Sudah saatnya kamu tahu, bahwa bukan hanya universitas negeri yang memiliki sistem pendidikan yang dipandang baik. Banyak juga universitas swasta yang kualitasnya tak kalah dari universitas negeri. Jika kamu ingin tahu, universitas swasta mana saja yang memiliki mutu pendidikan paling baik di Indonesia, berikut adalah daftar sepuluh universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2018.

10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau disingkat UII adalah universitas swasta tertua di Indonesia. Universitas ini didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 dengan nama awal Sekolah Tinggi Islam (STI). Pembentukan Sekolah Tinggi Islam ini merupakan salah satu hasil pertemuan Masjoemi (Majelis Sjoero Moeslimin Indonesia) pada tahun 1945, yang dihadiri oleh beberapa tokoh penting seperti Dr. Mohammad Hatta, Mohammad Natsir, Mr. Mohammad Roem, dan KH. Wahid Hasjim. Kemudian pada tanggal 3 November 1947, Sekolah Tinggi Islam pun berkembang menjadi Universitas Islam Indonesia.

Universitas yang menempati posisi teratas dalam daftar 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia ini, memiliki lima kampus yang tersebar di wilayah yang berbeda-beda di Yogyakarta.

Kampus terpadu Universitas Islam Indonesia terletak di Jl. Kaliurang km 14,5. Kampus Taman Siswa yang menjadi tempat studi Fakultas Hukum, berlokasi di Jl. Taman Siswa no. 158. Kampus Demangan yang berlokasi di Jl. Demangan Baru no. 24 merupakan tempat studi Pascasarjana Fakultas Ilmu Agama Islam. Kampus Condongcatur yang merupakan tempat studi Fakultas Ekonomi, terletak di Ringroad Utara, Condongcatur. Kampus Cik Di Tiro yang terletak di Jl. Cik Di Tiro no. 1 adalah tempat studi Pascasarjana Fakultas Hukum.

Universitas Islam Indonesia menawarkan beberapa program beasiswa bagi mahasiswanya, seperti Beasiswa Hafiz Quran, Beasiswa Unggulan, Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi, dan Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII.

Universitas ini memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 28 program studi tingkat diploma dan sarjana. Informasi lengkap mengenai program studi di Universitas Islam Indonesia dapat dicek di https://www.uii.ac.id/program-pendidikan.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta

Universitas Atma Jaya Jakarta
Photo by Rafsty / CC BY-SA 4.0

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta. Universitas ini didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960.

Unika Atma Jaya memiliki tiga lokasi kampus yang berbeda. Kampus yang pertama terletak di Jl. Jenderal Sudirman no. 5, dan merupakan tempat pengembangan beragam kajian yang berkaitan dengan sinergi Bisnis-Pemerintah-Masyarakat, yang diberi nama Center for Nation Development. Kampus yang kedua adalah Center for Health Development, yang terletak di Jl, Pluit Raya 2, dan merupakan sebuah tempat pendidikan kedokteran dan farmasi yang unggul. Kampus yang ketiga adalah tempat pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa, yang berlokasi di Jl. Cisauk – Lapan, BSD, Tangerang, dan diberi nama Center for Human Development.

Universitas ini menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan unggulan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah BCA, Mandiri, MAP, Summarecon, Standard Chartered, dan masih banyak lagi. Selain itu, Unika Atma Jaya pun menawarkan Beasiswa Darmasiwa bagi pelajar asing yang berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia, agar memiliki kesempatan untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia langsung di tanah air.

Universitas ini memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 22 program studi. Informasi lengkap mengenai program studi di Unika Atma Jaya dapat dilihat di www.atmajaya.ac.id.

3. Universitas Telkom

Universitas Telkom adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Universitas ini berdiri tepat di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Tidak hanya di Kabupaten Bandung, Universitas Telkom yang biasa disingkat Tel-U ini juga memiliki kampus lain di daerah Gegerkalong Hilir. Kota Bandung. Kampus kedua Universitas Telkom ini berlokasi di komplek perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center and Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Semula, Universitas Telkom merupakan pecahan dari empat institusi berbeda, yakni Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Semula keempat institusi tersebut berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Namun pada tahun 2013, keempat institusi tersebut resmi bergabung dan berganti nama menjadi Universitas Telkom dengan slogan “Creating the Future”.

