Jurusan di UIN Bandung dan akreditasinya yang terbaru perlu diketahui oleh calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus Islam yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini.

Namun, sebelum mengetahui informasi seputar akreditasi jurusan-jurusan di UIN Bandung yang terbaru, mari kita berkenalan dengan kampus ini terlebih dahulu.

Profil UIN Bandung

UIN Bandung adalah sebutan singkat untuk sebuah universitas yang bernama lengkap Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

UIN Bandung dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Universitas ini didirikan pada tanggal 8 April 1956 M bertepatan dengan 10 Muharram 1388 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968. Dan baru pada tahun 2005, berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung berubah statusnya menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

uin sunan gunung djati bandung
Sumber: beasiswa.uinsgd.ac.id

BACA JUGA: 10 UIN Terbaik di Indonesia 2019: Peringkat dan Profilnya

UIN Bandung adalah salah satu universitas Islam negeri terkemuka di Indonesia. Banyak prestasi atau penghargaan yang berhasil diraih oleh mahasiswa dan alumni universitas ini, salah satu yang terbaru ialah berhasil meraih Science and Technology Index (Sinta) Awards Tahun 2018 sebagai institusi dengan produktivitas publikasi tertinggi dalam kategori Perguruan Tinggi Keagamaan dari Kementerian, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

UIN Bandung saat ini memiliki dua kampus. Kampus 1 berlokasi di Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614, dan kampus 2 beralamat di Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292.

Demikian sekilas profil UIN Bandung. Selanjutnya, berikut ini daftar jurusan di UIN Bandung dan akreditasinya!

Daftar Jurusan di UIN Bandung dan Akreditasinya 2019

Jurusan Sepi Peminat di UIN Bandung

jurusan sepi peminat di uin bandung
Sumber: uinsgd.ac.id

Selain banyak yang mencari informasi jurusan di UNRI dan akreditasinya, ternyata cukup banyak juga yang mencari informasi tentang jurusan sepi peminat di UIN Bandung.

Untuk mengetahui jurusan sepi peminat di UIN Bandung, kita bisa menggunakan data jumlah peminat jurusan di UIN Bandung pada SBMPTN tahun lalu atau 2018.

Berikut ini data peminat jurusan di UIN Bandung berdasarkan data SBMPTN tahun 2018.


Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahwa jurusan di UIN Bandung yang memiliki peminat paling sedikit adalah Jurusan Ilmu Politik, lalu Jurusan Fisika, Kimia, dan seterusnya.

Demikian pembahasan tentang jurusan di UIN Bandung. Dari banyaknya jurusan yang ada di UIN Bandung, jurusan mana yang rencananya kamu akan pilih? Tulis pilihanmu di kolom komentar, ya!

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup