Sebagai calon pelajar di lembaga perguruan tinggi, kamu harus tahu apa itu mahasiswa. Bukan hanya pengertiannya, tetapi kamu juga harus tahu apa fungsi dan peran mahasiswa.

Sudah siap untuk mengetahui informasi-informasi tersebut?

Yuk langsung aja simak penjelasan di bawah ini, ya!

Pengertian Mahasiswa

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mahasiswa adalah sebuah kata benda (n) yang berarti orang yang belajar di perguruan tinggi.

Jadi, menurut KBBI, orang yang belajar di lembaga perguruan tinggi, apa pun jenisnya (universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dll), adalah mahasiswa.

pengertian mahasiswa menurut para ahli
@Sphotography via Twenty20

Selain KBBI, kita juga perlu melihat definisi atau pengertian mahasiswa menurut para ahli atau akademisi.

Apa pendapat para ahli atau akademisi tentang apa itu mahasiswa?

Pendapat Damar A. Hartaji dalam penelitian berjudul Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orangtua (Dikeluarkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma):

Mahasiswa adalah seseorang yang sedang dalam proses menimba ilmu ataupun belajar dan terdaftar sedang menjalani pendidikan pada salah satu bentuk perguruan tinggi yang terdiri dari akademik, politeknik, sekolah tinggi, institut dan universitas.”

Pendapat Dwi Siswoyo (Doktor bidang Ilmu Pendidikan, saat ini mengajar di Universitas Negeri Yogyakarta):

Individu yang sedang menuntut ilmu ditingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi.”

Tugas Mahasiswa

tugas mahasiswa
@ijeab via Twenty20

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kita tahu bahwa tugas mahasiswa adalah belajar atau menuntut ilmu.

Jadi, buat kamu calon mahasiswa, ingat ya, bahwa status mahasiswa yang sebentar lagi kamu akan sandang, bukan untuk gaya-gayaan, melainkan sebagai penanda bahwa kamu adalah seorang pembelajar di sebuah lembaga perguruan tinggi.

Dan karena lembaga perguruan tinggi itu ada macam-macam jenisnya, jadi yang disebut mahasiswa itu bukan hanya mereka yang belajar di universitas, tetapi mereka yang belajar di politeknik, institut, sekolah tinggi, juga disebut mahasiswa.

Ingat, sekali lagi, tugas mahasiswa adalah belajar dan belajar. Kampus adalah tempat untuk menimba ilmu, bukan untuk mencari pacar atau hal negatif lainnya.

Peran dan Fungsi Mahasiswa

Walau tugas mahasiswa adalah menuntut ilmu, tapi tetap, mahasiswa tidak boleh abai dengan keadaan yang terjadi di masyarakat. Masyarakat harus berusaha mengenali problem yang ada di masyarakat dan berusaha menyelesaikan problem tersebut dengan bekal ilmu pengetahuan hasil dari apa yang dipelajari selama ini.

Sebagai contoh…

Ketika terdapat fakta bahwa masih banyaknya oknum dalam masyarakat yang membuang sampah sembarangan, maka mahasiswa harus terjun untuk mencari tahu akar masalahnya lalu berupaya memberikan solusinya.

Misalnya, dengan bekerjasama dengan aparatur setempat untuk membangun pusat pengelolaan sampah dan mengajarkan cara pengelolaannya, juga mengedukasi warga supaya bisa mengatur cara pembuangan sampah rumah tangganya sehingga lingkungan menjadi lebih bersih dan lebih sehat.

Demikian penjelasan tentang apa itu mahasiswa, mulai dari pengertian, tugas, hingga fungsi dan perannya. Semoga bermanfaat!

Penulis

Mendirikan CalonMahasiswa.com untuk menghadirkan informasi yang dibutuhkan calon mahasiswa sekaligus menyarankan mereka untuk kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion mereka.

Berikan Komentar

Artikel ini Bermanfaat?

Jika ya, silakan bagikan ke teman-teman kamu, ya!
▸tutup