Universitas yang didirikan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. ini pun membuka kelas internasional yang memiliki program kunjungan jangka pendek, pertukaran pelajar, dan pemberian gelar ganda pada mahasiswa dengan universitas mitra. Universitas mancanegara yang menjadi mitra Universitas Telkom antara lain ialah Universitas Wosoong (Korea), Kumoh Institute of Technology (Korea), Kumamoto University (Jepang), Saxion University (Belanda), UMM Malaysia, UTHM Malaysia, dll.

Universitas Telkom mempunyai 7 fakultas yang terdiri dari 26 program studi tingkat diploma dan sarjana. Detail mengenai program studi di Universitas Telkom dapat dilihat di telkomuniversity.ac.id.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogkakarta adalah sebuah universitas yang didirikan oleh Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, pada tanggal 27 September 1965. Semula, Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan cabang dari Unika Atma Jaya. Namun pada tanggal 31 Agustus 1973, Universitas Atma Jaya Yogyakarta memutuskan untuk memisahkan diri dengan masih di bawah naungan Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki empat kampus yang tersebar di dua wilayah yang berbeda. Kampus pertama terletak di Jl. Mrican Baru no. 28, dan digunakan sebagai tempat studi Fakultas Hukum. Kampus kedua digunakan sebagai tempat studi Fakultas Teknobiologi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, dan Fakultas Teknik, yang berlokasi di Jl. Babarsari no. 44; sedangkan kampus ketiga berlokasi tepat di sebelah kampus kedua, yakni di Jl. Babarsari no. 43, dan digunakan sebagai tempat studi Fakultas Teknologi Industri dan program pascasarjana. Adapun Kampus yang keempat digunakan sebagai tempat studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan berlokasi di Jl. Babarsari no. 6.

Tak jauh berbeda dari Unika Atma Jaya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta pun memiliki program Beasiswa Darmasiwa bagi pelajar asing yang berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Tujuannya pun sama, yakni untuk memberikan kesempatan pada pelajar asing untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia di tanah air.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki 6 fakultas yang terdiri dari 12 program studi. Daftar lengkap mengenai program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat dilihat di www.uajy.ac.id.

5. Universitas Katolik Parahyangan

Memiliki semboyan Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhaki yang berarti “berdasarkan ketuhanan menuntut ilmu untuk dibaktikan kepada masyarakat”, Universitas Katolik Parahyangan adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia. Cikal bakal Universitas Katolik Parahyangan adalah Akademi Perniagaan yang didirikan pada tanggal 17 Januari 1955 oleh Keuskupan Bandung. Pada tahun 1961, seiring dengan berdirinya Fakultas Sosial Politik, institusi yang semula bernama Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan ini berganti nama menjadi Universitas Katolik Parahyangan.

Universitas Katolik Parahyangan atau yang biasa disebut dengan Unpar memiliki empat kampus yang tersebar di lokasi yang berbeda di Kota Bandung. Kampus utama terletak di Jl. Ciumbuleuit no. 94, Sekolah Pascasarjana terletak di Jl. Merdeka no. 30, Fakultas Filsafat berada di Jl. Nias no. 2, dan Program Diploma berlokasi di Jl. Aceh no. 53. Universitas ini pun memiliki beberapa fasilitas penunjang yang tersebar di lokasi yang berbeda. Fasilitas tersebut antara lain Yayasan Unpar, Unpar Guest House, serta Parahyangan Reksa Raga.

Unpar menawarkan berbagai macam beasiswa, di antaranya ialah Beasiswa Yayasan Unpar, Beasiswa Yayasan Astra Honda Motor, Beasiswa Yayasan Djarum Foundation, dan Beasiswa Yayasan Pembangunan Jaya.

