Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur memiliki beberapa universitas yang bisa menjadi pilihan. Didukung dengan udaranya yang sejuk dan biaya hidup yang relatif lebih murah dibandingkan kota-kota besar di Indonesia, menjadikan kota Malang sebagai salah satu destinasi favorit para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Nah, buat kamu yang ingin kuliah di Kota Malang, berikut ini informasi tentang universitas di Malang yang disertai dengan info fakultas, jurusan, dan akreditasinya. Semoga bisa menjadi referensi berguna sebelum kamu menentukan pilihan.

Universitas di Malang: Profil, Fakultas, Jurusan, dan Akreditasinya

#1 – Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya adalah sebuah universitas di Malang yang berkedudukan di Jalan Veteran, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Selain di Malang, universitas yang sudah terakreditasi A dengan No SK 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 ini juga memiliki kampus di Kediri dan Jakarta.

Sejak didirikan pada tahun 1963 hingga kini, Universitas Brawijaya telah meraih banyak prestasi. Prestasi terbaru, kampus ini mendapat peringkat ke-12 dalam Hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi Non-Vokasi Tahun 2018 yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Ada 14 fakultas di Universitas Brawijaya saat ini, yaitu:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
  4. Fakultas Pertanian
  5. Fakultas Peternakan
  6. Fakultas Teknik
  7. Fakultas Kedokteran
  8. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  9. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  10. Fakultas Teknologi Pertanian
  11. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  12. Fakultas Ilmu Budaya
  13. Fakultas Kedokteran Hewan
  14. Fakultas Ilmu Komputer

Adapun jumlah jurusan sudah mencapai 166 (data BAN-PT April 2020) dan berikut ini adalah daftar lengkap jurusan di Universitas Brawijaya beserta status akreditasinya.

#2 – Universitas Negeri Malang

universitas negeri malang
Rektorat Universitas Negeri Malang” by Robi Wahyudi is licensed under CC0 1.0

Universitas Negeri Malang atau biasa disingkat UM adalah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Malang. Alamat lengkapnya: Jl. Semarang 5 Malang 65145.

Didirikan pada tahun 1954, UM hingga kini telah menorehkan banyak prestasi, beberapa di antaranya:

  • 1967: Program Studi Bahasa Inggris dinilai terbaik se-Asia Tenggara (oleh The Ford Foundation)
  • 2014:Mendapatkan akreditasi A (sangat baik) dari 19 Juli 2014 dan berlaku sampai 19 Juli 2019 (oleh BAN-PT).
  • 2018: Peringkat ke-14 Hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi Non-Vokasi (oleh Kemenristekdikti)

Saat ini UM telah memiliki delapan fakultas yang terdiri dari 27 jurusan, yaitu:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan
  2. Fakultas Sastra
  3. Fakultas Matematika dan IPA
  4. Fakultas Ekonomi
  5. Fakultas Teknik
  6. Fakultas Ilmu Keolahragaan
  7. Fakultas Ilmu Sosial
  8. Fakultas Pendidikan Psikologi

Untuk informasi selengkapnya tentang fakultas dan jurusan yang ada di UM, silakan kunjungi https://um.ac.id/page/fakultas.

#3 – Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang atau disebut Juga UMM adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi “A” dengan Nomor SK: 3289/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur.

Mengutip situs resmi Universitas Muhammadiyah Malang, UMM memiliki banyak prestasi, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • 50 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Dikti
  • The 100 Promising Universitas versi Dikti (dipromosikan di Dunia Internasional)
  • Ranking 7 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia versi Globe Asia Magazine
  • Kampus Terunggul di Jawa Timur versi Kopertis VII
  • Pada tahun 2017, UMM juga menerima penghargaan Anugerah Kampus Unggul (AKU) ke 10
  • AKU Kartika ke 3 kalinya dari Kopertis Wilayah VII Jawa Timur
  • UMM masuk dalam kategori Bintang 2 (**) QS-Stars

Saat ini UMM memiliki sepuluh fakultas dengan aneka program studi. Untuk informasi lebih lengkap tentang program studi yang ada di UMM, silakan kunjungi http://pmb.umm.ac.id/id/pages/informasi-dppspp.html

#4 – Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka Malang atau UNMER termasuk kampus swasta tertua yang ada di kota Malang. Universitas yang berada di bawah naungan Yayasan Tentara Kodam V Brawijaya ini dikenal sebagai kampus yang sangat terorganisir dan memiliki disiplin tinggi.

Bila kamu berminat kuliah di Universitas Merdeka Malang, kamu bisa memilih berbagai jurusan. Akan tetapi, ada lima jurusan yang paling difavoritkan oleh calon mahasiswa baru, yaitu Teknik Informatika, Ekonomi, Hukum, Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Psikologi. Karena kualitas dan prestasinya, UNMER Malang mampu menyabet posisi ke-44 sebagai kampus terbaik di Indonesia versi Dikti.

#5 – Universitas Islam Malang

unisma adalah salah satu perguruan tinggi di malang
Sumber gambar: nahdlatululama.id

Bertengger di peringkat ke-57 kampus unggulan di tanah air, Universitas Islam Malang berada di lokasi strategis bersebelahan dengan Pasar Dinoyo dan Rumah Sakit UNISMA.

Dilihat dari area depan, kampus UNISMA tampak elok dengan mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah yang mengagumkan. Tak hanya berasal dari dalam kota Malang, banyak calon mahasiswa baru berasal luar kota yang mengincar kursi kuota di UNISMA setiap tahunnya.

Nah, itu dia 5 universitas di Malang yang bisa kamu jadikan pilihan. Bagaimana, sudahkah mengantongi nama universitas yang ingin dipilih setelah lulus SMA nanti?

Jika sudah, jangan lupa tentukan juga jurusan kuliah yang tepat buatmu. Untuk membantumu dalam menentukan jurusan kulih, silakan baca artikel berjudul: Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat.

Selamat kuliah di Malang!


Gambar utama: “Alun-alun Kota Malang” by M. Sofyan Sauri is licensed under CC0 1.0

Penulis

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melalui CalonMahasiswa.com membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup