari berbagai macam karya sastra yang berasal dari daerah tersebut. Tidak hanya mempelajari karya sastra, Jurusan Sastra Daerah juga memfokuskan kamu untuk mempelajari budaya dan bahasa dari daerah yang dimaksud.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap universitas memiliki Jurusan Sastra Daerah masing-masing sesuai dengan letak universitas tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah universitas-universitas di Indonesia yang memiliki sastra daerah beserta nama jurusannya.

  1. Sastra Jawa Universitas Indonesia, Depok
  2. Sastra Jawa Universitas Sebelas Maret, Solo
  3. Sastra Sunda Universitas Padjadjaran, Bandung
  4. Sastra Bali Universitas Udayana, Bali
  5. Sastra Minangkabau Universitas Andalas, Padang
  6. Sastra Bugis Makassar Universitas Hasanuddin, Makassar
  7. Sastra Batak Universitas Sumatera Utara, Medan

Ilmu Sejarah

sejarah
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Pada umumnya mahasiswa Ilmu Sejarah mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Jurusan Ilmu Sejarah memfokuskan mahasiswanya untuk tidak hanya sekedar mengetahui berbagai macam peristiwa bersejarah tetapi juga bagaimana peristiwa-peristiwa tersebut terjadi. Lulusan Ilmu Sejarah sangat dibutuhkan, contohnya dalam pembuatan film dokumenter seorang tokoh yang hidup di masa lalu atau suatu bangunan bersejarah.

Bagi kamu ingin menjadi seorang sejarawan, berikut adalah beberapa universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Ilmu Sejarah.

  1. Universitas Airlangga, Surabaya
  2. Universitas Andalas, Padang
  3. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  4. Universitas Indonesia, Depok
  5. Universitas Negeri Malang, Malang
  6. Universitas Negeri Semarang, Semarang
  7. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
  8. Universitas Padjadjaran, Bandung
  9. Universitas Sebelas Maret, Solo
  10. Universitas Udayana, Denpasar

Sastra Jepang

sastra jepang salah satu prodi di fakultas ilmu budaya
Gambar oleh Michael Gaida dari Pixabay

Kamu pasti pernah nonton kartun seperti Doraemon dan Shinchan, atau membaca komik-komik seperti Naruto dan Conan? Tapi kamu tahu tidak, kalau kartun dan komik tersebut termasuk ke dalam karya sastra Jepang? Jika kamu memutuskan kuliah di Jurusan Sastra Jepang, kamu akan mempelajari berbagai macam karya sastra Jepang seperti novel, komik, film, kartun dan karya sastra berbahasa Jepang lainnya. Di Jurusan Sastra Jepang kamu tidak hanya sekedar mempelajari bahasa Jepang, tetapi juga mempelajari sastra dan budaya Jepang.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari Sastra Jepang secara mendalam, berikut adalah beberapa universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Sastra Jepang.

  1. Universitas Andalas, Padang
  2. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  3. Universitas Brawijaya, Malang
  4. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  5. Universitas Hasanuddin, Makassar
  6. Universitas Indonesia, Depok
  7. Universitas Padjadjaran, Bandung
  8. Universitas Udayana, Denpasar

Arkeologi

Jurusan Arkeologi merupakan jurusan yang mencetak para arkeolog yang sangat berperan penting dalam meneliti penemuan-penemuan benda sejarah. Mahasiswa Jurusan Arkeologi mempelajari sejarah dari peradaban sebelumnya dengan meneliti objek dan kondisi lingkungan. Inilah mengapa seorang arkeolog sangat diperlukan saat adanya penemuan benda bersejarah.

arkeologi stonehenge
Gambar oleh Pete Linforth dari Pixabay

Tidak banyak universitas di Indonesia yang memiliki jurusan Arkeologi. Pada saat artikel ini ditulis, baru ada 6 universitas universitas di Indonesia saja yang membuka jurusan ini. Ke-6 universitas yang dimaksud ialah sebagai berikut:

  1. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  2. Universitas Halu Oleo, Kendari
  3. Universitas Hasanuddin, Makassar
  4. Universitas Indonesia, Depok
  5. Universitas Jambi, Jambi
  6. Universitas Udayana, Denpasar

Demikian pembahasan tentang apa itu Fakultas Ilmu Budaya dan jurusan yang biasanya ada di dalamnya.

Selain beberapa jurusan di atas, sebenarnya masih ada lagi jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Budaya, seperti Jurusan Sastra Arab, Jurusan Sastra Perancis, Jurusan Sastra Jerman, dan lain-lain.

Walau tak semua jurusan dibahas di dalam artikel ini, tapi mudah-mudahan artikel yang sederhana ini bisa membantu kamu dalam mengenal apa itu Fakultas Ilmu Budaya.

Di antara jurusan-jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Budaya, kira-kira jurusan apa yang paling kamu minati? Tulis di kolom komentar, ya!

Penulis

Pecinta wisata kuliner dan travelling ini merupakan lulusan Sastra Jepang Universitas Andalas, Padang. Saat ini tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia dan bekerja sebagai Japanese speaker di sebuah perusahaan di sana.

Berikan Komentar

SHARE yuk biar yang lain juga bisa mendapat MANFAAT dari artikel ini :)