Hingga saat ini, Unpar memiliki 7 fakultas yang terdiri dari 17 program studi. Informasi lengkap mengenai daftar program studi di Universitas Katolik Parahyangan dapat dilihat di unpar.ac.id.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat 10 Universitas Terbaik di Indonesia

6. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang adalah universitas yang berinduk pada organisasi Muhammadiyah. Universitas ini berdiri pada tahun 1964 atas prakarsa tokoh-tokoh dan pimpinan organisasi Muhammadiyah daerah Malang. Semula, Universitas Muhammadiyah Malang adalah cabang dari Universitas Muhammadiyah Jakarta, yang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Jakarta. Namun pada tanggal 1 Juli 1968, Universitas Muhammadiyah Malang resmi menjadi universitas yang berdiri sendiri dengan dinaungi oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang.

Universitas ini memiliki tiga kampus yang berlokasi di tiga tempat yang berbeda. Kampus I terletak di Jl. Bandung no. 1, Kampus II berlokasi di Jl. Bendungan Sutami no. 188, dan Kampus III berada di Jl. Raya Tlogomas no. 246.

Beragam beasiswa ditawarkan oleh Universitas Muhammadiyah Malang pada para calon mahasiswa. Beasiswa-beasiswa ini antara lain Beasiswa Lulusan SMA Muhammadiyah, Beasiswa Yatim-Piatu, Beasiswa Persyarikatan Muhammadiyah, dan Beasiswa Saudara Kandung. Mahasiswa yang mendapatkan skor tertinggi pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Malang di masing-masing fakultas pun akan menerima beasiswa alumni.

Saat ini, Universitas Muhammadiyah Malang memiliki 9 fakultas dengan 36 program studi. Informasi lengkap mengenai program studi di Universitas Muhammadiyah Malang dapat dilihat di sini.

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta

UMS peringkat 7 universitas swasta terbaik di Indonesia
Photo by Ya, saya inBaliTimur / CC BY-SA 2.0

Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah sebuah universitas swasta yang merupakan hasil dari penggabungan dua institusi, yakni Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIP Muhammadiyah) dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM). Universitas ini diresmikan sejak tanggal 18 September 1958, tetapi baru menggunakan nama Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 1979.

Universitas yang berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Surakarta, ini, secara aktif menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Beberapa universitas luar negeri yang pernah menjalin hubungan dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah Kyung Dong University (Korea), Kingston University (UK), Charles Darwin University (Australia), Minnesota University (USA), Waterloo University (Kanada), dll. Universitas Muhammadiyah Surakarta pun menawarkan beberapa program beasiswa, yaitu BBUMD, Beasiswa Unggulan, Prioritas Internasional, Beasiswa Prestasi, dan Beasiswa Hafidz Al-Quran.

Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki 12 fakultas yang terdiri dari 35 program studi tingkat sarjana. Informasi lengkap mengenai program studi Universitas Muhammadiyah Surakarta dapat dilihat di www.ums.ac.id/id/program-sarjana.

8. Universitas Katolik Soegijapranata

Universitas Katolik Soegijapranata
Photo by PL09Puryono / CC0 1.0

Universitas Katolik Soegijapranata atau yang biasa disingkat sebagai Unika Soegijapranata adalah sebuah universitas di Semarang yang berdiri pada tanggal 5 Agustus 1982. Universitas ini sebelumnya bernama Universitas Katolik Atma Jaya Semarang dan Institut Teknologi Katolik Semarang (ITKS). Nama univesitas ini berasal dari nama seorang Uskup Agung pribumi pertama di Indonesia, yakni Mgr. Alb. Soegijapranata, SJ.

Unika Soegijapranata terletak di Jl. Pawiyatan Luhur IV/1. Universitas ini bekerja sama dengan banyak institusi, sehingga membuatnya memiliki jejaring yang cukup luas.

Beberapa perguruan tinggi internasional yang masuk ke dalam jejaring Unika Soegijapranata adalah Bowling Green State University (USA). Catholic University of Korea (Korea), Open Universiteit (Netherland). Universita Della Callabria (Italia), Trinity Western University (Kanada), dll.

