Jika kamu seorang calon mahasiswa dan memerlukan informasi tentang daftar jurusan di Undip dan akreditasinya, selamat, kamu sudah berada di halaman yang tepat. Silakan teruskan membaca untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan.

Namun, sebelum itu, mari kita simak profil Undip terlebih dahulu.

Profil Universitas Diponegoro

Undip adalah singkatan dari Universitas Diponegoro, salah satu universitas negeri di Semarang.

Undip didirikan pada tanggal 9 Januari 1957. Kampusnya beralamat di Jalan Prof. H. Soedarto S.H, Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, dan rektornya saat ini ialah Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum.

Terdapat berbagai macam fakultas di Undip, yaitu:

1. Fakultas Kedokteran
2. Fakultas Ilmu Budaya
3. Fakultas Peternakan dan Pertanian
4. Fakultas Hukum
5. Fakultas Teknik
6. Fakultas Ekonomika dan Bisnis
7. Fakultas Sains dan Matematika
8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
9. Fakultas Kesehatan Masyarakat
10. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
11. Fakultas Psikologi
12. Sekolah Vokasi
13. Sekolah Pascasarjana

Undip adalah salah satu universitas negeri terkemuka, tidak hanya di Jawa Tengah, tetapi juga di Indonesia. Banyak prestasi atau penghargaan yang berhasil diraih oleh mahasiswa dan alumni universitas ini, salah satu prestasi yang terbaru ialah Jasmine Aulia, mahasiswi program studi Eletro Sekolah Vokasi Undip angkatan 2017, yang berhasil memperoleh penghargaan Thailand Investor Day 2019 berkat karyanya yang bernama Fishco-Box.

Apa itu Fishco-Box?

Menurut penuturan Jasmine Aulia, Fishco-Box adalah sebuah alat yang terbuat dari bahan-bahan sederhana yang bisa membantu para nelayan untuk menangani masalah dalam pascapanen ikan sebelum dijual ke tengkulak atau pun pasar tradisional agar ikan yang dijual masih tetap fresh dan baik untuk dikonsumsi.

Demikian sekilas profil Undip. Selanjutnya, mari kita simak daftar jurusan di Undip dan akreditasinya!

Daftar Jurusan di Undip dan Akreditasinya

Jurusan Sepi Peminat di Undip

Selain banyak yang mencari informasi jurusan di Undip dan akreditasinya, ternyata cukup banyak juga yang mencari informasi tentang jurusan sepi peminat di Undip.

Untuk mengetahui jurusan sepi peminat di Undip, kita bisa menggunakan data jumlah peminat jurusan di Undip pada SBMPTN tahun lalu atau 2018.

Berikut ini data peminat jurusan di Undip berdasarkan data SBMPTN tahun 2018.


Berdasarkan data di atas, kita bisa mengetahui bahwa jurusan di Undip yang memiliki peminat paling sedikit adalah Jurusan Bioteknologi, lalu Jurusan Akuakultur, Perikanan Tangkap, dan seterusnya.

Berbicara tentang jurusan, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas daya tampung jurusan di Undip. Berikut ini adalah daftar jurusan di Undip dan daya tampung 2019 yang datanya diambil dari situs resmi SBMPTN.

Jurusan di Undip dan Daya Tampung 2019


Demikian pembahasan tentang jurusan di Undip. Dari banyaknya jurusan yang ada di Undip, jurusan mana yang sesuai dengan passion kamu?

Tanya-Jawab Seputar Jurusan di Undip dan Akreditasinya

#1 Apa akreditasi Farmasi Undip yang terbaru?

Undip memiliki Jurusan Farmasi dengan jumlah SKS 144 dan lulusannya akan mendapatkan S.Far. Namun, pada saat artikel ini ditulis, belum tertera informasi mengenai status akreditasi Farmasi Undip di situs BAN-PT.

#2 Apa akreditasi Teknik Informatika Undip yang terbaru?

Jurusan Teknik Informatika Undip (jenjang S1) telah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 2741/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2018. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 2 Oktober 2023.

#3 Apa akreditasi Manajemen Undip yang terbaru?

Jurusan Manajemen Undip (jenjang S1) telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 350/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014. Akreditasi ini masih berlaku hingga tanggal 29 September 2019 dan menurut BAN-PT, pihak kampus telah mengajukan re-akreditasi pada tanggal 25 Juni 2019.

#4 Apa akreditasi Hukum Undip yang terbaru?

Jurusan Ilmu Hukum Undip (jenjang S1) telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan SK Nomor 1074/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015. Akreditasi ini berlaku hingga tanggal 19 September 2020.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sehari-hari mengelola CalonMahasiswa.com, sebuah blog yang didedikasikan untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi dan tips yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup