Jurusan di UIN Bandung dan akreditasinya perlu diketahui oleh calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus Islam yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini.

Namun, sebelum mengetahui informasi seputar akreditasi jurusan di UIN Bandung, yuk kita simak profilnya terlebih dahulu.

Profil UIN Bandung

UIN Bandung adalah sebutan singkat untuk sebuah universitas yang bernama lengkap Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

UIN Bandung dulunya bernama Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Universitas ini didirikan pada tanggal 8 April 1956 M bertepatan dengan 10 Muharram 1388 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968. Dan baru pada tahun 2005, berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 57 Tahun 2005, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung berubah statusnya menjadi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

uin sunan gunung djati bandung
Sumber: beasiswa.uinsgd.ac.id

BACA JUGA: 10 UIN Terbaik di Indonesia 2019: Peringkat dan Profilnya

UIN Bandung adalah salah satu universitas Islam negeri terkemuka di Indonesia. Banyak prestasi atau penghargaan yang berhasil diraih oleh mahasiswa dan alumni universitas ini, salah satu yang terbaru ialah berhasil meraih Science and Technology Index (Sinta) Awards Tahun 2018 sebagai institusi dengan produktivitas publikasi tertinggi dalam kategori Perguruan Tinggi Keagamaan dari Kementerian, Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

UIN Bandung saat ini memiliki dua kampus. Kampus 1 berlokasi di Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614, dan kampus 2 beralamat di Jalan Cimencrang, Panyileukan, Cimencrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat 40292.

Demikian sekilas profil UIN Bandung. Selanjutnya, berikut ini daftar jurusan di UIN Bandung dan akreditasinya!

Daftar Jurusan di UIN Bandung dan Akreditasinya 2020

Jurusan Sepi Peminat di UIN Bandung

jurusan sepi peminat di uin bandung
Sumber: uinsgd.ac.id

Selain banyak yang mencari informasi jurusan di UNRI dan akreditasinya, ternyata cukup banyak juga yang mencari informasi tentang jurusan sepi peminat di UIN Bandung.

Untuk mengetahui jurusan sepi peminat di UIN Bandung, kita bisa menggunakan data jumlah peminat jurusan di UIN Bandung pada SBMPTN tahun lalu atau 2018.

Berikut ini data peminat jurusan di UIN Bandung berdasarkan data SBMPTN tahun 2018.


Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahwa jurusan di UIN Bandung yang memiliki peminat paling sedikit adalah Jurusan Ilmu Politik, lalu Jurusan Fisika, Kimia, dan seterusnya.

Demikian pembahasan tentang jurusan di UIN Bandung. Dari banyaknya jurusan yang ada di UIN Bandung, jurusan mana yang rencananya kamu akan pilih? Tulis pilihanmu di kolom komentar, ya!


Artikel ini dipublikasikan pertama kali pada 17 Juli 2019. Update terakhir: 8 Februari 2020.

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

44 Komentar

  1. DARMANSYAH SITOMPUL Balas

    Klo jurusan aqidah dan filsafat agama itu favorit ya……
    Trus tolong di jelasin kang

  2. Syahra Nisrina fatih Balas

    Assalammu’alaikum wr.wb..
    Punten Mau tanya kang, kalo jurusan kesehatan ada gak??

  3. Assalamualaiku. Hallo Kak, saya mau bertanya.

    Program study yang ditawarkan di UIN Bandung pada UM-PTKIN 2020 apa saja ya? Beserta daya tampungnya. Terimakasih

  4. Kak kalau mau ngambil prodi Akuntansi atau ekonomi itu masuknya ke fakultas yang mana ya?🙇

    • Adnan Syafi'i Balas

      Hi Rima, di UIN Bandung, Jurusan Ekonomi Syariah dan Akuntansi Syariah berada di bawah naungan Fakultas Syariah dan Hukum.

    • Adnan Syafi'i Balas

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Halo Mira, mohon maaf baru sempat balas. Di UIN Bandung tidak ada Jurusan Tataboga. Kalau teknologi, adanya Jurusan Agroteknologi.

  5. dina nur ikhwan fauziah Balas

    assalamu’alaikum wr.wb aa🙏hyong naros,:) jurusan ilmu tafsir alquran aya kan?

    • Adnan Syafi'i Balas

      Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Ya, di UIN Bandung ada Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir.

    • Wa’alaikumussalam. Mbak Uswatun, maaf, saya belum tahu datanya. Silakan hubungi pihak kampus UIN Bandung untuk mengetahui data yang mbak butuhkan.

      • Adnan Syafi'i

        Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh. Maaf, kalau pertanyaan itu, kami belum tahu. Coba tanyakan langsung ke pihak UIN Bandung, ya…

  6. Kang mf nih,klo sertifikat periode sebelumnya ada g?soalnya buat syarat cpns sesuai taun lulus🙏

    • Halo Mbak Dini, berdasarkan pengecekan, website UIN Bandung tidak mencantumkan semua sertifikat akreditasi Jurusan. Yang ditampilkan hanya sertifikat terbaru saja.

      Untuk mendapatkan sertifikat akreditasi jurusan sesuai tahun yang diinginkan, coba hubungi pihak akademik UIN Bandung via Instagram @uinbandungofficial.

  7. asslmkm..kang boleh minta sertifikat BAN PT jurusan sastra inggris yg lama ataupun yang baru buat cpns..nuhun pisan

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Kalau iya, yuk share ke temen-temen kamu, biar mereka juga dapat manfaat yang sama. 😊