Selain itu, Unika Soegijapranata pun menawarkan beragam beasiswa seperti Beasiswa Yayasan Sandjojo, Beasiswa Djarum, Beasiswa Astra, Beasiswa Yayasan Hidup Bahagia, Beasiswa Darmasiwa, dan masih banyak lagi.

Universitas ini memiliki 9 fakultas yang terdiri dari 21 program studi tingkat diploma dan sarjana. Informasi lengkap mengenai program studi yang dimiliki oleh Unika Soegijapranata dapat dilihat di unika.ac.id.

9. Universitas Bina Nusantara

Binus peringkat 9 universitas swasta terbaik di Indonesia
Photo by Ivan Akira / CC BY-SA 3.0

Universitas Bina Nusantara yang dikenal sebagai Binus University adalah sebuah perguruan tinggi yang bernaung di bawah lembaga pendidikan Bina Nusantara. Universitas ini semula merupakan sebuah institusi pelatihan komputer yang bernama Modern Computer Course pada tahun 1974. Seiring dengan berjalannya, akhirnya Universitas Bina Nusantara secara resmi terbentuk pada tanggal 8 Agustus 1996.

Binus University kini telah berdiri di tiga kota besar, yaitu Jakarta, Malang, dan Bandung. Kampus Binus University di Jakarta tersebar di enam tempat berbeda, tetapi berpusat di Jl. K. H. Syahdan no. 9. Di Malang, Kampus Binus University terletak di Jl. Green Boulevard no. 1. Sedangkan Kampus Binus University di Bandung berada di Jl. Pasir Kaliki no. 25 – 27.

Universitas ini juga menawarkan beberapa program beasiswa berupa potongan biaya kuliah yang tersedia di Binus University Jakarta, Bandung, dan Malang. Selain itu, ada pula program Binus ASO yang menawarkan keuntungan berupa keikutsertaan studi gratis di Jepang.

Binus University Jakarta memiliki 7 fakultas yang terdiri dari 52 program studi tingkat sarjana. Informasi lengkap mengenai Binus University Jakarta dapat dilihat di binus.ac.id/program. Sedangkan Binus University Malang memiliki 6 program studi yang daftarnya dapat dilihat di binus.ac.id/malang dan Binus University Bandung memiliki 4 progam studi yang daftarnya dapat dilihat di binus.ac.id/bandung.

10. Universitas Kristen Petra

ukp peringkat 10 universitas swasta terbaik di Indonesia
Photo by Ya, saya inBaliTimur / CC BY-ND 2.0

Universitas Kristen Petra atau UKP adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Surabaya, yang berdiri pada tahun 1961 atas prakarsa Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra. Perguruan tinggi ini berlokasi di Jl. Siwalankerto no. 121 – 131.

Universitas ini bekerja sama dengan beragam universitas terkemuka mancanegara, seperti Curtin University (Australia), Chrstelijke Hogeschool Noord (Belanda), Ateneo de Manila University (Filipina), The Chinesse University of Hong  Kong (Hong Kong), Aoyama Gakuin University (Jepang), dan masih banyak lagi.

UKP memiliki 7 fakultas yang terdiri dari 28 program studi. Informasi lengkap mengenai program studi di UKP dapat dilihat di www.petra.ac.id.

Itulah kesepuluh universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kemenristekdikti. Kesepuluh universitas swasta terbaik di Indonesia di atas pada dasarnya memiliki keunggulan yang sama, yakni sama-sama menawarkan beragam program beasiswa dan bermitra dengan berbagai universitas di luar negeri serta perusahaan bergengsi. Oleh karena itu, universitas swasta tidak pernah pantas untuk dipandang sebelah mata.


Featured image credit: Bayu Harsa/123RF.COM


Diolah dari berbagai sumber
Penulis: Audrey D. Alodia
Editor: Adnan Syafi’i

Penulis

Alumni Sastra Jerman Universitas Padjadjaran. Senang menulis, menonton serial, dan mengamati kepribadian orang. Sedang jatuh cinta pada ASMR.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup