Informasi seputar akreditasi Universitas Pamulang (UNPAM), baik secara institusi maupun jurusan, perlu diketahui oleh mereka yang ingin kuliah di kampus ini.

Di bawah ini kami menyajikan informasi selengkap mungkin dan terupdate seputar akreditasi Universitas Pamulang.

Akreditasi Universitas Pamulang (UNPAM) 2019

Secara institusi, Universitas Pamulang (UNPAM) sudah mendapatkan akreditasi B dengan No SK 34/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2019. Akreditasi ini berlaku dari tahun 2019 sampai dengan 2024. Sebelum tahun 2024, pihak Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT akan melakukan penilaian lagi jika pihak UNPAM mengajukan reakreditasi.

Adapun secara program studi, akreditasinya macam-macam. Ada yang A, B, dan C.

Biar kamu gak penasaran dengan akreditasi apa yang dimiliki oleh jurusan yang rencananya akan kamu pilih, silakan lihat tabel di bawah ini.

Setelah mengetahui informasi tentang akreditasi Universitas Pamulang, baik secara institusi maupun jurusan, sekarang mari kita mengenal UNPAM lebih dekat.

Profil UNPAM

video profil unpam

Universitas Pamulang atau biasa disingkat UNPAM adalah sebuah universitas swasta yang berlokasi di Pamulang, tepatnya di Jalan Surya Kencana No 1 Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Kampus ini didirikan pada tahun 2000 oleh Yayasan Prima Jaya yang diketuai oleh Drs. Wayan. Namun, karena ketidakmampuan Yayasan Prima Jaya dalam mengelola universitas, maka mereka pun mengalihkan kepemilikan dan pengelolaannya kepada Yayasan Sasmita Jaya pada awal tahun 2005.

Setelah manajemen berganti, berganti pula tujuan yang ingin dicapai oleh Universitas Pamulang. Tujuan dari Yayasan Sasmita Jaya adalah mewujudkan suatu sarana pendidikan yang murah dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa melupakan kualitas dari pendidikan itu sendiri.

Demi memenuhi tujuan tersebut, Universitas Pamulang selalu berusaha mengangkat tenaga-pengajar dan staff administrasi yang berkompeten di bidangnya, Juga, berusaha mengembangkan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga lulusan Universitas Pamulang dapat terserap di berbagai perusahaan.

Walau Universitas Pamulang memiliki tujuan yang mulia, tapi ada satu hal yang patut disesali dari kampus yang satu ini, yaitu bahwa kampus ini melarang mahasiswinya menggunakan cadar. Larangan ini menimbulkan keras, salah satunya MUI Tangsel (Tangerang Selatan).

Sekretaris MUI Tangsel, Abdul Rozak mengkritik UNPAM, bahwa sebagai sebuah perguruan tinggi yang menularkan pendidikan dari berbagai disiplin ilmu, tak sepantasnya kampus Unpam mengeluarkan kebijakan tentang larangan bercadar bagi mahasiswi yang beragama Islam dan menggunakan cadar dalam kesehariannya.

“Unpam jangan bersifat otoriter, melarang mahasiswi bercadar, karena itu tidak berdasar dan mendidik. Kampus kan tempat untuk mencari ilmu dan ilmu itu harus netral, bukan lembaga penghakiman dengan melarang-larang yang begitu, harusnya ada dialog, dan pasti ada jalan tengah,” tegas beliau, seperti yang dikutip oleh Okezone pada tanggal 10 Agustus 2017.

Link berita tentang pelarangan cadar di UNPAM: https://news.okezone.com/read/2017/08/10/65/1753320/rektor-unpam-larang-mahasiswi-bercadar-di-kampus-mui-kampus-unpam-jangan-ikut-ikutan-islamophobia

pemandangan universitas pamulang

Oleh karena itu, buat kamu wanita muslimah yang menggunakan cadar dalam kesehariannya, maka UNPAM bukan kampus yang cocok untuk kamu. Pilihlah universitas lain yang memiliki kebijakan membolehkan peserta didiknya untuk menggunakan atribut keislaman sesuai dengan mazhab yang diyakininya.

Demikian sekilas profil UNPAM dan informasi seputar akreditasi Universitas Pamulang yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan kuliah di kampus ini.

Sudah memutuskan akan memilih jurusan apa di Universitas Pamulang ini? Jika belum tahu apa jurusan yang rencananya akan kamu pilih, maka sebaiknya kamu membaca artikel tentang cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Setelah membaca artikel tersebut, mudah-mudahan kamu sudah bisa memilih jurusna yang tepat untuk kamu. [*]

Tanya-Jawab seputar UNPAM

#1 Fakultas di UNPAM ada berapa dan apa saja?

Ada enam fakultas di Universitas Pamulang, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, dan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

#2 Prodi / Jurusan di UNPAM ada berapa dan apa saja?

Di Fakultas Ekonomi ada 3 jurusan, yaitu Akuntansi (D-III dan S1), Administrasi Perkantoran (D-III), dan Manajemen (S1 dan S2).

Di Fakultas Hukum ada 1 jurusan saja, yaitu Ilmu Hukum (S1 dan S2).

Di Fakultas Sastra ada 2 jurusan, yaitu Sastra Indonesia (S1) dan Sastra Inggris (S1).

Di Fakultas Teknik ada 5 jurusan, yaitu Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Teknik Mesin (semuanya S1).

Di Fakultas MIPA terdapat 1 jurusan saja, yaitu Matematika (S1).

Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdapat dua jurusan, yaitu (1) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) Pendidikan Ekonomi. Keduanya S1.

#3 Fasilitas di UNPAM, ada apa saja?

Untuk mendukung pembelajaran yang maksimal, UNPAM telah menyediakan beragam fasilitas yang memadai, di antaranya gedung perkuliahan milik sendiri yang sudah dilengkapi AC di ruang kelasnya, beberapa laboratorium untuk keperluan praktik mahasiswa, perpustakaan, dan klinik untuk memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan layanan kesehatan.

#4 Lokasi UNPAM ada di mana saja?

UNPAM memiliki 3 kampus yang masing-masing memiliki lokasi yang berbeda.

Kampus 1 terletak di Jalan Surya Kencana No 1 Pamulang.

Kampus 2 beralamat di Jalan Raya Puspitek No 46 Buaran – Serpong.

Kampus 3 berlokasi di Jalan Witana Harja No 18B, Pamulang Barat, Pamulang.

#5 Siapa rektor UNPAM saat ini?

Rektor UNPAM saat ini ialah Dr. H. Hidayat, MM.

#6 Program S2 UNPAM yang saat ini tersedia apa saja?

UNPAM menyelenggarakan program pendidikan magister (S2) dengan program studi Manajemen dan Ilmu Hukum.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menyukai bidang digital marketing. Di waktu luang, Adnan mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didirikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

1 Komentar

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup