Sebagai salah satu kampus terkemuka, Universitas Brawijaya (disingkat UB) menjadi incaran lulusan SMA yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat, karena di halaman ini kamu bisa menemukan informasi seputar UB, mulai dari profil, lokasi, fakultas, hingga info jurusan dan akreditasinya.

Profil dan Lokasi

[KLIK gambar di atas untuk melihat video profil Universitas Brawijaya]

Universitas Brawijaya adalah perguruan tinggi di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan no. 1 tanggal 5 Januari 1963.

Kampus utama UB berlokasi Ketawanggede, Kota Malang. Adapun empat kampus lainnya memiliki lokasi yang terpisah dari kampus utama. Di bawah ini kami sajikan informasi lengkap tentang lokasi kampus UB.

  • Kampus I (Ketawanggede): Jalan Veteran Malang, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145.
  • Kampus II (Dieng): Puncak Dieng Eksklusif, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • Kampus III (Kediri): Universitas Brawijaya kampus Kediri berlokasi di tiga tempat yang terpisah, yaitu Kelurahan Mrican, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, SLG (Simpang Lima Gumul), dan Plosokidul yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.
  • Kampus IV (Jakarta): Jalan Abdul Muis No. 52, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta.
kampus universitas brawijaya
Sumber gambar: mataair.or.id

Sejak didirikan pada tahun 1963 hingga kini, universitas yang telah terakreditasi A (No SK 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018) ini tercatat sukses meraih banyak prestasi.

Salah satu prestasi yang terbaru, kampus ini mendapat peringkat ke-12 dalam Hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi Non-Vokasi Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Fakultas

Universitas Brawijaya memiliki 15 fakultas. Ke-15 fakultas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Peternakan
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  10. Fakultas Teknologi Pertanian
  11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  12. Fakultas Ilmu Budaya
  13. Fakultas Kedokteran Hewan
  14. Fakultas Kedokteran Gigi
  15. Fakultas Ilmu Komputer
fakultas di universitas brawijaya
Gedung salah satu fakultas di Universitas Brawijaya

Setelah mengetahui profil, lokasi, status akreditasi institusi, dan info fakultas yang ada di UB, selanjutnya mari kita simak daftar jurusan di Universitas Brawijaya dan akreditasinya.

Jurusan di Universitas Brawijaya dan Akreditasinya


Demikian informasi seputar Universitas Brawijaya. Jika kamu membutuhkan info lainnya yang belum tercantum di artikel ini, silakan tulis pertanyaanmu di kolom komentar atau kunjungi langsung situs resminya di ub.ac.id.

Akhir kata, semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu kamu dalam memutuskan jurusan apa yang akan kamu ambil di jenjang pendidikan berikutnya.


Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada tanggal 4 Juni 2019. Update terbaru: 13 April 2020.

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui CalonMahasiswa.com membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup